Comscore Tracker

7 Cara Alami Mengatasi Bibir Hitam, Jadi Cerah Merona

Perlu dipraktikkan secara konsisten

Sama seperti kulit, warna bibir juga berbeda-beda pada setiap orang. Beberapa orang memiliki warna bibir yang merah, yang lain agak pucat, cokelat, hingga gelap. Namun, terkadang warna bibir bisa berubah menjadi hitam karena penyebab tertentu, seperti:

  • Merokok.
  • Stres.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu.
  • Dehidrasi.
  • Masalah medis.

Warna bibir yang hitam itu sendiri sebenarnya tidak berbahaya. Jadi, yang terpenting adalah mengobati masalah mendasar penyebab bibir hitam. Namun, selain itu, ada beberapa pengobatan rumahan yang juga dapat membantu mencerahkan bibir hitam.

Di sini, kita akan melihat beberapa cara mengatasi bibir hitam. Ini dia penjelasannya yang sudah dirangkum dari laman Medical News Today dan Healthline.

1. Kunyit

Kunyit merupakan herbal yang telah lama digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada tubuh, salah satunya mengatasi bibir hitam. Kunyit dapat bertindak sebagai inhibitor melanin yang mencerahkan bibir. 

Untuk menggunakan kunyit sebagai pencerah bibir, kamu perlu:

  • Mencampurkan satu sendok makan susu dan secukupnya bubuk kunyit.
  • Dengan ujung jari, gosokkan lembut pasta pada bibir.
  • Diamkan selama sekitar lima menit, lalu bilas dengan air dingin.
  • Selanjutnya, keringkan bibir dan oleskan pelembap bibir.

2. Delima

7 Cara Alami Mengatasi Bibir Hitam, Jadi Cerah Meronailustrasi buah delima (unsplash.com/garrethpb)

Ekstrak buah delima dapat meringankan hiperpigmentasi kulit. Jika dioleskan pada bibir, ini mampu mencerahkan bibir yang hitam dari waktu ke waktu.

Untuk membuat pencerah bibir dari delima, kamu perlu:

  • Campurkan satu sendok makan biji delima, satu sendok teh air mawar, dan satu sendok makan krim susu segar.
  • Oleskan pasta ke bibir dan pijat lembut selama sekitar tiga menit, lalu bilas bibir dengan air dingin.
  • Ulangi setiap hari agar mendapatkan hasil optimal.

3. Jeruk nipis

Jeruk nipis adalah bahan alami yang memiliki sifat produksi anti-melanin. Untuk membuat pencerah bibir dari jeruk nipis, kamu perlu:

  • Campurkan satu setengah sendok teh air jeruk nipis segar, satu sendok teh madu, dan satu sendok teh gliserin.
  • Oleskan campuran tersebut dengan lembut ke bibir lalu biarkan semalaman.
  • Keesokan paginya, cuci bibir dengan air dingin.

Baca Juga: 5 Penyakit yang Bisa Menular Lewat Ciuman Bibir, Hati-Hati!

4. Madu

7 Cara Alami Mengatasi Bibir Hitam, Jadi Cerah Meronailustrasi madu (pexels.com/Pixabay)

Mengeksfoliasi bibir dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan bibir. Begini cara mencerahkan bibir dengan scrub madu:

  • Campurkan 1 sendok teh madu dan satu sendok teh gula.
  • Pijat lembut campuran tersebut ke bibir dengan gerakan melingkar.
  • Bilas dengan menggunakan air hangat.

Perlu diingat bahwa pengelupasan kulit terlalu sering dapat menyebabkan iritasi dan sensitivitas. Karena kulit di bibir sangat halus, eksfoliasi hanya bisa dilakukan satu kali setiap minggunya.

5. Minyak almon

Memijat bibir dengan minyak dapat membantu melembapkan dan meningkatkan sirkulasi darah. Meningkatnya aliran darah bibir dapat membantu membuat warna bibir menjadi lebih merah.

Gunakan minyak almon berkualitas baik untuk mengatasi bibir kering. Gosok minyak dengan lembut ke bibir tiap kali merasa bibir menjadi lebih kering. Nantinya, kamu akan dapat melihat hasilnya hanya dalam dua hari.

6. Minum cukup air

7 Cara Alami Mengatasi Bibir Hitam, Jadi Cerah Meronailustrasi minum air putih (pexels.com/Daria Shevtsova)

Bibir bisa menjadi salah satu area tubuh pertama yang terdampak saat kamu mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan bibir pecah-pecah dan tampak lebih hitam.

Minum cukup cairan adalah salah satu cara terbaik untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dan merawat kulit. Tambahkan irisan mentimun atau lemon ke dalam segelas air untuk mendapatkan minuman yang lebih menyegarkan.

7. Lemon

Lemon telah lama digunakan sebagai obat rumahan untuk mencerahkan kulit. Caranya, potong seiris lemon dan taruh di bibir selama maksimal satu menit. Selanjutnya, bilas hingga bersih.

Perlu diingat, lemon mungkin memiliki beberapa efek pengelupasan kulit karena mengandung asam sitrat. Asam ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kulit lebih lembut dan cerah. Namun, karena sangat asam, lemon dapat mengiritasi kulit. Jadi, pastikan tidak ada luka atau iritasi pada bibir sebelum menggunakan lemon.

Akhir kata, bibir gelap bukanlah tanda masalah kesehatan dan sering kali tidak memerlukan perawatan. Namun, jika kamu ingin mencerahkan bibir, semua cara yang disebutkan di atas dapat membantu.

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Mencerahkan Ketiak Hitam, Murah dan Simpel Caranya

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya