Comscore Tracker

Resep Boba Gula Aren, Manis dan Kenyalnya Menggoyang Lidah

Gak perlu lagi beli mahal-mahal di luar

Dunia kuliner masih diramaikan dengan boba yang semakin banyak inovasinya. Salah saju jenis boba yang paling sering dikonsumsi adalah boba gula aren. Rasanya manis dengan tekstur kenyal menggoyang lidah.

Daripada setiap hari beli boba yang harganya mahal, lebih baik bikin sendiri di rumah. Caranya gampang dan bahannya pun murah. Simak resep boba gula aren berikut ini!

1. Bahan-bahan yang harus tersedia

Resep Boba Gula Aren, Manis dan Kenyalnya Menggoyang LidahUnsplash/Widuri Putri

Bahan boba:

  • 125 gram tepung tapioka
  • 75 gram gula aren
  • 70 ml air

Bahan kuah gula merah:

  • 100 gram gula merah
  • 5 gram tepung tapioka
  • 350 ml air
  • sejumput garam

2. Campur tepung dengan lelehan gula merah

Resep Boba Gula Aren, Manis dan Kenyalnya Menggoyang Lidahthaflavorbander.com

Siapkan talenan di atas meja, lalu letakkan gula merah di atasnya. Sisir gula merah sampai menjadi bagian yang lebih kecil. Sisihkan ke dalam wadah terlebih dahulu.

Selanjutnya, panaskan air di dalam wajan hingga mendidih. Masukkan seluruh gula merah dan aduk sampai merata. Jika sudah larut, tambahkan tepung tapioka dan aduk sampai merata.

3. Uleni adonan, lalu bentuk jadi bulat kecil

Resep Boba Gula Aren, Manis dan Kenyalnya Menggoyang Lidahasianfamilyrecipes.com

Angkat adonan yang sudah dingin ke atas talenan. Taburi dengan sedikit tepung, lalu uleni sampai kalis dan menjadi adonan yang utuh. Jika terasa terlalu keras, tambahkan dengan sedikit air panas dan uleni kembali.

Setelah itu, mulai bentuk adonan menjadi boba. Ambil secuil adonan dan bentuk menjadi bulatan kecil.

Lakukan sampai adonan habis dan sisihkan terlebih dahulu ke dalam wadah. Lumuri dengan tepung supaya gak menempel satu sama lain.

Baca Juga: Resep Membuat Boba Ubi Ungu yang Kenyal dan Lembut, Wajib Coba!

4. Rebus boba sampai mengambang

Resep Boba Gula Aren, Manis dan Kenyalnya Menggoyang Lidahfood52.com

Jika adonan sudah habis, siapkan panci dan tuang banyak air ke dalamnya. Tambahkan satu sendok makan minyak, lalu panaskan sampai mendidih.

Selanjutnya, masukkan adonan boba ke dalam panci. Rebus selama kurang lebih 30-45 menit atau sampai bobanya terlihat mengambang di permukaan. Kalau sudah, segera angkat dan saring hingga tuntas.

5. Campur boba dengan kuah gula merah

Resep Boba Gula Aren, Manis dan Kenyalnya Menggoyang Lidahjunandtonic.com

Sembari menunggu bobanya mendingin, buatlah kuah gula merahnya terlebih dahulu. Panaskan cukup banyak air di dalam panci, lalu masukkan gula aren yang sudah disisir. Masak dengan api sedang dan aduk hingga larut.

Setelah itu, tambahkan tepung tapioka dan aduk kembali sampai sedikit mengental. Kecilkan api, lalu masukkan boba yang sudah matang ke dalam kuah gula merah. Masak sampai kuah mengental, lalu boba gula aren sudah siap digunakan, deh!

Itulah resep membuat boba gula merah yang bisa kamu praktikkan di rumah. Sekarang kamu gak perlu lagi beli boba mahal-mahal di luar, ya kan? Selamat berkreasi!

Baca Juga: Resep Boba Homemade yang Lembut dan Kenyal, Begini Cara Membuatnya

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya