Comscore Tracker

Dianggap Masuk Angin, 5 Gejala Serangan Jantung yang Mengancam Nyawa

#ANGPOIN Segera dapatkan perawatan medis sebelum terlambat

Serangan jantung adalah kondisi yang terjadi ketika aliran darah yang kaya akan oksigen tiba-tiba terhambat ke otot jantung, sehingga jantung tidak mendapat pasokan oksigen. Kondisi ini bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani karena otot jantung akan mulai rusak dan mati.

Serangan jantung bisa disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Kondisi ini muncul akibat adanya penyumbatan pembuluh darah arteri koroner yang disebabkan penumpukan plak pada arteri.

Meskipun jarang terjadi, serangan jantung juga bisa disebabkan oleh penyempitan pada arteri koroner yang memotong aliran darah. Kondisi ini biasanya terjadi karena kebiasaan merokok atau obat-obatan terlarang seperti kokain.

Sering terlambat diketahui, 5 gejala serangan jantung berikut ini dapat mengancam nyawa jika tidak segera mendapatkan pertolongan medis.

1. Nyeri dada (angina)

Dianggap Masuk Angin, 5 Gejala Serangan Jantung yang Mengancam Nyawahealth.harvard.edu

Nyeri dada atau angina terjadi karena otot jantung tidak mendapatkan oksigen. Penderita akan merasa sakit yang hebat di dada dan dada terasa seperti diremas atau ditekan kuat oleh benda yang sangat besar dan berat.

2. Nyeri yang menjalar

Dianggap Masuk Angin, 5 Gejala Serangan Jantung yang Mengancam NyawaEveyo.com

Nyeri dada pada serangan jantung umumnya menjalar ke bahu, leher, rahang, lengan, atau punggung. Rasa nyeri akibat serangan jantung biasanya akan menghilang dalam beberapa menit. Namun pada kasus berat, nyeri tak kunjung berhenti hingga 30 menit dan bisa menyebabkan kematian mendadak.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bikin Jantungmu Lebih Tua dari Umurmu, Kok Bisa?

3. Keringat dingin disertai mual hingga muntah

Dianggap Masuk Angin, 5 Gejala Serangan Jantung yang Mengancam Nyawamedicalnewstoday.com

Ketika pembuluh darah menyempit, otot-otot jantung akan kekurangan oksigen sehingga menyebabkan kondisi yang disebut iskemia. Kondisi ini menyebabkan penderita mengeluarkan keringat yang berlebih (keringat dingin) dan merasa mual hingga muntah.

4. Sesak napas

Dianggap Masuk Angin, 5 Gejala Serangan Jantung yang Mengancam Nyawapennmedicine.org

Otot-otot jantung yang kekurangan oksigen menyebabkan fungsi jantung tidak maksimal sehingga mengakibatkan penderita mengalami sesak napas.

5. Badan lemas disertai pusing

Dianggap Masuk Angin, 5 Gejala Serangan Jantung yang Mengancam Nyawamedicalnewstoday.com

Gejala penyakit jantung selanjutnya adalah kelelahan dan lemas yang benar-benar parah dan disertai pusing. Kondisi tubuh yang lemas dan disertai pusing yang sangat hebat merupakan akibat dari fungsi organ jantung yang kurang maksimal.

Sering dianggap masuk angin, banyak penderita terlambat menyadari bahwa gejala yang dialami adalah serangan jantung, sehingga terlambat pula mendapatkan pertolongan medis yang akhirnya menyebabkan kematian. Hal itu juga menjadi salah satu penyebab penyakit jantung menjadi penyakit mematikan nomor satu di dunia.

Segera kenali gejala serangan jantung. Dan ketika kamu merasakan salah satu dari gejala di atas, segera cari pertolongan medis sebelum terlambat dan berakibat fatal.

Baca Juga: Berapa Lama Daya Hidup Pasien dengan Alat Pacu Jantung? Ini 8 Faktanya

Fuska Soewito Photo Verified Writer Fuska Soewito

Kapan tubuhmu belajar kerja keras kalau bukan sekarang?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya