Comscore Tracker

Resep Permen Madu yang Mudah Dibuat di Rumah, Camilan Andalan!

Bisa jadi camilan sehat yang praktis dibuat sendiri

Madu pada dasarnya merupakan bahan pemanis alami yang berasal dari lebah. Bahan makanan berkonsistensi kental ini terkenal dengan khasiatnya yang cukup banyak. Kamu bisa mencampurkan madu dengan aneka menu khususnya dessert untuk membuat cita rasanya jadi lebih maksimal.

Salah satu menu yang bisa dicoba adalah permen madu yang tentunya menggunakan madu sebagai bahan utama. Bagaimana cara membuatnya? Berikut caranya.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Permen Madu yang Mudah Dibuat di Rumah, Camilan Andalan!medicalnewstoday.com

Bahan-bahan:

  • 6 sendok makan gula
  • 4 sendok makan air
  • 2 sendok makan perasan lemon
  • 2 sendok makan madu

2. Mencampurkan beberapa bahan utama

Resep Permen Madu yang Mudah Dibuat di Rumah, Camilan Andalan!madeleineeffect.com

Kamu bisa mempersiapkan wajan kecil untuk diisi dengan gula, air, dan perasan lemon. Gunakan api kecil untuk memasaknya secara perlahan. Jika sudah sedikit mendidih, tambahkan madu ke dalamnya dan aduk secara merata.

3. Mengkaramelisasi adonan permen

Resep Permen Madu yang Mudah Dibuat di Rumah, Camilan Andalan!rachaelraymag.com

Jika kamu memiliki termometer makanan, maka cek lah suhu adonan hingga mencapai 146-155 derajat selsius. Proses ini dilakukan hingga adonan yang digunakan terkaramelisasi dengan baik. Jika sudah, maka sisihkan.

Baca Juga: Resep Permen Durian yang Mudah Dibuat, Cita Rasanya Alami!

4. Mencetak adonan menjadi permen

Resep Permen Madu yang Mudah Dibuat di Rumah, Camilan Andalan!cookinglight.com

Kamu tentu perlu berhati-hati pada langkah ini sebab adonan yang digunakan akan sangat panas bila terkena tangan. Cetak lah adonan dengan menggunakan cetakan, disarankan menggunakan cetakan silikon. Jika sudah, biarkan pada suhu ruang hingga suhunya turun, lalu baru masukanlah ke dalam kulkas.

5. Sajikan permen madu

Resep Permen Madu yang Mudah Dibuat di Rumah, Camilan Andalan!m.alibaba.com

Jika sudah didinginkan, kamu bisa langsung menyajikan permen di dalam toples atau pun dengan membungkusnya dengan plastik. Cara tersebut akan cukup ampuh untuk memberikan keawetan yang lebih maksimal. Tekstur permen pun akan lebih keras dan tidak lembek.

Dengan resep yang mudah dibuat dan dicontoh, maka siapapun tentu jadi bisa membuat permen madu sendiri di rumah. Setuju?

Baca Juga: 5 Fungsi Madu Secara Umum untuk Aneka Makanan, Bikin Makin Lezat!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya