Comscore Tracker

Masak Lebih Praktis, Ini 5 Langkah Membuat Bumbu Halus Siap Pakai

#MasakItuGampang Gak perlu lagi ngulek tiap mau masak

Persiapan bumbu untuk memasak kadang-kadang bisa sangat memakan waktu. Dari mengupas, mencuci, mengiris, mencincang sampai mengulek bisa menjadi sangat melelahkan. Apalagi saat sibuk. Pengennya yang praktis-praktis aja, tapi tetap sehat. Kalau mau beli bumbu halus yang ada di pasar, juga ragu-ragu. Entah ragu kualitas bahannya, campurannya, kebersihannya, dan lain-lain. 

Nah, biar memasak jadi lebih prakis, bikin bumbu halus sendiri bisa jadi solusi. Gampang banget bikinnya!

1. Gunakan bahan yang fresh

Masak Lebih Praktis, Ini 5 Langkah Membuat Bumbu Halus Siap Pakaipadaek.com

Bahan-bahan yang segar akan menghasilkan bumbu yang nikmat dan awet. Aroma bumbu dari bahan yang segar akan tetap terjaga walaupun sudah dihaluskan. Untuk kuantitas bahan yang digunakan, dapat sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk seminggu ke depan. Jangan terlalu banyak, karena menyimpan bumbu halus terlalu banyak akan membuat bumbu cepat rusak.

2. Cuci bahan hingga bersih

Masak Lebih Praktis, Ini 5 Langkah Membuat Bumbu Halus Siap Pakaionelifetoeat.com

Sisa proses panen yang menempel pada bahan seperti tanah, kotoran atau pestisida harus dibersihkan dan dicuci lebih dulu. Setelah dicuci bersih, tiriskan atau lap hingga kering. Pastikan tidak ada sisa air pada bahan, karena dapat mempengaruhi keawetannya.

3. Beri minyak dan garam untuk mengawetkan

Masak Lebih Praktis, Ini 5 Langkah Membuat Bumbu Halus Siap Pakaiazestforlife.com

Garam dan minyak adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengawetkan bumbu basah. Tambahkan 1 sdm minyak dan 1 sdm garam untuk setiap 200 gram bahan. Minyak yang digunakan bisa minyak kelapa, minyak zaitun atau minyak sayur.

4. Haluskan bahan yang akan diawetkan

Masak Lebih Praktis, Ini 5 Langkah Membuat Bumbu Halus Siap Pakaitoriavey.com

Setelah ditambahkan garam dan minyak, bahan kemudian dihaluskan menggunakan blender. Tingkat kehalusan dapat disesuaikan selera dan peuntukan bumbu. Jadi gak harus pakai blender, mau diiris atau digeprek juga boleh banget.

5. Simpan pada wadah bersih dan tertutup

Masak Lebih Praktis, Ini 5 Langkah Membuat Bumbu Halus Siap Pakaipinterest.com

Bumbu yang sudah halus, dapat disimpan di dalam wadah yang bersih, kering dan tertutup rapat. Bumbu harus disimpan di dalam kulkas, sehingga dapat bertahan lebih lama. Waktu ideal untuk menyimpan bumbu adalah 1 mingguan, tapi bisa juga lebih dari itu. Sering dicek saja, untuk memastikan bumbu belum rusak.

Nah, gampang banget kan? Selain bebas pengawet, dengan membuat bumbu halus kita bisa irit tenaga untuk persiapan memasak.

Siwi Tristanti Photo Verified Writer Siwi Tristanti

^^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya