Comscore Tracker

Resep Es Manado yang Praktis, Segarnya Melegakan Tenggorokan!

#IDNTimesFood Bisa jadi ide jualan juga, lho!

Saat cuaca panas, kita cenderung membayangkan minuman dingin dan segar untuk menghilangkan dahaga. Manado memiliki dessert yang segar untuk disantap saat siang hari, yakni es manado.

Memiliki cita rasa segar dan creamy, es manado terdiri dari potongan buah-buahan segar, seperti sirsak. Kolaborasi antara buah sirsak dan bahan-bahan lainnya membuat es manado dijamin mampu menyejukkan tenggorokan.

Cara buatnya praktis, kamu cuma butuh waktu kurang dari 30 menit untuk menyajikan dessert satu ini. Tunggu apa lagi, simak resep praktis es manado di bawah ini.

1. Siapkan bahan-bahannya

Resep Es Manado yang Praktis, Segarnya Melegakan Tenggorokan!Buah sirsak (tropicalfruitbox.com)

Bahan-bahan:

  • 2 buah sirsak
  • 2 buah alpukat
  • 1 liter susu cair
  • 250 ml air
  • 250 ml sirup sirsak
  • 1 kaleng buah lengkeng
  • 2 bungkus jelly
  • 1 sdm gula pasir
  • daging buah kelapa muda secukupnya
  • es batu secukupnya

2. Blender daging buah sirsak

Resep Es Manado yang Praktis, Segarnya Melegakan Tenggorokan!ilustrasi daging buah sirsak yang telah diblender (instagram.com/shansveganshack)

Siapkan dua buah sirsak berukuran besar, pisahkan daging buah sirsak dari bijinya. Gunakan satu buah sirsak yang telah dibuang bijinya untuk dihaluskan, masukkan bersama air dan gula pasir ke dalam blender, biarkan sampai lembut.

3. Campur jus sirsak dengan bahan lainnya

Resep Es Manado yang Praktis, Segarnya Melegakan Tenggorokan!ilustrasi mencampur jus sirsak dengan bahan es manado lainnya (instagram.com/linagui.kitchen)

Siapkan wadah berukuran besar, lalu tuangkan jus sirsak ke dalamnya. Kemudian, tambahkan sisa daging buah sirsak yang telah dibuang bijinya. Berikan pula potongan alpukat, lengkeng, jelly, daging kelapa muda, dan susu cair.

Baca Juga: Resep Simpel Es Krim Buah Kiwi, Lembut dan Seger Pol!

4. Tambahkan sirup sirsak

Resep Es Manado yang Praktis, Segarnya Melegakan Tenggorokan!ilustrasi menuangkan sirup (pexels.com/charlotte may)

Supaya terasa makin segar, tambahkan sirup dengan varian rasa buah sirsak. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sirup varian rasa lainnya atau tidak menggunakan sama sekali, rasanya bakal tetap enak, kok. Aduk rata seluruh bahan es manado hingga merata.

5. Es manado siap untuk dinikmati

Resep Es Manado yang Praktis, Segarnya Melegakan Tenggorokan!ilustrasi es manado (instagram.com/mayamela0403)

Tuang es manado ke dalam mangkuk, lalu tambahkan es batu secukupnya agar makin nikmat. Sajikan bersama potongan buah favorit dan jelly warnai-warni, sehingga penampilan dan rasanya semakin menggugah selera.

Es manado ini bisa jadi salah satu alternatif olahan  sirsak yang segar dan nikmat. Sebaiknya, gunakan sirsak yang benar-benar matang. Sirsak yang sudah matang ditandai dengan bau wangi yang khas, serta lebih empuk dan sudah tidak keras lagi.

Nah, itulah resep membuat es manado yang praktis untuk hilangkan rasa haus membandel di tenggorokanmu. Gimana, tertarik untuk bikin sendiri gak, nih? Yuk, segera dipraktikkan!

Baca Juga: Resep Es Cappuccino Cincau ala Rumahan, Minuman Viral yang Menyegarkan

Ridha Tiara Motik Photo Verified Writer Ridha Tiara Motik

Ig : tiamo_tiara

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya