Comscore Tracker

Resep Tahu Tempe Bacem ala Yummy yang Nikmat, Cobain Yuk!

Kamu pasti bisa bikinnya, nih

Tahu dan tempe seakan menjadi makanan sehari-hari orang Indonesia. Mengolah kedua bahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai itu terbilang mudah, harganya pun murah meriah.

Salah satu olahan tahu dan tempe paling populer adalah dimasak bacem. Baceman adalah sajian daerah Mataraman, seperti Semarang, Solo, dan Magelang. Rasanya cenderung manis.

Kalau di dekat tempat tinggalmu gak ada yang jual, kamu bisa bikin sendiri, kok. Simak resep tahu tempe bacem ala aplikasi Yummy App di bawah ini, ya!

1. Bahan-bahan untuk membuat tahu bacem

Resep Tahu Tempe Bacem ala Yummy yang Nikmat, Cobain Yuk!yummy.co.id

Bahan utama:

  • 3 buah tempe
  • 2 buah tahu putih
  • 50 gram gula merah
  • 500 ml air kelapa
  • 3 lembar daun salam
  • 2 sdm kecap manis
  • minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar, sangrai
  • air kelapa secukupnya

2. Haluskan bumbu sampai lembut

Resep Tahu Tempe Bacem ala Yummy yang Nikmat, Cobain Yuk!yummy.co.id

Masukkan bawang merah, bawang putih, ketumbar sangrai, dan air kelapa ke dalam food processor. Haluskan semua bahan tersebut hingga lembut, lalu sisihkan ke dalam wadah.

Setelah itu, siapkan tahu dan tempenya. Potong-potong kedua bahan tersebut menjadi berbentuk persegi panjang. Letakkan di dalam wadah berbeda.

3. Masukkan tahu dan tempe

Resep Tahu Tempe Bacem ala Yummy yang Nikmat, Cobain Yuk!yummy.co.id

Panaskan sedikit minyak di dalam wajan hingga panas. Tumis bumbu halus bersama lengkuas, daun salam, gula merah, dan garam hingga tercium aroma harum.

Masukkan potongan tahu dan tempe ke dalam bumbu tumisan. Aduk sesekali sampai semua tahu dan tempenya terbaluri bumbu hingga merata.

Baca Juga: 5 Resep Masakan Berbahan Tempe untuk Sarapan, Simpel dan Sedap 

4. Goreng tahu dan tempe hingga matang

Resep Tahu Tempe Bacem ala Yummy yang Nikmat, Cobain Yuk!yummy.co.id

Tuang perlahan air kelapa ke dalam tumisan tahu dan tempe, lalu tutup wajan. Ungkep tahu dan tempe hingga bumbunya meresap dan airnya berkurang. Jika sudah, segera angkat dan tiriskan.

Setelah itu, tuang cukup banyak minyak ke dalam wajan dan panaskan hingga mendidih. Goreng tahu dan tempe hingga matang. Tahu dan tempe bacem siap disajikan dengan sambal favoritmu.

5. Cek langkah selengkapnya di video berikut ini

Gimana, gampang banget, kan bikin tahu dan tempe bacem sendiri di rumah? Dijamin bikin kamu gak berhenti makan, deh. Selamat memasak!

Baca Juga: Resep Tumis Tahu Jamur Kuping, Sayuran Sehat yang Enak Banget

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya