Comscore Tracker

Resep Nagasari Pandan Pisang yang Legit, Bikinnya Gak Ribet!

Aroma pandannya dijamin bikin ngiler

Nagasari adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung beras. Biasanya, kue ini dibalut dengan daun pisang, lalu dikukus hingga matang.

Namun, kalau kamu gak mau ribet mencari daun pisang, bisa bikin pakai loyang, lho.  Caranya pun lebih praktis dan mudah, apalagi kamu gak perlu ribet membalut satu per satu adonan dengan daun pisang.

Nah, selain itu, kamu bisa mengombinasikan rasanya dengan pandan. Aromanya bikin ngiler, berikut resep nagasari pandan pisang yang dibuat menggunakan loyang. Dijamin antiribet!

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Nagasari Pandan Pisang yang Legit, Bikinnya Gak Ribet!ilustrasi bahan untuk adonan kue (pexels.com/Los Muertos Crew)

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung beras
  • 100 gram tepung tapioka
  • 1000 ml santan
  • 180 gram gula pasir
  • 1 sisir pisang raja, iris tipis memanjang jadi 4 bagian
  • 4 lembar daun pandan
  • garam secukupnya
  • vanila secukupnya
  • pewarna makanan (kuning telur, kuning mudah, dan hijau tua) 

2. Masak santan hingga mendidih

Resep Nagasari Pandan Pisang yang Legit, Bikinnya Gak Ribet!ilustrasi sedang memasak di atas kompor (freepik.com/atlascompany)

Nyalakan api kompor, lalu letakkan panci di atasnya. Tuang santan ke dalam panci bersama gula pasir, daun pandan, garam, dan vanili. Aduk hingga rata menggunakan spatula.

Masak semua bahan dengan api kecil sambil terus diaduk. Jika sudah mendidih, biarkan dalam suhu ruang, lalu tambahkan pewarna makanan. Dinginkan sebentar santan tersebut.

3. Masukkan adonan ke dalam loyang

Resep Nagasari Pandan Pisang yang Legit, Bikinnya Gak Ribet!ilustrasi mengalasi loyang dengan kertas baking (pexels.com/Felicity Tai)

Campurkan tepung beras dan tapioka ke dalam wadah. Saring kedua bahan tersebut, lalu masukkan ke dalam adonan basah secara bertahap sambil di aduk dengan whisk

Selanjutnya, siapkan loyang berukuran 24x24x4, lalu olesi dengan minyak secara merata. Tuang 200 gram adonan pertama ke dalam loyang. Kemudian, kukus selama 5 menit dengan api sedang. 

Baca Juga: Resep Nagasari Tepung Beras yang Kenyal dan Lezat, Lumer di mulut

4. Tambahkan pisang dan tutup dengan adonan

Resep Nagasari Pandan Pisang yang Legit, Bikinnya Gak Ribet!ilustrasi adonan di atas loyang (pixabay/HomeMaker)

Masukkan potongan pisang ke dalam adonan, lalu susun rata di permukaannya. Tuang adonan 150 gram di atasnya, kemudian kukus kembali selama 5 menit. 

Pastikan setiap akan menuang adonan, jangan lupa aduk terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada tepung yang masih mengendap di bawahnya. 

5. Tuang seluruh adonan dan kukus nagasari hingga matang

Resep Nagasari Pandan Pisang yang Legit, Bikinnya Gak Ribet!ilustrasi nagasari pandan pisang (instagram.com/malichatun88)

Susun kembali pisang di atas adonan yang sudah dikukus, lalu tuang sisa adonan di atasnya. Lakukan berulang kali hingga pisang habis. Jika pisang dan adonan sudah habis, kukus nagasari selama 20-25 menit agar adonan matang secara merata.

Perlu diperhatikan, saat mengukus adonan lapisi tutupnya dengan kain agar air tidak menetes pada adonan. Jika adonan sudah matang, keluarkan dari kukusan. Biarkan dalam suhu ruang hingga dingin, lalu lepas dari loyang. Potong nagasari menjadi beberapa bagian sesuai selera. 

Rasa nikmatnya tetap sama, hanya saja penggunaan loyang ini akan lebih memudahkan kamu dan gak bikin ribet. Selamat mencoba resep nagasari pandan pisang yang antiribet ini di rumah, ya!

Baca Juga: Resep Kue Nagasari Nangka yang Praktis, Lembut dan Legit!

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya