Comscore Tracker

Resep Roti Tawar Gulung Abon yang Gurih di Luar dan Lembut di Dalam

Mudah dan kaya gizi, lho!

Berbagai macam sajian makanan di luar sana memang terlihat menggiurkan bagi anak-anak, namun tidak semua makanan-makanan tersebut sehat untuk dikonsumsi. Agar buah hati tidak salah mengonsumsi makanan, paling tidak kita mengantisipasinya dengan membuat bekal sendiri. Selain untuk memastikan ia makan dengan benar, kamu juga bisa melatih anak untuk hidup sehat dengan tidak jajan sembarangan.

Kreasi roti tawar gulung abon ini bisa dijadikan solusi untuk bekal yang nikmat tetapi mudah dibuat, lho! Simak langkah-langkahnya ya.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Roti Tawar Gulung Abon yang Gurih di Luar dan Lembut di Dalamkingarthurflour.com

Bahan utama:

  • 8 lembar roti tawar tanpa pinggiran
  • Abon sapi secukupnya
  • Keju parut secukupnya
  • 1 butir telur
  • Margarin secukupnya
  • ½ sdt parsley kering
  • 1 sdt wijen sangrai

Saus:

  • 4 sdm mayones
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus sambal
  • 2 sdm susu kental manis

2. Buatlah saus roti abon

Resep Roti Tawar Gulung Abon yang Gurih di Luar dan Lembut di Dalambudgetbytes.com

Sebelum mengolah roti, pertama kita masak saus terlebih dahulu. Campurkan bahan-bahan yang terdiri dari mayones, saus tomat, saus sambal dan juga susu kental manis. Aduk-aduk merata agar tidak menggumpal lalu masak sampai mendidih.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Roti Tawar Sisa, Lezat dan Gak Bikin Bosan!

3. Pipihkan roti dengan penggiling adonan

Resep Roti Tawar Gulung Abon yang Gurih di Luar dan Lembut di Dalamwebstaurantstore.com

Sambil menunggu saus dingin dalam suhu ruang, pipihkan semua roti tawar tanpa pinggiran dengan penggiling adonan sampai agak tipis. Kemudian olesi satu sisi roti dengan saus olesan dilanjutkan isi dengan keju parut dan abon, lalu gulung rotinya. Agar isian tidak lepas, tekan-tekan bagian ujung rotinya sampai saling menyatu.

4. Kocok telur untuk bahan olesan

Resep Roti Tawar Gulung Abon yang Gurih di Luar dan Lembut di Dalammeinhardtfinefoods.com

Lanjut membuat adonan telur yang digunakan sebagai olesan. Kocok merata telur yang dibumbui dengan garam, lada, wijen dan daun parsley. Setelah itu, gunakan adonan tersebut untuk mengolesi permukaan roti gulung. Lakukan sampai habis.

Panaskan margarin, panggang roti yang sudah diisi dan digulung sambil diguling-gulingkan hingga semua sisinya berwarna kecokelatan. Angkat dan tunggu dingin selama 3 menit.

5. Potong roti gulung menjadi beberapa bagian

Resep Roti Tawar Gulung Abon yang Gurih di Luar dan Lembut di Dalamapkpure.com

Jika roti sudah dingin, potong-potong roti gulung menjadi dua bagian atau sesuai selera. Celupkan bagian ujungnya dengan saus olesan lalu taburi dengan abon di atasnya sambil diratakan. Roti gulung abon untuk bekal ke kantor siap dibawa deh!

Itulah resep mudah dalam mengkreasikan roti tawar menjadi roti gulung abon yang bisa kamu bawakan sebagai bekal anak. Bahan utamanya yang berasal dari roti akan memberikan asupan karbohidrat sebagai sumber tenaga bagi buah hati, serta asupan protein dari abon dan keju. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Puding Roti Tawar Zebra Cheesecake yang Manis dan Lembut

Melodyna Melody Photo Verified Writer Melodyna Melody

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya