Resep Ayam Goreng Mentega yang Nikmat, Gampang Bikinnya!

Rasa klasik yang disukai banyak orang 

Ayam masih menjadi lauk favorit banyak orang. Harga daging ayam jauh lebih murah dibandingkan dengan daging sapi, lebih mudah ditemukan, plus bisa diolah jadi banyak hidangan.

Di Indonesia sendiri, daging ayam bisa diolah menjadi berbagai makanan. Tapi yang paling sering, daging ayam dimasak menjadi sup atau ayam goreng bumbu kuning.

Meski kedua hidangan ini memiliki rasa yang enak, tapi kalau setiap makan ayam menunya sama, rasanya pasti membosankan. Nah buat kamu yang suka banget sama daging ayam tapi bosan dengan hidangan yang itu-itu aja, kamu bisa banget lho mencoba resep ayam goreng mentega di bawah ini!

1. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep ayam goreng mentega

Resep Ayam Goreng Mentega yang Nikmat, Gampang Bikinnya!ilustrasi daging ayam mentah (unsplash.com/JK Sloan)
  • Bahan-bahan:

    500 gram ayam
    4 siung bawang putih
    1/2 siung bawang bombay
    2 batang daun bawang
    1 buah jeruk nipis ukuran kecil
    2 sendok makan mentega
    1/4 sendok teh lada bubuk
    2 sendok makan kecap manis
    4 sendok makan kecap Inggris
    1 sendok makan saus sambal
    2 sendok makan saus tiram
    100 ml air
    1/2 sendok teh garam
    1/2 sendok teh gula pasir

2. Pertama, lumuri daging ayam dengan bumbu dan diamkan selama 10 menit. Kemudian goreng daging ayam hingga matang

Resep Ayam Goreng Mentega yang Nikmat, Gampang Bikinnya!ilustrasi daging ayam dan bumbu (youtube.com/Jian Atya Tube)

Bumbui 500 gram ayam dengan 1/2 sendok teh garam, 1/4 sendok teh lada bubuk, dan 1 sendok makan saus tiram. Aduk semua bumbu hingga semua permukaan daging ayam tertutupi bumbu. Lumuri daging ayam dengan 1/2 buah jeruk nipis ukuran kecil. Diamkan ayam selama 10 menit.

Sambil menunggu ayam siap, tuang minyak goreng secukupnya ke wajan. Setelah minyak panas, goreng ayam dengan api sedang. Goreng ayam hingga berwarna cokelat kekuningan dan daging ayam matang dengan sempurna.

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Belacan yang Gurih, Simak Cara Membuatnya!

3. Goreng ayam dengan minyak yang banyak agar ayam matang sempurna 

Resep Ayam Goreng Mentega yang Nikmat, Gampang Bikinnya!ilustrasi menggoreng ayam (youtube.com/Jian Atya Tube)

Berbeda dengan daging sapi yang bisa disantap setengah matang, daging ayam harus matang ketika dikonsumsi. Pasalnya, daging ayam mentah mengandung banyak bakteri, salah satu yang paling berbahaya adalah bakteri salmonella.

Selain bakteri, daging ayam mentah atau setengah matang juga kemungkinan masih mengandung virus atau hal lain yang dapat memicu terjadinya keracunan. Untuk itu, pastikan kamu menggoreng ayam hingga matang sampai ke tulang-tulangnya. Biasanya daging yang menempel di tulang adalah yang paling susah matang.

Kamu bisa memotong daging ayam jadi potongan yang lebih kecil atau menggorengnya dengan teknik deep fry dengan minyak yang banyak agar daging ayam matang sempurna.

4. Lelehkan mentega di wajan, lalu tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum 

Resep Ayam Goreng Mentega yang Nikmat, Gampang Bikinnya!ilustrasi menumis bawang (youtube.com/Jian Atya Tube)

Ayam sudah matang, sekarang giliran kamu menumis bumbu. Pertama, cincang dulu 4 siung bawang putih, potong-potong bawang bombay, dan daun bawang. Kemudian, lelehkan 2 sendok makan mentega di wajan dengan menggunakan api sedang.

Masukkan 4 siung bawang putih yang sudah dicincang dan tumis sampai bawang putihnya harum. Bawang putih sudah harum, sekarang tambahkan 2 sendok makan kecap manis ke wajan. Kecilkan api agar bawang putih tidak gosong, lalu aduk-aduk rata dan masukkan 4 sendok makan kecap Inggris, 1 sendok makan saus tiram, dan 1 sendok makan saus sambal.

5. Masukkan daging ayam yang sudah digoreng ke wajan. Aduk hingga semua bumbu tercampur rata dan resep ayam goreng mentega bisa disajikan!

Resep Ayam Goreng Mentega yang Nikmat, Gampang Bikinnya!ayam goreng mentega (youtube.com/Jian Atya Tube)

Aduk semua bumbu di wajan hingga tercampur rata, lalu masukkan ayam yang sudah digoreng tadi. Aduk-aduk hingga bumbu menyerap ke ayam goreng, lalu tambahkan 100 ml air. Besarkan api sedikit, lalu aduk-aduk lagi ayamnya. Jangan lupa tambahkan perasan 1/2 jeruk nipis dan aduk rata.

Masak hingga air menyusut dan kuah menjadi kental. Jika sudah, tambahkan 1/2 siung bawang bombay dan daun bawang yang sudah dipotong-potong. Masak hingga bawang bombay setengah layu dan cicipi rasanya. Jika kurang, kamu bisa menambahkan garam dan gula pasir secukupnya.

Jika rasanya sudah sesuai, tinggal angkat dan pindahkan ke piring. Ayam goreng mentega pun siap siap disajikan!

Resep ayam goreng mentega ini bisa menjadi solusi buat kamu yang bosan dengan olahan ayam goreng tepung atau ayam goreng kuning. Resepnya mudah, bahan dan bumbunya pun tidak ribet. Cocok banget buat anak kos atau mereka yang lagi belajar masak. Selamat mencoba!

Baca Juga: 11 Olahan Ayam Paling Enak di Asia Tenggara, Ada Ayam Penyet!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya