Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Menghilangkan Karang Gigi, Cobain Yuk!

Karang gigi hilang, gigi tampak lebih putih nih!

Karang gigi atau biasa disebut kalkulus gigi, yaitu merupakan plak yang mengeras di area gigi kamu. Karang gigi biasanya diakibatkan oleh kebiasaan yang gak langsung membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Sehingga lama kelamaan sisa makanan akan mengeras dan menjadi karang gigi.

Karang gigi dapat mengancam kesehatan lho, diantaranya seperti radang gusi, iritasi gusi, gigi berlubang. Karang gigi juga dapat menyebabkanmu tidak percaya diri ketika berbicara dengan orang lain dikarenakan gigi terlihat kuning dan bau mulut yang bisa membuat lawan bicara merasa tidak nyaman.

Nah, bagi kamu ini bisa menjadi solusi untuk menghilangkan karang di gigi. Kalau kamu gak mau datang ke dokter untuk memeriksa dan membersihkan karang gigi, maka gunakan 5 cara berikut ini.

1. Rajin menggosok gigi

5 Cara Ampuh Menghilangkan Karang Gigi, Cobain Yuk!Unsplash.com/Alex

Kamu dianjurkan menyikat gigi 3 kali siang dan malam. Namun, biasanya walaupun sehari 3 kali tapi durasi menyikat gigi hanya sebentar lho. Coba untuk menyikat gigi lebih lama sekitar 2-5 menit agar sisa makanan yang menempel di gigi dapat bersih semua.

2. Gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride

5 Cara Ampuh Menghilangkan Karang Gigi, Cobain Yuk!peachvitamins.com

Supaya semua sisa makanan yang menempel di gigi menghilang, maka gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride bisa mencegah plak berkembang. Tapi gak hanya fluoride, kamu bisa juga dengan memakai pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan. Semua kandungan tersebut bisa menghilangkan semua noda ke kuningan dan plak yang ada di gigi secara efektif lho.

3. Menggunakan baking soda

5 Cara Ampuh Menghilangkan Karang Gigi, Cobain Yuk!Unsplash.com/Pablo Lancaster Jones

Jadikan baking soda sebagai pasta gigi. Ini juga bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras nih. Caranya ambil 1 sdm baking soda lalu campurkan sedikit garam dan aduk hingga rata, jadikan sebagai pasta gigi ya.

4. Menggunakan kulit jeruk

5 Cara Ampuh Menghilangkan Karang Gigi, Cobain Yuk!Unsplash/Kaitlyn Chow

Sebelum menggunakan kulit jeruk, bersihkan dulu kulit jeruknya. Lalu gosokkan langsung pada karang gigi. Gosokkan kulit jeruk ke area gigi sampai merata. Tapi jangan langsung berkumur ya, biarkan sampai besok pagi. Agar hasilnya maksimal gunakan kulit jeruk ini setiap hari.

5. Mengunyah daun sirih

5 Cara Ampuh Menghilangkan Karang Gigi, Cobain Yuk!Unsplash.com/Maite Tiscar

Daun sirih dipercaya dapat membersihkan karang gigi dan menghilangkan bau mulut. Kamu pernah melihat nenek-nenek yang hobi mengunyah daun sirih? Ternyata daun sirih dapat menghilangkan karang gigi lho. Caranya ambil selembar daun sirih, tambahkan 1 biji cengkeh lalu lipat daun sirih dan cengkeh tadi, kunyah-kunyah sampai halus. Pakai daun sirih dengan teratur ya agar karang gigi cepat menghilang.

Nah, bagaimana sudah tahu kan cara menghilangkan karang gigi dengan bahan alami tanpa harus pergi ke dokter? Selamat mencoba!

Badri Iskandar Photo Community Writer Badri Iskandar

Bisa karena biasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You