Comscore Tracker

Bagaimana Tertawa Bisa Meredam Stres yang Melanda? Ini Penjelasannya 

Tertawalah selagi bisa membuat kamu bahagia

Seiring kesibukan yang kamu jalani sekarang terkadang membuat diri kamu merasa tertekan. Bahkan tekanan tersebut dapat membuat diri kamu menjadi sangat stres. Jika kamu sedang mengalami hal tersebut, kamu perlu mengatasinya loh guys. Melalui tertawa kamu dapat meredam stres yang sedang kamu alami. Nah, bagaimana tertawa dapat meredam stres yang kamu alami? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini

1. Stres adalah gangguan mental akibat tekanan

Bagaimana Tertawa Bisa Meredam Stres yang Melanda? Ini Penjelasannya dritare.net

Stres merupakan sebuah gangguan secara mental yang diakibatkan oleh tekanan. Tekanan tersebut dapat bersumber dari dalam dan atau dari luar diri kamu. Saat kamu mengalami stres, tubuh kamu akan memproduksi hormon adrenalin, kortisol dan non adrenalin. Semakin berat tekanan yang kamu alami, semakin banyak tubuh kamu memproduksi hormon tersebut.

2. Faktor pemicu stres

Bagaimana Tertawa Bisa Meredam Stres yang Melanda? Ini Penjelasannya kamzakrasou.sk

Banyak faktor yang dapat memicu kamu untuk dilanda stres. Kamu bisa saja sedang mengalami tekanan dari skripsi, tugas kuliah, karier di masa depan, pekerjaan, kondisi finansial, hubungan kamu dengan pacar, orang tua dan lain sebagainya. 

3. Efek yang timbul bagi kondisi tubuh

Bagaimana Tertawa Bisa Meredam Stres yang Melanda? Ini Penjelasannya zhongan.com

Stres yang kamu alami ketika sedang mendapatkan tekanan dapat memberikan efek buruk terhadap tubuh. Secara fisik kamu dapat mengalami sakit kepala, nyeri otot, insomia, meningkatnya tekanan darah, hingga gangguan pencernaan. Bahkan stres dapat memicu timbulnya penyakit kanker loh.

Baca Juga: 10 Baliho Kampanye Ini Dijamin Bikin Kamu Tertawa

4. Tertawa meredakan stres

Bagaimana Tertawa Bisa Meredam Stres yang Melanda? Ini Penjelasannya hallelujah.co.ke

Tawa merupakan salah satu cara yang efektif untuk meredam stres. Semakin sering kamu tertawa, kamu akan dikelilingi banyak hal-hal positif. Dengan begitu pikiran kamu akan menjadi lebih relax. Sehingga kamu dapat berpikir lebih jernih untuk menghadapi stres tersebut.

5. Cara tertawa bekerja

Bagaimana Tertawa Bisa Meredam Stres yang Melanda? Ini Penjelasannya Unsplash.com/David Calderón

Saat kamu tertawa, tubuh akan melepas hormon endorfin. kemudian hormon itu akan   memberikan rasa nyaman dan energi positif. Endorfin juga yang memberikan rasa geli saat kamu tertawa hingga menangis. 

Bila kamu tertawa hingga menangis, air mata yang keluar mengandung ensefalin. Ensefalin merupakan salah satu obat penenang alami tubuh yang dapat meredakan nyeri. Jadi, tertawa tidak hanya bisa meredam stres kamu tapi juga bisa meredakan penyakit.

6. Beberapa hal yang dapat membuat kamu tertawa

Bagaimana Tertawa Bisa Meredam Stres yang Melanda? Ini Penjelasannya prestigedentalcarestl.com

Selama tertawa itu gratis kamu dapat merasakannya di mana-mana. mulai dari menceritakan masa lalu yang lucu bersama sahabat, pacar atau orang tua, menonton film komedi, membaca buku, melakukan perjalanan atau traveling ke tempat baru. Bahkan kamu bisa mengikuti kelas senam tawa.

Satu hal yang perlu kamu ingat. Ketika kamu sedang mengalami stres, kamu perlu mengisi pikiran kamu dengan hal-hal positif. Salah satunya dengan tertawa ini. Semoga dengan kamu sering tertawa, kamu dapat meredam stres yang sedang dialami.  

Baca Juga: Pendiam Sih, Tapi Kalau Tertawa 5 Zodiak Ini Ngakaknya Gak Henti-henti

Doohan Aditya Saputro Photo Verified Writer Doohan Aditya Saputro

Menyampaikan ide dan gagasan melalui tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You