Comscore Tracker

Resep Soto Ayam Bening, Kuah Gurihnya Bikin Kalap

Gak kalah nikmat dibandingkan soto kuah kental

Siapa sih yang gak suka makan soto ayam? Masakan berkuah kuning ini terasa nikmat dan hangat di perut. Biasanya, soto ayam berisi suwiran daging ayam, kulit ayam, telur rebus, dan taburan daun bawang.

Selain bisa dinikmati dengan kuah berwarna kuning, ada pula soto ayam berkuah bening, lho. Biasa ditemukan di Jawa Tengah, soto kuah kuning terasa lebih gurih karena menggunakan ayam kampung.

Buat kamu yang bosan dengan olahan soto yang itu-itu saja, soto ayam bening bisa jadi referensi menu harianmu. Simak resep soto ayam bening selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Bahan-bahan membuat soto ayam bening

Resep Soto Ayam Bening, Kuah Gurihnya Bikin KalapDaging ayam (onceuponachef.com)

Bahan utama:

  • 500 gram ayam kampung
  • 1,5 liter air
  • 3 sdm minyak sayur
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk

Bahan bumbu halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 4 butir kemiri
  • 2 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 2 sdt garam
  • merica bubuk secukupnya

Bahan pelengkap:

  • taoge secukupnya
  • mi suun secukupnya
  • telur rebus secukupnya
  • daun bawang secukupnya
  • bawang goreng secukupnya
  • jeruk nipis secukupnya
  • sambal secukupnya

2. Rebus daging ayam hingga lunak

Resep Soto Ayam Bening, Kuah Gurihnya Bikin KalapMerebus daging ayam (createkidsclub.com)

Siapkan panci di atas kompor, lalu tuang air dan panaskan hingga mendidih. Masukkan daging ayam kampung yang sudah dibelah menjadi dua.

Rebus daging ayam hingga terasa lunak dan air rebusan mulai terlihat berkaldu. Jika sudah, segera angkat dan tiriskan. Lanjutkan merebus kuah kaldu dengan api kecil saja.

3. Tumis bumbu halus

Resep Soto Ayam Bening, Kuah Gurihnya Bikin KalapMenumis bumbu (veenaazmanov.com)

Masukkan bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, jahe, merica bubuk, dan garam ke dalam blender. Haluskan semua bahan tersebut hingga lembut, lalu sisihkan dalam wadah.

Selanjutnya, letakkan wajan di atas kompor dan tuang minyak secukupnya. Saat sudah mendidih, tumis bumbu halus bersama daun jeruk, daun salam, dan serai. Aduk hingga merata.

Baca Juga: 10 Soto Paling Enak dari Luar Pulau Jawa, Kamu Suka yang Mana?  

4. Goreng ayam sebentar sampai luarnya kering

Resep Soto Ayam Bening, Kuah Gurihnya Bikin KalapMenggoreng ayam (perdue.com)

Sembari menumis bumbu, siapkan wajan satu lagi. Tuang minyak secukupnya dan panaskan minyak, lalu goreng ayam sebentar hingga dagingnya lunak. Jika sudah, segera angkat dan tiriskan. Kemudian, suwir-suwir daging ayam dan sisihkan.

5. Tata komponen soto, lalu siram kuah

Resep Soto Ayam Bening, Kuah Gurihnya Bikin KalapSoto ayam bening (instagram.com/soto_gamblang)

Siapkan mangkuk saji, lalu tata mi suun, suwiran daging ayam, dan taoge di dalamnya. Tuang kuah kaldu soto yang masih hangat.

Tambahkan daun bawang, bawang goreng, sambal, dan jeruk nipis. Soto ayam bening siap dihidangkan, deh.

Gimana, gampang banget, kan? Bikin soto ayam bening untuk menu makan siangmu bakal nikmat banget, nih. Selamat memasak, ya!

Baca Juga: Resep Soto Daging Sapi Madura, Segar Kuahnya Dijamin Bikin Kamu Kalap!

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya