Comscore Tracker

Vaksin HPV Pencegah Kanker Serviks. Gak Cuma Cewek, Cowok Juga Perlu

Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Banyaknya kasus kanker serviks yang berujung kematian di kalangan masyarakat kian membuat orang-orang cemas akan kesehatan pribadinya. Khususnya bagi kaum hawa. Kini kalian tidak perlu cemas lagi, ternyata kanker serviks bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi dini. Tidak hanya untuk wanita, pria juga perlu melakukan vaksinasi ini.

Vaksin HPV

Vaksin HPV Pencegah Kanker Serviks. Gak Cuma Cewek, Cowok Juga Perluwww.lorenzinifoundation.org

Vaksin HPV merupakan suatu pencegahan yang dapat dilakukan agar terhindar dari Kanker Serviks. Vaksin ini sudah mulai ada di Indonesia. Tapi, masih banyak yang belum mengetahui tentang vaksin ini. Sehingga penderita Kanker Serviks masih terus meningkat. Adapun jenis dari vaksin ini yaitu:

1. Cervarix. Diberikan kepada wanita untuk mencegah HPV-16 dan HPV-18 yang secara umum sebagai penyebab kanker.

2. Gardasil. Diberikan kepada laki-laki maupun wanita. Dapat mencegah kanker serviks,vulva,vagina oleh HPV-16 dan HPV-18, juga menangkal infeksi HPV-6 dan HPV-11 penyebab penyakit kutil kelamin.

3. Gardasil 9.Jenis vaksin ini memiliki cakupan lebih luas disbanding Gardasil sebelumnya. Gardasil 9 dapat mencegah HPV-31, HPV-33, HPV-45, HPV-52, dan HPV-58 yang terkait erat sebagai penyebab kanker serviks. Laki-laki disarankan mendapatkan vaksin ini pada umur 9-15 tahun.

Pemberian Vaksin

Vaksin HPV Pencegah Kanker Serviks. Gak Cuma Cewek, Cowok Juga Perluwww.mskcc.org

Prof. Dr. dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AI, mengatakan, Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan vaksinasi HPV sejak usia 10 tahun. Diutamakan untuk seseorang yang belum pernah melakukan hubungan seksual, demi keefektivan dari vaksin itu sendiri. Frekuensi pemberian vaksin diberikan sebanyak 3 kali. Jika seseorang pada bulan sekarang divaksinasi, ia akan mendapatkan vaksin lagi pada 1 atau 2 bulan setelahnya, dan 6 bulan selanjutnya. Vaksin ini tidak dianjurkan untuk wanita yang sedang hamil, sakit berat, maupun memiliki alergi tertentu.

Efek Samping

Vaksin HPV Pencegah Kanker Serviks. Gak Cuma Cewek, Cowok Juga Perluwww.bbc.com

Efek samping yang ditimbulkan dari vaksin ini masih tergolong ringan seperti sakit di area suntikan, pusing, pingsan, diare, mual, muntah.

Perkiraan Biaya

Vaksin HPV Pencegah Kanker Serviks. Gak Cuma Cewek, Cowok Juga Perluhellosehat.com

Kamu jangan kaget dulu ya, kemungkinan biaya yang akan dipaparkan masih jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan saat perawatan kanker serviks. Dilansir dari Liputan6.com, total biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan vaksin ini adalah sekitar Rp 2,4 juta. Dengan biaya per injeksi yaitu sekitar Rp 8 juta.

So, buruan cegah sebelum terlambat.

dayuadeesyati Photo Community Writer dayuadeesyati

Feed your perfect side

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You