Comscore Tracker

Agar Higienis, 7 Hal Ini Perlu Diperhatikan Ketika Membersihkan Toilet

Percaya deh, daripada kamu terkena banyak risiko mengerikan

Adalah hal yang menyenangkan untuk melihat ruangan toilet itu bersih dan higienis. Kamu bisa merasa aman dari rasa jorok yang ada di benakmu. Terlepas dari hal itu, tentu saja higienitas toilet akan mempengaruhi kesehatanmu sendiri. Untuk itu kamu perlu menjaganya setiap saat. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat toiletmu tetap higienis dan nyaman.

1. Membuat kamar mandi tetap kering

Agar Higienis, 7 Hal Ini Perlu Diperhatikan Ketika Membersihkan Toiletaliexpress.com

Adanya air yang menggenang mampu memberikan kelembapan ke kamar mandi hingga menciptakan rumah untuk bakteri. Karena itu, sapulah air yang menggenang, mulai dari pojok-pojok kamar mandi yang diarahkan ke satu arah. Kamu juga mengurangi resiko untuk terpeleset karena air.

2. Basmi kuman di area yang sering disentuh

Agar Higienis, 7 Hal Ini Perlu Diperhatikan Ketika Membersihkan Toiletmistiwork.com

Gagang pintu, gagang penyiram toilet, tutup keran, tombol lampu dan lainnya adalah area-area yang perlu sering kamu bersihkan. Sentuhan orang-orang membuat bagian-bagian tersebut pastinya dipenuhi kuman dan hal itu dapat menyebar ke orang lain. Karena itu jangan lupa menyikat dan membersihkannya.

3. Bersihkan penyikat toiletmu

Agar Higienis, 7 Hal Ini Perlu Diperhatikan Ketika Membersihkan Toiletyoutube.com Don Aslett's Cleaning Center

Jangan lupa untuk selalu membersihkan penyikat toiletmu selesai digunakan. Walaupun sudah diberikan cairan pembersih dan pembunuh kuman, akan selalu ada kemungkinan kotoran menempel di sana. Minimal kamu membersihkan pembersih toilet sekali tiap enam bulan.

Baca Juga: Duh, Spons Mengandung Lebih Banyak Bakteri daripada Dudukan Toilet

4. Buat dan bersihkan ventilasi udara toiletmu

Agar Higienis, 7 Hal Ini Perlu Diperhatikan Ketika Membersihkan Toiletbuildipedia.com

Ventilasi penting untuk mengeluarkan udara di dalam toilet yang kotor sehabis digunakan serta menghilangkan kelembapan. Jika tidak ada, kamu perlu membuatnya khusus untuk toiletmu dan sambungkan dengan udara luar, bukan dalam gedung.

5. Gunakan pembersih kursi toilet

Agar Higienis, 7 Hal Ini Perlu Diperhatikan Ketika Membersihkan Toiletlivesimply.me

Toilet walaupun milik pribadi pastinya pernah digunakan oleh orang. Selalu sediakan pembersih kursi toilet untuk membunuh kuman yang menempel di dudukan tersebut. Jika diperlukan, gunakan pembersih tersebut setiap kali mau dan selesai digunakan.

6. Sering ganti handuk toiletmu

Agar Higienis, 7 Hal Ini Perlu Diperhatikan Ketika Membersihkan Toilettwitter.com

Handuk untuk mengeringkan tangan menyerap banyak air, membuatnya sangat lembap, yang mana nyaman untuk dihuni para kuman. Gantilah handuk tersebut jika dirasa sudah kotor atau buatlah setidaknya sebulan atau seminggu sekali. Terdapat rekomendasi untuk mencuci handuk, yaitu menggunakan vinegar/cuka untuk lebih bersih.

7. Higienitaskan dirimu sendiri juga

Agar Higienis, 7 Hal Ini Perlu Diperhatikan Ketika Membersihkan Toiletthespruce.com

Terlepas dari kebersihan ruangan, dirimu sendiri sebenarnya cukup menentukan higienitas dirimu. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk tetap higienis dalam menggunakan toilet adalah tidak menggunakan ponsel di kamar mandi, tidak meletakkan sikat gigi di atas toilet, dan jangan lupa menutup toilet ketika menyiramnya.

Sudah tahu kan apa aja yang harus dilakukan? Sekarang tinggal kamu mulai dan rutinkan. Untuk menambah tingkat higienitasnya, sering-seringlah melakukan hal-hal yang telah disebutkan di atas.

Baca Juga: Hari Toilet Sedunia: Menengok Sanitasi Provinsi Sulsel dalam Angka

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You