Comscore Tracker

Bukan Rempah Biasa, Ini 5 Manfaat Teh Kapulaga bagi Kesehatan

Kapulaga hijau dan hitam sama-sama bermanfaat

Kapulaga adalah rempah dengan rasa pedas, asin, dan manis yang biasa digunakan untuk menguatkan aroma masakan. Selain sebagai bumbu, kapulaga juga biasa diolah sebagai teh oleh masyarakat di Asia dan Timur Tengah sebagai obat herbal.

Teh kapulaga dapat dibuat dari biji kapulaga hitam maupun hijau. Kapulaga hijau berasal dari tanaman yang dikenal dengan nama botani Elettaria cardamomum, yang menawarkan rasa kuat, pedas, dan sedikit manis. Sementara itu, kapulaga hitam berasal dari tumbuhan dengan nama botani Amomum cardamomum dan memiliki aroma yang menyegarkan dan sedikit mint.

Apa pun biji kapulaga yang digunakan, secara umum minum teh kapulaga menawarkan manfaat berikut ini bagi kesehatan.

1. Mengatasi masalah pencernaan

Bukan Rempah Biasa, Ini 5 Manfaat Teh Kapulaga bagi Kesehatanilustrasi sakit perut (pexels.com/cottonbro)

Minum secangkir teh kapulaga setelah makan bisa membuat kamu merasa lebih baik. Menyesapnya bisa membantu pencernaan lengkap dan asimilasi makanan yang tertelan. Ini mencegah gangguan pencernaan dan perut kembung setelah kamu makan berat dengan merangsang sekresi asam lambung.

Jika kamu merasa mual, teh kapulaga dapat membantu kamu memperbaiki keadaan dengan cepat. Menurut ulasan dalam Journal of Pharmaceutical Sciences and Research, teh kapulaga juga dapat mengobati sembelit dan kram perut akut yang menyertainya dengan cukup efektif.

2. Meningkatkan kesehatan jantung dan sirkulasi darah

Bukan Rempah Biasa, Ini 5 Manfaat Teh Kapulaga bagi Kesehatanilustrasi jantung sehat (pexels.com/Puwadon Sang-ngern)

Menurut studi pada jurnal Frontiers in Pharmacology, teh kapulaga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi radikal bebas penyebab hipertensi.

Flavonoid dalam teh ini mencegah akumulasi kolesterol di pembuluh darah tanpa mengubah kadar HDL atau kolesterol baik.

Komponen tertentu dalam teh kapulaga juga memodifikasi atau memblokir transportasi kalsium melintasi pembuluh darah, sehingga pembuluh darah tetap bersih dan lebar.

Pembuluh darah yang lebar ini memungkinkan darah bersirkulasi dengan lancar dan mengurangi tekanan pada jantung dan dinding pembuluh darah. Ini membantu menjaga kesehatan jantung dan melindungimu dari penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: 8 Tanda Kamu Kebanyakan Minum Teh, Kurangi ya!

3. Mengobati bau mulut dan masalah gigi

Bukan Rempah Biasa, Ini 5 Manfaat Teh Kapulaga bagi Kesehatanilustrasi bau mulut (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengonsumsi biji kapulaga, baik dalam bentuk teh atau langsung, dapat membantu melawan bau mulut. Bau mulut sendiri dapat disebabkan oleh buruknya kebersihan mulut, mengunyah atau merokok tembakau, mulut kering, diet ketat, dan masih banyak lagi.

Umumnya, sisa makanan di gigi dan gusi dipecah oleh bakteri tertentu untuk menghasilkan senyawa belerang, yang memberikan bau busuk pada napas. Akan tetapi, beberapa infeksi jamur atau bakteri di gusi dan kantong gigi juga menyebabkan bau mulut.

Studi dalam Dental Research Journal menunjukkan bahwa komponen antiseptik dan antimikroba dari biji kapulaga, seperti cineole dan pinene, membunuh bakteri tersebut dan menyembuhkan gusi berdarah dan terinfeksi.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bukan Rempah Biasa, Ini 5 Manfaat Teh Kapulaga bagi Kesehatanilustrasi hidung tersumbat (pexels.com/cottonbro)

Seperti teh herbal pada umumnya, minum teh kapulaga juga dapat membantu mengobati dan mencegah pilek dan flu. Itu lantaran teh kapulaga mengandung antioksidan dan vitamin yang melawan virus, jamur, dan bakteri.

Sebuah penelitian yang dilaporkan di Ethnobotanical Leaflet menemukan bahwa kapulaga dapat secara efektif mencegah virus, termasuk streptokokus, yang menyebabkan sakit tenggorokan. Para peneliti menemukan kapulaga efektif melawan infeksi staph dan infeksi jamur candida.

5. Menurunkan berat badan dan mencegah penyakit serius

Bukan Rempah Biasa, Ini 5 Manfaat Teh Kapulaga bagi Kesehatanilustrasi menimbang berat badan (pexels.com/Andreas Ayrton)

Teh kapulaga dapat membantu mempercepat penurunan berat badan dengan memperbaiki proses pencernaan tubuh. Kapulaga bekerja dengan mencegah penumpukan lemak sekaligus membantu hati memproses limbah lebih cepat.

Dalam sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan dalam Lipids in Health and Disease, para peneliti menemukan bahwa kapulaga meningkatkan intoleransi glukosa dan mencegah timbunan lemak perut. Kapulaga juga terbukti memiliki efek positif pada hati dengan memperbaiki fibrosis.

Mantap bukan manfaat teh kapulaga? Kamu bisa mengonsumsi teh kapulaga sesekali untuk merasakan manfaat tersebut. Selain dibuat teh sendiri, kamu juga bisa membuat teh kapulaga bersama dengan teh hijau atau teh lainnya untuk menambah cita rasa.

Baca Juga: Hangat dan Menenangkan, 5 Khasiat Teh Chamomile untuk Kesehatanmu

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya