Comscore Tracker

7 Olahan Belimbing Wuluh Ini Dijamin Bikin Kamu Ngiler

Asem-asem seger

Belimbing wuluh atau belimbing sayur, merupakan slah satu jenis tanaman yang mudah dijumpai di Indonesia. Rasanya yang asam dan kecut kerapkali dimanfaatkan sebagai tambahan rasa untuk masakan agar menjadi lebih segar. Buah tanaman ini biasanya berbuah melimpah dan sering, sehingga perlu inovasi tinggi guna mengolah belimbing wuluh sehingga dapat termanfaatkan dengan maksimal dan tentunya menambah nilai tambah penjualannya. Dan berikut ini 7 inovasi olahan belimbing wuluh yang bisa kamu coba.

1. Manisan Belimbing Wuluh

7 Olahan Belimbing Wuluh Ini Dijamin Bikin Kamu Ngilerkenali.co

Belimbing wuluh dapat diolah menjadi bahan pembuatan manisan yang sangat enak, buah ini dibuat manisan selain agar menambah citarasanya supaya lebih lezat disantap juga sebagai salah satu metode pengawetan dengan menggunakan gula. Belimbing wuluh yang dibuat menjadi manisan tentu memiliki daya tahan simpan yang lebih lam dibanding belimbing wuluh segar, ataupun ketika diolah menjadi makanan lain. Pembuatan manisan belimbing wuluh ini selain menggunakan gula, juga menfaatkan kapur sirih dan garam  sebagai bahan campuran ketika proses perendaman.

2. Asinan Belimbing Wuluh

7 Olahan Belimbing Wuluh Ini Dijamin Bikin Kamu Ngilercookpad.com

Jika kamu lebih suka menikmati belimbing wuluh dengan citarasa yang asin dan pedas, kamu bisa mencoba mengolahnya menjadi asinan belimbimbing wuluh. Pembuatannya tak sulit dan bisa kamu coba sendiri dirumah karena secara umum bahan yang digunakan untuk pembuatan asinan belimbing wuluh ini sama seperti bahan yang digunakan untuk pembuatan asinan pada umumnya hanya saja bahan utama yang kita pakai disini adalah belimbing wuluh yang sidah dipotong sesuai selera, kamu bisa juga menambahkan bahan lain kedalamnya seperti kedondong ataupun mangga muda.

3. Rujak Belimbing Wuluh

7 Olahan Belimbing Wuluh Ini Dijamin Bikin Kamu Ngilercookpad.com

Ini merupakan salahsatu olahan belimbing wuluh yang paling banyak dan sering dijumpai, rasa asam dari belimbing wuluh yang dipadukan dengan manis gula aren dan pedas cabai rawit, cocok dinikmati beramai-ramai ditengah siang yang panas saat cuaca sedang terik-teriknya. Namun ingat jangan makan rujak belimbing wuluh ini terlalu banyak dan pedas, karena salah-salah kamu malah bisa sakit perut akibat terlalu banyak makan asam dan pedas.

Baca Juga: Super Nikmat, 7 Manisan India Ini Sukses Bikin Kamu Gagal Diet

4. Sambal Belimbing Wuluh

7 Olahan Belimbing Wuluh Ini Dijamin Bikin Kamu Ngilerreseptina.com

Bagi kamu para pecinta pedas, ada satu lagi olahan belimbing wuluh yang siap memanjakan lidahmu, yaitu sambal belimbing wuluh. Rasa gurih dan pedas dari sambal yang dipadukan dengan segar dan asam belimbing wuluh sangat cocok dinikmati dengan nasi panas dan lauk lainnya. Belimbing wuluh disini digunakan sebagai pengganti tomat atau jeruk nipis, dan karena citarasanya yang khas, tentu sambal belimbing wuluh ini mampu memberikan sensasi rasa baru yang menyenangkan dilidahmu.

5. Dodol Belimbing Wuluh

7 Olahan Belimbing Wuluh Ini Dijamin Bikin Kamu Ngileragrowindo.com

Selain manisan, olahan bercitarasa manis yang bisa kamu nikmati dari buah belimbng wuluh adalah dodolnya. Produksi belimbing wuluh yang melimpah membuat banyak orang memutar otak untuk bagaimana membuat buah ini lebih bisa dinikmati dalam segala keadaan. Dan dodol belimbing wuluh ini merupakan salahsatunya. Selain rasa mansi yang bisa kamu dapatkan dari gula, cirikhas rasa sefar dari buah belimbing wuluhnya juga masih jelas terasa sehingga cocok dinikmati bersama secangkir teh tawar panas bersama semilir angin ringan.

6. Sirup Belimbing Wuluh

7 Olahan Belimbing Wuluh Ini Dijamin Bikin Kamu Ngilercookpad.com

Setelah banyak makan olahan belimbing wuluh, tentunya kamu butuh minum. Dan ternyata belimbing wuluh juga bisa dibuat menjadi bahan dasar pembuatan sirup loh. Rasanya yang segar dan asam membuat olahan sirup belimbing wuluh ini cocok dinikmati disiang hari ditengah cuaca Indonesia yang panas. Ditambah sedikit es batu didalammnya, dijamin membuat dahagu hilang seketika.

7. Kripik Belimbing Wuluh

7 Olahan Belimbing Wuluh Ini Dijamin Bikin Kamu Ngilermedium.com

Satu lagi makanan ringan yang bisa kamu nikmati dari belimbing wuluh yaitu keripik belimbing wuluh. Kita pasti sudah banyak mendengar buah-buahan yang diolah menjadi keripik seperti apel, salak, nangka bahkan hingga buah nagapun bisa diolah menjadi keripik, dan tentunya belimbing wuluh juga tak mau kalah. Telah banyak pengerajin-pengerajin yang mulai mencoba memproduksi dan memasarkan olahan belimbing wuluh ini sehingga ketersediaan belimbing wuluh yang melimpah dan banyak dapat termanfaatkan dengan maksimal.

Baca Juga: 5 Warung Nasi Sambal Populer di Kota Malang, Pedesnya Juara!

Vini Krisdiani Photo Community Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You