Comscore Tracker

7 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan, Bisa Obati Batu Ginjal

Selain sumber karbohidrat tentunya

Meskipun dikenal sebagai sayuran dengan harga yang murah, namun ternyata kentang memiliki banyak nutrisi, vitamin, serat, mineral, dan phytochemical, yang mampu memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Penasaran apa saja manfaat dari kentang? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut!

1. Mengobati batu ginjal

7 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan, Bisa Obati Batu Ginjalmedicalnewstoday.com

Kandungan magnesium yang ada pada kentang, mampu menghambat pengendapan kalsium pada ginjal maupun organ lainnya, sehingga mampu mengobati batu ginjal. Jika mengalami batu ginjal, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, seperti daging, telur, ikan, bayam, pisang raja, dan makanan tinggi protein lainnya, karena dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah secara drastis.

2. Mengurangi risiko kanker

7 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan, Bisa Obati Batu Ginjalcancertodaymag.org

Kandungan folat pada kentang, berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA, sehingga mampu menghambat terbentuknya berbagai jenis sel kanker yang disebabkan oleh mutasi DNA. Sebuah penelitian di Agricultural Research, menunjukkan fakta bahwa kandungan quercetin pada kentang, bersifat anti kanker dan anti tumor. Tak hanya itu saja, sifat antioksidan yang dimiliki vitamin C dan quercetin pada kentang, mampu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Mengobati diare

7 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan, Bisa Obati Batu Ginjalcitypages.com

Kentang mengandung banyak energi, dan serat kasar, serta juga mudah dicerna, sehingga dapat mengobati diare. Meski begitu, jangan terlalu banyak mengonsumsinya saat diare, karena kentang juga mengandung pati, yang nantinya dapat memicu diare jika dikonsumsi secara berlebihan.

4. Mengontrol kadar gula darah

7 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan, Bisa Obati Batu Ginjaltheconversation.com

Kentang mengandung jenis pati khusus yaitu pati resisten. Pati resisten ini, dikenal mampu mengurangi resistensi insulin, yang nantinya dapat mengontrol kadar gula darah. Selain itu, studi yang dilakukan pada penderita diabetes tipe 2, menemukan fakta bahwa mengonsumsi kentang dapat membantu menurunkan kelebihan gula darah setelah makan.

Baca Juga: 10 Jenis Kentang Goreng Ini Harus Kamu Cicipi, Jangan Cuma yang Biasa

5. Mengatasi hipertensi

7 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan, Bisa Obati Batu Ginjalintermountainhealthcare.org

Selain dapat mengontrol kadar gula darah, kentang juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Serat pada kentang, mampu menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi insulin pada tubuh, sehingga mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan mineral seperti magnesium, kalsium, dan kalium pada kentang, mampu menurunkan tekanan darah secara alami.

6. Mencegah penyakit kudis

7 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan, Bisa Obati Batu Ginjalhellosehat.com

Kentang juga mampu mencegah penyakit kudis. Kandungan vitamin C pada kentang, mampu mencegah penyakit kudis, yang ditandai dengan gejala-gejala seperti gusi yang kenyal dan berdarah, sudut bibir yang pecah, serta infeksi virus yang sering terjadi pada tubuh penderitanya.

7. Mendukung kesehatan jantung

7 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan, Bisa Obati Batu Ginjaldailystormer.name

Kandungan vitamin C, B6, serat dan kalium pada kentang, mampu memberikan perlindungan terhadap kesehatan jantung. Selain itu, kentang juga rendah kolesterol sehingga mampu mengurangi resiko penyakit jantung.

Wah, ternyata selain rasanya lezat dan harganya yang murah meriah, kentang juga memiliki banyak manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Imbangi konsumsi kentang dengan makanan bernutrisi lainnya.

Baca Juga: 5 Kiat Agar Adonan Donat Kentang Tak Rentan Hancur Saat Digoreng

Eliza Ustman Photo Verified Writer Eliza Ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya