Comscore Tracker

Berniat Menjadi Vegan? Ketahui 7 Fakta Pentingnya Ini Dulu

Tidak semua orang bisa berhasil menjadi vegan

Dewasa ini, tren untuk menjadi seorang vegan terus meningkat di kalangan masyarakat. Pasalnya, dengan menjadi vegan (bukan vegetarian loh ya) kamu bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Mulai dari mengurangi risiko terkena penyakit jantung, obesitas, hingga kanker sekalipun.

Praktis, kesehatan yang ditawarkan dengan menjadi vegan membuat banyak orang tergiur untuk segera menjadi seorang vegan juga. Meski demikian, tentu saja ada beberapa hal yang perlu kamu tahu sebelum memulai hidup menjadi seorang vegan. Apa saja itu? Baca sampai habis ya!

1. Tidak akan ada lagi makanan hewani dalam pola makan kamu

Berniat Menjadi Vegan? Ketahui 7 Fakta Pentingnya Ini Duluinnovative-results.com

Berbagai riset mengatakan bahwa pola makan vegan jauh lebih ketat daripada pola makan vegetarian. Faktanya, pola makan vegan adalah 100 persen nabati, yang artinya tidak mengandung makanan hewani sama sekali, termasuk: susu, keju, yogurt, krim, mentega, telur, daging, ayam, hingga seafood.

Sementara itu, vegetarian masih bisa memakan makanan hewani seperti telur dan susu. Jadi, siap-siap menghapus kebiasaan kamu yang terlalu nyaman makan daging ya.

2. Harus kreatif dalam memasak

Berniat Menjadi Vegan? Ketahui 7 Fakta Pentingnya Ini Duluandreabeaman.com

Tidak hanya kreatif dalam berpikir dan bekerja, tapi kamu juga harus kreatif dalam memasak apabila ingin menjadi seorang vegan. Sebab, kamu harus mencari makanan alternatif atau pengganti dari makanan yang biasa kamu makan sehari-hari.

Contohnya adalah kamu bisa menggunakan tahu sebagai pengganti daging, lalu juga memakai minyak zaitun alih-alih memanfaatkan mentega, serta menggunakan jamur sebagai perasa makanan.

3. Hati-hati kalau mau makan di restoran

Berniat Menjadi Vegan? Ketahui 7 Fakta Pentingnya Ini Duluhuffingtonpost.com

Jika sedang malas memasak, kamu bisa makan di restoran setempat atau memesan makanan ke rumah. Akan tetapi, berhati-hatilah dalam memilih restoran. Sebab, kamu tidak pernah tahu bahan apa saja yang digunakan ke dalam makanan tersebut, sementara kamu sebagai seorang vegan pantang terhadap makanan hewani.

Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila kamu menelepon restoran pilihan kamu terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa merequest bahan-bahan yang tidak boleh dimakan oleh seorang vegan.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Aplikasi Terbaik untuk Vegan, Berguna Banget! 

4. Kamu akan kesulitan memenuhi asupan nutrisi

Berniat Menjadi Vegan? Ketahui 7 Fakta Pentingnya Ini Dulunutritionadvance.com

Di dalam pola makan vegan, protein yang bisa kamu dapatkan lebih sedikit karena tidak ada makanan hewani sama sekali. Jadi, seorang ahli diet bernama Amy Kimberlain menyarankan kamu untuk memasukkan sumber protein di tiap hidangan, seperti tahu, kacang-kacangan, dan tempe.

Tidak hanya itu, kamu juga harus memerhatikan nutrisi lain seperti kalsium. Untuk mendapatkan kalsium, kamu bisa memperolehnya dari kangkung, brokoli, dan kacang almond.

5. Bersabar karena menjadi vegan juga butuh waktu

Berniat Menjadi Vegan? Ketahui 7 Fakta Pentingnya Ini Dulufitday.com

Menjadi vegan juga adalah suatu proses, yang tidak bisa terjadi dalam semalam saja. Meskipun kamu bersemangat untuk menjadi seorang vegan, tapi kamu harus tetap sadar kalau itu juga butuh waktu. Malahan, Kimberlain menyatakan kalau waktu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang vegan sekitar 3-6 bulan.

6. Tidak akan kehilangan berat badan sampai drastis

Berniat Menjadi Vegan? Ketahui 7 Fakta Pentingnya Ini Duluexpress.co.uk

Banyak yang bilang kalau menjadi vegan berarti kamu akan menjadi kurus karena kehilangan berat badan. Padahal, itu tidak benar, demikian dilansir dari NBC. Sebab, kacang-kacangan, buah, dan sayuran yang kamu makan menjadi seorang vegan mengandung banyak serat. Asalkan kamu rajin makan, kamu tidak akan menjadi kurus.

7. Banyak artis yang menjadi vegan juga

Berniat Menjadi Vegan? Ketahui 7 Fakta Pentingnya Ini Duluindianexpress.com

Asal kamu tahu saja, artis-artis ternama seperti Natalie Portman, Zac Efron, Ariana Grande, Sir Paul McCartney, Madonna, Alicia Silverstone, dan James Cameron juga menjadi seorang vegan loh. Hal ini mereka lakukan demi menjaga tubuh yang sehat, dan tentu saja dibantu oleh tenaga profesional. Selain itu, si artis berbadan kekar Arnold Schwarzenegger juga mengungkapkan kalau dia 99 persen vegan.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu tahu kalau ingin menjadi seorang vegan. Jangan pernah ragu demi kehidupan yang lebih sehat!

Baca Juga: Pola Makan Vegan Berbahaya untuk Kesehatan? Ini Penjelasan Medisnya!

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya