Comscore Tracker

Cara Memotong Bawang Bombay Selama Ini Salah, Ini yang Benar!

Sudah tahu belum?

Bawang bombay adalah dasar dari hampir seluruh makanan yang kita makan sehati-hari. Ada banyak cara memotong bawang bombay yang pasti disesuaikan dengan masakannya. Tidak sedikit orang juga masih melakukan kesalahan memotong bawang bombay walaupun sering menggunakannya. Cari tahu yuk, siapa tahu kamu juga sering melakukan kesalahan ini.

1. Pisau yang kamu pakai harus benar-benar tajam.

Cara Memotong Bawang Bombay Selama Ini Salah, Ini yang Benar!seriouseats.com

Saat memotong bawang bombay, kamu tidak bisa melakukannya jika pisau kamu tidak cukup tajam. Kamu harus mulai menggunakan pisau yang benar-benar tajam agar kamu bisa memotongnya layaknya seorang profesional yang memotong bawang dengan cepat.

2. Kamu membuang akar bawang bombay sebelum memotongnya? Stop melakukan itu.

Cara Memotong Bawang Bombay Selama Ini Salah, Ini yang Benar!thekitchn.com

Gordon Ramsay, juru masak terkenal yang juga pengusaha restoran ini mengatakan bahwa jika kamu ingin memotong bawang bombay dengan sempurna, maka biarkan akar tetap menempel pada bawang bombay. Jangan membuangnya sebelum kamu memotongnya.

Membuang akar bawang sebelum memotongnya hanya akan membuat bawangmu tidak menyatu lagi dan sulit dipotong. Dengan akar yang masih menempel, percayalah kamu akan jauh lebih bisa memotongnya dengan sempurna.

3. Memotong bawang bisa membuatmu menangis? Tidak lagi kalau kamu tahu caranya.

Cara Memotong Bawang Bombay Selama Ini Salah, Ini yang Benar!lar-japan.com

Ramsay juga mengatakan bahwa sebenarnya kamu tidak perlu menangis jika saja kamu tahu memotong yang benar. Faedah dari membiarkan akar saat memotong bawang, bukan hanya berfungsi untuk menyatukan bawang sehingga mudah dipotong, tapi akar yang dihilangkan sebelum memotong membuat bawang mengeluarkan gas yang lebih banyak sehingga membuatmu menangis.

Cara pencegahan lain adalah dengan memasukan bawang ke dalam kulkas sebelum memotongnya. Studi ilmiah mengatakan bahwa sebagian besar gas dilepaskan pada suhu kamar dan dingin bisa menghentikan pelepasan gas tersebut. Walau mungkin kamu masih akan merasa sedikit perih, tapi setidaknya ini sedikit membantumu agar tidak sampai menangis.

Baca Juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Saat Mengolah Kentang

4. Ingin membuat onion ring? Gunakan garpu.

Cara Memotong Bawang Bombay Selama Ini Salah, Ini yang Benar!youtube.com

Kamu mungkin sering kebingungan saat ingin membuat onion ring tapi ukuran yang kamu dapatkan tidak sama dan berantakan. Jangan bingung lagi, gunakan garpu jika kamu ingin memasak onion ring. Garpu akan membantumu memotong dengan rata dan pastinya mempercepat proses memotong bawangmu. Kamu tinggal memotong sesuai pada bolongan garpu seperti gambar di atas dan pasti onion ring-mu akan memiliki ukuran yang sama.

5. Memotong dadu pada bawang bombay ada caranya.

Memotong bawang bombay secara dadu tidak sesimpel yang kamu bayangkan. Kamu harus memastikan bodi pisau kamu bersentuhan dengan jari tengah kamu. Lalu, memotong bawang menjadi dua bagian, dan bukan langusng memotongnya ke bawah, melainkan ke samping. Potong ke samping sampai ujung bawang, setelah itu baru potong ke bawah. Banyak orang terbalik melakukannya. Jika kamu memotong bawah ke bawah dulu setelah itu ke samping, maka kamu harus membalik bawang terlebih dahulu dan membuat ukurannya menjadi tidak beraturan.

Nah, sudah tahu kan?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Tanggal Kedaluwarsa Makanan

yummy-banner

Topic:

Just For You