Comscore Tracker

5 Cara Menghilangkan Varises secara Alami, yuk Dicoba!

Harus dilakukan secara rutin, ya

Varises terjadi ketika pembuluh darah membengkak dan membesar. Varises juga dapat terlihat mencolok karena warnanya yang biru atau ungu dan kerap menonjol keluar dari bawah kulit. Pada sebagian penderitanya, kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Salah satu cara tercepat mengatasi varises adalah dengan prosedur medis, seperti berbagai macam operasi atau terapi. Meskipun begitu, ada juga cara alami yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasinya. Berikut beberapa cara menghilangkan varises secara alami, dirangkum Medical News Today dan Brightside.

1. Olahraga rutin

5 Cara Menghilangkan Varises secara Alami, yuk Dicoba!ilustrasi olahraga (pexels.com/Burst)

Olahraga secara rutin dapat memperlancar sirkulasi darah di kaki, yang membantu mendorong darah yang terkumpul di pembuluh darah. Olahraga juga mampu menurunkan tekanan darah yang bisa mengurangi tampilan varises.

Latihan berdampak rendah dapat membantu otot betis bekerja tanpa ketegangan yang berlebihan. Beberapa latihan berdampak rendah yang efektif meliputi renang, berjalan, bersepeda, dan yoga.

2. Memperbaiki diet

5 Cara Menghilangkan Varises secara Alami, yuk Dicoba!ilustrasi diet sehat (pexels.com/Nathan Cowley)

Makanan tinggi natrium dan asin dapat menyebabkan tubuh menahan air, sehingga mengurangi makanan asin dapat meminimalkan retensi air. Sementara itu, makanan tinggi kalium dapat membantu mengurangi retensi air. Beberapa makanan yang tinggi kalium meliputi kacang almon, pistachio, lentil, kentang, sayuran berdaun, salmon, dan tuna.

Serat juga dapat membantu menjaga pergerakan usus dan mencegah sembelit. Hal ini penting karena mengejan saat sembelit dapat memperburuk pembuluh darah yang rusak. Beberapa makanan yang tinggi serat di antaranya, kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, oat, gandum, dan biji rami. 

Individu yang kelebihan berat badan juga lebih mungkin mengalami varises. Karenanya, menyingkirkan berat badan berlebih dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan serta ketidaknyamanan.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Varises dengan Prosedur Medis yang Terbaik

3. Oleskan biji tomat pada bagian yang terkena varises

5 Cara Menghilangkan Varises secara Alami, yuk Dicoba!ilustrasi tomat (unsplash.com/Tom Hermans)

Biji tomat mengandung asam salisilat yang memiliki khasiat mirip dengan aspirin dan bekerja sebagai antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah dan memperlancar aliran darah. Tomat juga kaya likopen, yang terkonsentrasi di membran sel dan mencegah kerusakan lipid di sel kita.

Jika dioleskan pada kulit secara topikal, tomat dapat membantu mengurangi munculnya pembuluh darah yang rusak dan memengaruhi ketebalan, kekuatan, dan fluiditas membran, yang memungkinkan nutrisi diserap dengan lebih baik dan mencegah masuknya racun.

Untuk menggunakannya:

  • Siapkan dua buah tomat dan potong dengan ukuran kecil-kecil;
  • Haluskan dengan blender sampai menjadi bubur yang halus;
  • Oleskan pada bagian yang membutuhkan 3 atau 4 kali sehari, setidaknya selama 2 bulan.

4. Pijat dengan minyak zaitun

5 Cara Menghilangkan Varises secara Alami, yuk Dicoba!ilustrasi minyak zaitun (pexels.com/Pixabay)

Melancarkan sirkulasi darah sangat penting untuk mengatasi varises. Minyak zaitun memiliki sifat antiinflamasi, mengencangkan, dan menenangkan yang jika diserap oleh kulit, akan mampu memperkecil pembuluh darah yang membesar serta mengaktifkan aliran darah.

Minyak zaitun juga mengandung asam lemak esensial, vitamin E, dan mineral yang tinggi. Karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi, minyak zaitun dapat membantu meningkatkan aliran darah melalui vena dan mengembalikan fungsi katup searah.

Cara penggunaannya pun cukup mudah:

  • Siapkan mangkuk dan masukkan minyak zaitun secukupnya, lalu hangatkan untuk mengaktifkannya;
  • Pijat kulit dengan minyak hangat selama beberapa menit;
  • Ulangi dua kali sehari setidaknya selama 2 bulan.

5. Jaga kaki tetap terangkat

5 Cara Menghilangkan Varises secara Alami, yuk Dicoba!ilustrasi mengangkat kaki sambil bersantai (pexels.com/Artem Beliaikin)

Mengangkat kaki, idealnya setinggi jantung atau di atasnya akan membantu meningkatkan sirkulasi. Posisi tersebut bermanfaat dalam mengurangi tekanan di pembuluh darah kaki dan gravitasi akan membantu darah mengalir kembali ke jantung dengan lancar.

Kamu perlu menjaga agar kaki tetap terangkat saat akan duduk untuk waktu yang lama, misalnya selama bersantai.

Meskipun butuh waktu, tapi menghilangkan varises secara alami dimungkinkan. Sementara itu, individu dengan varises parah mungkin perlu perawatan medis untuk membantu memperbaiki penampilan secara efektif.

Baca Juga: Gak Disangka, Ini 5 Manfaat Mengangkat Kaki ke Dinding Sambil Tiduran!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya