Comscore Tracker

Preeet! Nggak PD karena Sering Kentut? Begini Cara Meredakannya

Nggak malu-maluin lagi, deh!

Kentut alias buang gas adalah hal yang normal, kalau tidak malah bisa bikin penyakit. Namun, tetap harus diantisipasi supaya nggak bikin malu.

Gas yang keluar lewat kentut sebetulnya berasal dari usus besar, yang merupakan akhir dari saluran pencernaan. Selain kentut, adanya gas di saluran pencernaan juga bisa sebabkan serdawa (atau awam mengenalnya sebagai sendawa).

Kandungan utama gas kentut terdiri dari karbon dioksida, oksigen, nitrogen, hidrogen atau metana yang kadang tak berbau. 

Walaupun kentut adalah hal yang wajar, tapi kalau frekuensinya terlalu sering tentunya bisa mengganggu dan berpotensi mempermalukan diri. Apalagi kalau sampai baunya busuk!

Kalau kamu termasuk orang yang sering kentut, jangan cemas, ada, kok, cara meredakannya. Baca terus, ya!

1. Makan dan minum secara perlahan

Preeet! Nggak PD karena Sering Kentut? Begini Cara Meredakannyapexels.com/Adrienn

Lho, apa hubungannya?

Melansir laman Medical News Today, minum dan makan terlalu terlalu cepat dapat menyebabkan kita menelan udara lebih banyak, sehingga akan menumpuk di pencernaan, lalu keluarlah rentetan gas.

Selain itu, makan dan minum sambil beraktivitas dengan mulut terbuka (misalnya sambil bicara), juga bisa berpengaruh, lho! Jadi, sebaiknya kalau sedang makan, ya, fokus makan saja.

Satu lagi, kamu juga disarankan untuk makan dalam porsi kecil secara teratur, ketimbang sekali makan langsung dalam porsi besar.

2. Batasi konsumsi makanan yang mengandung gas

Preeet! Nggak PD karena Sering Kentut? Begini Cara Meredakannyapexels.com/Marta Dzedyshko

Umumnya, makanan penghasil gas adalah karbohidrat tertentu seperti fruktosa, laktosa, serat tidak larut, serta pati yang nantinya akan difermentasi dalam usus besar, dan bisa berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan.

Namun, jangan serta-merta makanan itu dihindari, karena mayoritas di antaranya adalah makanan sehat. Misalnya bawang, pir, produk turunan susu, sayuran hijau, kentang, gandum, dan masih banyak lagi.

Kamu juga harus memastikan tidak punya kondisi intoleransi tertentu, misalnya terhadap gluten dan laktosa. Karena, selain menyebabkan kentut berlebihan, kondisi intoleransi ini bisa menyebabkan gejala gangguan pencernaan lainnya seperti diare, mual, dan kram.

Baca Juga: 5 Jenis Kentut Ini Menunjukkan Kondisi Tubuhmu, Kenali Yuk!

3. Kurangi soda dan minuman berkarbonasi lainnya

Preeet! Nggak PD karena Sering Kentut? Begini Cara Meredakannyaunsplash.com/The Creative Exchange

Dilansir Healthline, karena mengandung gelembung udara, soda atau jenis minuman berkarbonasi lainnya akan bikin kamu serdawa. Tak hanya itu, udara tersebut juga bisa masuk ke pencernaan dan dikeluarkan lewat kentut.

Sebagai alternatif, lebih baik pilih minuman lainnya yang menyehatkan, seperti teh atau air putih.

4. Kurangi kebiasaan menelan udara

Preeet! Nggak PD karena Sering Kentut? Begini Cara Meredakannyapexels.com/Andrea Piacquadio

Memangnya kebiasaan menelan udara itu seperti apa? Mengutip laman Everyday Health, contohnya adalah merokok, mengunyah permen karet, dan minum dengan sedotan.

Sebagai contoh, semakin sering kamu merokok, baik rokok konvensional maupun rokok elektrik, semakin banyak pula udara yang tertelan. Lebih baik berhenti saja, toh, tak ada keuntungannya sedikit pun baik kesehatan. Malah, rokok bisa membunuhmu pelan-pelan...

5. Olahraga teratur

Preeet! Nggak PD karena Sering Kentut? Begini Cara Meredakannyapexels.com/Mentatdgt

Frekuensi kentut juga bisa diredakan dengan olahraga teratur. Ternyata, aktivitas fisik ini dapat menjaga sistem pencernaan.

Olahraga bisa dilakukan beberapa saat setelah makan besar, tapi tak perlu sampai melakukan olahraga berat. Misalnya saja jalan santai. Dengan begitu, makananmu jadi lebih mudah dicerna tubuh.

6. Coba ramuan herbal

Preeet! Nggak PD karena Sering Kentut? Begini Cara Meredakannyapixabay.com/Natalia Koroshchenko

Kemampuan ramuan herbal sudah tidak perlu diragukan, salah satunya untuk mengatasi buang gas berlebih. Ini pun sudah terbukti lewat penelitian.

Pada penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "European Review for Medical and Pharmacologica" tahun 2015 silam, jahe dapat melancarkan pencernaan dengan cara mempercepat pergerakan gas ke usus kecil, sekaligus meredakan kembung penyebab kentut.

Selain jahe, kamu juga bisa mencoba bahan lainnya seperti minyak peppermint dan chamomile. Selain dapat meredakan buang gas yang terlalu sering, minyak peppermint disebut-sebut dapat mengurangi risiko sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome atau IBS).

Nah, tak perlu lagi ngumpet di pojokan atau kabur, deh, kalau kamu sering kentut. Kamu bisa mencoba cara-cara alami di atas untuk mencegah dan meredakannya.

Sering kentut umumnya bukan hal yang perlu dikhawatirkan. Namun, kalau frekuensi kentut sudah dirasa berlebihan dan ini sering terjadi, sebaiknya cek ke dokter untuk mengontrol kelebihan gas. Apalagi jika ada gejala penyerta yang tak biasa, seperti konstipasi, diare, ada darah di feses, mual, dan muntah.

Baca Juga: Jangan Ditahan, Ini 5 Penyakit yang Bisa Didapat Saat Menahan Kentut

Garnis Sukma Photo Verified Writer Garnis Sukma

Semoga artikelnya bermanfaat ya, kurang lebihnya mohon maaf^^. Btw, jangan lupa mampir @_inigarnis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya