Comscore Tracker

Resep Dalgona Coffee Susu Kedelai, Terasa Lebih Enak dan Menyehatkan

Ngopi cantik dengan cara yang lebih sehat, nih

Dalgona coffee masih jadi salah satu minuman favorit kebanyakan orang saat ini. Apalagi bahan-bahannya  simpel dan mudah didapat. Cara membuatnya mudah dan hanya empat bahan saja.

Tetapi, di balik kepopulerannya, kopi dalgona dirasa tak menyehatkan bagi tubuh, karena mengandung banyak gula. Sebagian lainnya intoleran dengan laktosa atau susu.

Tenang, kamu masih bisa menikmatinya dengan kedelai sebagai pengganti susu. Berikut resep dan cara membuat dalgona coffee dengan kedelai. 

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Dalgona Coffee Susu Kedelai, Terasa Lebih Enak dan Menyehatkanfreepik.com

Bahan susu kedelai:

  • 200 gram kacang kedelai
  • 1 liter air
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 sdt garam

Bahan kopi dalgona:

  • 1 sdm kopi bubuk tanpa krimer
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 sdm air panas
  • es batu secukupnya

2. Buatlah susu kedelainya terlebih dahulu

Resep Dalgona Coffee Susu Kedelai, Terasa Lebih Enak dan Menyehatkanblenderbabes.com

Rendam kacang kedelai yang sudah dibersihkan kulitnya ke dalam air. Biarkan selama kurang lebih delapan jam. Jika sudah, masukkan kacang tersebut ke dalam blender bersama dengan air. Tambahkan dengan daun pandan dan daun jeruk, lalu haluskan.

Setelah itu, saring campuran susu kedelai menggunakan kain bersih. Tuang ke dalam panci dan rebus hingga mendidih. Jika rasanya tak lagi langu, artinya susu kedelai sudah matang. Sisihkan sebentar.

Baca Juga: 10 Tips Membuat Dalgona Coffee, Jadi Lebih Mudah dan Antigagal!

3. Kocok kopi dan gula hingga mengembang

Resep Dalgona Coffee Susu Kedelai, Terasa Lebih Enak dan Menyehatkantimesofindia.com

Siapkan mangkuk, lalu masukkan kopi, gula, dan air panas ke dalamnya. Aduk seluruh bahan tersebut menggunakan whisk dengan kecepatan penuh. Kalau ingin lebih cepat, gunakan mixer saja.

Selanjutnya, aduk hingga mengembang dan bertekstur kental. Perhatikan pula dengan warnanya, warna cokelat muda menandakan kopi sudah matang.

4. Tuang susu kedelai dan kopi ke dalam gelas

Resep Dalgona Coffee Susu Kedelai, Terasa Lebih Enak dan Menyehatkanwowitsveggie.com

Jika seluruh komponen sudah matang, siapkan gelas saji. Masukkan es batu secukupnya ke dalam gelas, lalu tuang susu kedelai secara perlahan. Pastikan susu kedelai tak terlalu penuh.

Setelah itu, masukkan adonan atau base dalgona ke dalam gelas di atas susu kedelai. Tata sedemikian rupa tanpa ada yang tercecer. Dalgona coffee susu kedelai bisa dinikmati.

Gimana, gampang banget kan, bikinnya? Kamu tetap bisa menikmati segarnya kopi dalgona dengan cara yang lebih sehat. Dijamin gak kalah nikmat dengan yang susu full cream biasa, deh!

Download aplikasi memasak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Dalgona Milo yang Lagi Viral, Pencinta Cokelat Wajib Coba

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya