Comscore Tracker

Hati-Hati! Ini 7 Tanda Jika Kamu Sedang Mengalami Depresi

Kenali sedini mungkin!

Adalah suatu hal yang normal saat seseorang merasakan up and down dalam hidup dengan berbagai permasalahannya. Namun satu hal yang penting adalah kemampuan untuk mengenali apa yang kamu rasakan itu.

Pada umumnya orang-orang akan mengatakan ''jangan menyerah,'' "keep strong" atau "move on" untuk merespon seseorang yang sedang down. Namun bagaimana jika sebenarnya solusinya tak sesimple itu?

Bagi mereka yang mengalami depresi, hal ini bukanlah hanya sebuah kesedihan yang sesaat, bahkan sangat berbahaya bagi kesehatan mereka. Namun tahukah kamu jika tanda-tanda seseorang mengalami depresi itu bisa kita deteksi dini lho.

Dikutip dari mindbodygreen, berikut adalah tanda-tandanya.

1. Kebiasaan waktu tidur yang tak sehat

Hati-Hati! Ini 7 Tanda Jika Kamu Sedang Mengalami Depresiimdb.com

Depresi merupakan gangguan suasana hati yang dapat mempengaruhi pola pikir, perasaan dan cara bersikap seseorang. Bahayanya, hal ini biasanya berlangsung dalam waktu yang gak sebentar. Sehingga mampu merusak mental sang penderita.

Salah satu tanda awalnya adalah perubahan waktu tidur yang menjadi tidak sehat. Di antaranya adalah kesulitan untuk tidur (insomnia) ataupun terus-terusan tidur sepanjang hari. Untuk menaggulanginya sedini mungkin, cobalah untuk konsultasi ke dokter jika kamu mengalami hal tersebut.

2. Sulit berkonsentrasi

Hati-Hati! Ini 7 Tanda Jika Kamu Sedang Mengalami Depresiimdb.com

Karena kesulitan untuk beristirahat dengan baik dan mengalami perubahan mood yang tidak stabil. Hal ini juga akan berdampak dengan otak. Mereka yang sedang mengalami depresi akan kesulitan untuk fokus dengan suatu hal, seperti arah jalan, membaca buku ataupun kesulitan untuk mengingat detail suatu hal.

3. Merasa putus asa

Hati-Hati! Ini 7 Tanda Jika Kamu Sedang Mengalami Depresiimdb.com

Meskipun perasaan putus asa adalah suatu hal yang normal bagi penderita depresi. Namun hal ini adalah sesuatu yang sangat sulit untuk dihadapi. Perasaan putus asa akan diikuti oleh perasaan-perasaan negatif lainnya seperti kekecewaan, kegagalan dan perasaan bahwa permasalahan yang tak ada ujungnya.

Jika kamu merasakan hal ini, cobalah untuk bercerita dengan orang yang kamu percayai. Jangan dipendam sendiri karena tanpa disadari hal tersebut akan sangat berbahaya untuk kesehatan mentalmu.

Baca Juga: Ketika Sedang Merasa Tertekan, 7 Cara Ini Ampuh Atasi Rasa Depresi

4. Kebiasaan makan yang berubah drastis

Hati-Hati! Ini 7 Tanda Jika Kamu Sedang Mengalami Depresiinstagram/@aqsaaswar

Seperti halnya kebiasaan tidur yang berubah. Mereka yang mengalami depresi pun akan memiliki gejala perubahan drastis dalam kebiasaan makannya. Mereka akan kehilangan selara makan, lebih parah lagi hingga menyebabkan kehilangan berat badan yang signifikan. Ataupun untuk sebagian orang lainnya, mereka malah ingin makan terus menerus tanpa melihat kandungan gizi di dalamnya.

5. Lebih sensitif

Hati-Hati! Ini 7 Tanda Jika Kamu Sedang Mengalami Depresiimdb.com

Perubahan mood identik dengan perasaan. Salah satu tanda mereka sedang mengalami depresi adalah mereka menjadi lebih sensitif. Selalu merasa jika semua orang dan setiap hal membicarakan tentang dirinya. Mereka berubah menjadi lebih emosional dan meledak-ledak.

6. Merasa tak berguna

Hati-Hati! Ini 7 Tanda Jika Kamu Sedang Mengalami Depresiimdb.com

Perasaan negatif lainnya yang diakibatkan depresi adalah merasa dirinya tak berguna dalam hidup ini. Selalu merasa bersalah dan mengkritik diri sendiri terus menerus. Lebih parah lagi, jika perasaan ini terus menerus disimpan akan beribat fatal. Tak sedikit mereka yang mengakhiri hidupnya karena tak tahan dengan perasaan ini.

7. Sulit untuk mengungkapkan rasa sakit yang kamu rasakan

Hati-Hati! Ini 7 Tanda Jika Kamu Sedang Mengalami Depresiimdb.com

Depresi tak hanya berakibat buruk terhadap kesehatan badanmu, tetapi juga mental. Ada perasaan yang sulit untuk dijelaskan di dalam diri mereka. Mereka seolah-olah tersesat di dalamnya.

Perasaan tersebut sangat menyiksa dirinya sendiri, namun begitu sulit untuk diungkapkan. Jika kamu mengalami hal ini, cobalah untuk menemui psikiater. Dan hal tersebut bukanlah hal yang memalukan. Justru akan sangat baik untuk memulihkan kesehatan mentalmu.

Tanpa disadari kita sering menyepelekan rasa depresi itu, entah dalam diri sendiri atapun dalam diri orang lain. Kenali tanda-tandanya dengan baik, sehingga kamu bisa mencegahnya semenjak awal.

Baca Juga: Tetap Bahagia Meski Depresi, Ini 12 Masalah yang Pasti Kamu Pahami!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya