Comscore Tracker

Walau Pahit, Ini 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Sudah banyak dikembangkan di Indonesia

Pernah dengar daun afrika? Jika belum, kamu mesti tahu! Terlepas dari nama yang menandakan asalnya, daun afrika (Vernonia amygdalina) pun sekarang tengah dibudidayakan di Indonesia.

Di Afrika, daun ini digunakan sebagai bumbu dapur, minuman alkohol, hingga pengobatan tradisional untuk berbagai kondisi kesehatan, dari cacingan hingga diabetes. Selain memiliki antioksidan flavonoid, daun afrika terkenal memiliki berbagai senyawa seperti protein, karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral.

Walaupun rasanya pahit, tetapi manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh daun afrika begitu manis! Berikut ini 15 manfaat daun afrika untuk kesehatan yang sudah terbukti lewat berbagai penelitian.

1. Menurunkan Kadar Glukosa dalam Darah Setelah Makan

Walau Pahit, Ini 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatanpixabay.com/Tesa Robbins

Senyawa etanol, flavonoid, tanin, dan polifenol dalam daun afrika mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah setelah makan, sehingga dapat mencegah diabetes tipe 2. Selain itu, daun Afrika juga memelihara pankreas dalam memproduksi insulin.

2. Mengobati Malaria

Walau Pahit, Ini 15 Manfaat Daun Afrika untuk KesehatanNyamuk anopheles penyebab penyakit malaria (wikimedia.org)

Daun afrika dipercaya dapat mengobati malaria. Ini karena ekstrak daun afrika terbukti 67 persen lebih efektif dalam membasmi parasit Plasmodium, biang kerok malaria yang biasa ditularkan dari nyamuk.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Pegagan atau Centella Asiatica, Bagus untuk Kulit Kamu

3. Dapat Memerangi Infeksi Cacing

Walau Pahit, Ini 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatandictio.id

Selain parasit Plasmodium, daun afrika juga dikatakan dapat memerangi infeksi cacing! Ekstrak daun afrika terbukti dapat membunuh larva dan telur cacing tambang dan gelang yang menyerang pencernaan.

4. Menyehatkan Jantung

Walau Pahit, Ini 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatanilustrasi kesehatan jantung (freepik.com/pressfoto)

Asam linoleat dan linolenat dalam daun afrika dipercaya menyehatkan jantung. Berbagai penelitian pun mengemukakan bahwa daun afrika mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 40 persen.

5. Membantu Melancarkan Pencernaan

Walau Pahit, Ini 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatanfreepik.com/jcomp

Selain membunuh cacing parasit dalam pencernaan, kandungan antioksidan dalam daun afrika bisa membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, daun ini dapat mencegah gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

6. Mengobati Asam Urat

Walau Pahit, Ini 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatanfreepik.com/wayhomestudio

Kemudian, daun afrika juga digadang-gadang menjadi salah satu solusi untuk penyakit asam urat di segala usia. Dengan kadar antioksidan yang tinggi, inflamasi yang disebabkan oleh asam urat dapat diatasi,

7. Melawan Bakteri

Walau Pahit, Ini 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatanilustrasi sistem imun tubuh (chiroeco.com)

Daun afrika terbukti perkasa melawan bakteri penyebab penyakit seperti S. aureus, S. typhi, hingga E. coli. Selain antioksidan, ini karena daun afrika memiliki senyawa kimia antibakteri dan antibiotik.

8. Menekan Kadar Kolesterol Jahat (LDL) dan Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)

Walau Pahit, Ini 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatanhealthtimes.co.zw

Salah satu peran daun afrika untuk jantung adalah menekan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Selain meningkatkan kolesterol baik (HDL), daun afrika ampuh untuk mengurangi kadar LDL hingga 50 persen!.

Baca Juga: 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes

9. Memperbaiki Kualitas Sperma

Walau Pahit, Ini 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatanilustrasi sperma (pixabay.com/TBIT)

Tingginya kandungan vitamin dan mineral pada daun afrika disebut-sebut bermanfaat untuk kesuburan reproduksi. Teruntuk kaum adam, daun afrika dapat memperbaiki kualitas sperma, lho!

10. Membantu Pengobatan Kanker, Terutama Kanker Payudara dan Kanker Prostat

Walau Pahit, Ini 15 Manfaat Daun Afrika untuk KesehatanDaun Afrika. flickr.com/World Agroforestry

Ekstrak daun afrika dikatakan bisa membantu pengobatan kanker, terutama kanker payudara dan kanker prostat. Selain itu, daun afrika juga ditemukan mampu meningkatkan keberhasilan kemoterapi. Meski begitu, efek ini masih harus diteliti lebih lanjut.

11. Memiliki Kandungan Vitamin C dan K yang Cukup Tinggi

Walau Pahit, Ini 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatanunsplash.com/Zen Bear Yoga

Daun afrika memiliki kandungan vitamin C dan vitamin K yang cukup tinggi. Hal tersebut membuat daun afrika amat berguna bagi kesehatan tubuh, termasuk kekuatan tulang dan gigi.

12. Mengobati Gejala Akibat Asam Lambung

Walau Pahit, Ini 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatanilustrasi asam lambung (medlineplus.gov)

Daun afrika juga dapat mengobati gejala tidak nyaman di perut akibat gangguan asam lambung. Mengonsumsi air rebusan daun afrika dapat mengatasi naiknya asam lambung.

13. Mencegah Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Walau Pahit, Ini 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatanpixabay.com/geraldoswald62

Daun afrika dikatakan berkhasiat terhadap tekanan darah. Berbekal senyawa kalium dan antioksidan, daun afrika efektif menjaga tekanan darah tetap stabil, sehingga membantu mencegah hipertensi.

14. Mengeringkan Luka di Kulit Secara Efektif

Walau Pahit, Ini 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatanilustrasi luka di lutut (pixabay.com/saulhm)

Daun afrika dipercaya dapat menjadi obat luka, yaitu mengeringkan luka di kulit secara efektif. Selain itu, daun afrika juga memberikan efek menenangkan, sehingga rasa sakit pun lebih cepat hilang.

15. Bebas dari Jerawat dan Membuat Kamu Tampak Lebih Awet Muda

Walau Pahit, Ini 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatanpexels.com/Andrea Piacquadio

Selain obat luka, daun afrika juga dapat membuat kulit bebas dari jerawat dan tampak lebih awet muda. Kamu bisa membuat masker daun afrika dan mengaplikasikannya di wajah selama 15 menit untuk hasil maksimal.

Itulah 15 manfaat daun afrika untuk kesehatan yang sudah terbukti. Tak perlu pergi jauh, karena daun ini mulai dibudidayakan dan dikonsumsi di Indonesia. Meski begitu, sebelum mengonsumsi daun ini sebaiknya konsultasi dulu ke dokter, terutama bila ada kondisi medis tertentu. Supaya manfaatnya optimal, barengi konsumsi daun afrika dengan pola makan sehat bergizi seimbang, olahraga rutin, dan istirahat cukup. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Salam yang Baik untuk Kesehatan Tubuhmu

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Septi Riyani
  • Jumawan Syahrudin
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya