Comscore Tracker

Cukup 3 Bahan, Inilah Resep Kue Sagon Renyah yang Mudah Dibuat

Camilan wajib lebaran, nih! 

Ada yang kangen camilan jadul yang satu ini? Namanya kue sagon, salah satu camilan jadul hari raya Idul Fitri yang sudah jarang ditemukan. Meski begitu, kue satu ini masih memiliki tempat tersendiri di hati para penikmatnya.

Sebagai pengobat rindu, cobalah membuat camilan jadul ini di rumah. Proses pembuatannya mudah banget, lho. Yuk, simak resep lengkapnya di bawah ini.

1. Siapkan bahan yang diperlukan 

Cukup 3 Bahan, Inilah Resep Kue Sagon Renyah yang Mudah DibuatIlustrasi bahan-bahan pembuatan kue sagon (unsplash.com/Louis Hansel)

Bahan-bahan:

  • 500 gram tepung ketan
  • 1 butir kelapa yang sudah diparut
  • 250 gram gula pasir

2. Sangrai tepung dan kelapa selama 15 menit

Cukup 3 Bahan, Inilah Resep Kue Sagon Renyah yang Mudah DibuatIlustrasi orang sedang menyangrai (unsplash.com/Joshua Newton)

Masukkan tepung kedalam wajan. Sangrai selama 15 menit hingga tekstur tepung menjadi lebih ringan. Jika sudah, angkat dan simpan dalam wadah.

Lakukanlah hal yang sama pada parutan kelapa. Jangan lupa untuk kelapa harus diperas terlebih dahulu sebelum disangrai, ya.

Baca Juga: Resep Kue Gabus Keju, Inspirasi Kue Lebaran yang Renyah Abis! 

3. Saatnya cetak kue sagon, nih!

Cukup 3 Bahan, Inilah Resep Kue Sagon Renyah yang Mudah DibuatIlustrasi adonan kue sagon (pexels.com/Katerina Holmes)

Campurkan semua bahan jadi satu. Jika sudah, ambil beberapa bagian dan cetak dengan cara dimasukkan ke dalam cetakan khusus sagon. Biasanya berbentuk balok gepeng kecil.

4. Pangganglah selama 30 menit

Cukup 3 Bahan, Inilah Resep Kue Sagon Renyah yang Mudah DibuatIlustrasi memanggang kue sagon (pexels.com/cottonbro)

Lapisi loyang dengan kertas roti. Sementara itu, masukkan masing-masing adonan beserta cetakannya ke dalam loyang. Masukkan ke dalam oven. Panggang selama 30 menit.

5. Kue sagon siap disajikan

Cukup 3 Bahan, Inilah Resep Kue Sagon Renyah yang Mudah DibuatKue sagon (instagram.com/sagonanarasasomagede)

Setelah 30 menit, angkat kue sagon. Diamkan terlebih dahulu hingga dingin. Jika sudah dingin, lepaskan kue sagon dari cetakannya. Kue sagon yang renyah siap disajikan.

Cara membuatnya sangat mudah, bukan? Kamu bisa masukkan kue sagon ke dalam stoples sebagai suguhan camilan saat Idul Fitri tiba.

Baca Juga: Resep Kue Kecipir, Pilihan Kue Kering Lebaran yang Gurih dan Renyah

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

I'm nothing without writing//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya