Comscore Tracker

10 Fakta Vitiligo, Kelainan Kulit yang Dialami Model Winnie Harlow

Kelainan kulit yang juga dialami Michael Jackson

Dibandingkan dengan albino, penyakit vitiligo mungkin kurang begitu akrab di telinga masyarakat awam. Vitiligo merupakan suatu kondisi kelainan kulit, yang mengakibatkan memudarnya warna kulit karena berhentinya produksi melanin oleh sel pigmen tubuh. Kulit pun dipenuhi dengan bercak - bercak putih dan membuatnya terlihat belang. Keadaan kulit ini terlihat sangat kentara saat dialami oleh orang dengan kulit gelap.

Winnie Harlow, model cantik jebolan ajang America's Next Top Model, merupakan seorang pengidap vitiligo yang mungkin menjadi salah satu alasan kenapa vitiligo semakin dikenal luas oleh publik. Kecantikannya yang istimewa membuat orang semakin merasa ingin tahu, dengan kelainan kulit yang dialaminya. Agar kamu pun gak penasaran, berikut 10 fakta seputar vitiligo, kelainan kulit yang dialami oleh Winnie Harlow. 

1. Vitiligo hanya mempengaruhi warna kulit dan tidak berefek pada tekstur maupun kondisi kulit

10 Fakta Vitiligo, Kelainan Kulit yang Dialami Model Winnie Harlownhs.uk

Dilansir dari NDTV, vitiligo disinyalir terjadi karena sistem imun menyerang bagian tubuh yang salah. Hal ini menyebabkan munculnya bercak putih pada beberapa bagian kulit dan merubah warna kulit aslinya. Tak ada perubahan pada tekstur maupun kondisi kulit, perubahan hanya terjadi pada warna kulitnya saja.

2. Sampai saat ini, tidak ada pengobatan untuk menyembuhkan vitiligo

10 Fakta Vitiligo, Kelainan Kulit yang Dialami Model Winnie Harlowsbs.com.au

Sampai saat ini, tidak ada obat yang bisa menyembuhkan vitiligo secara total. Yang bisa dilakukan hanyalah memperlambat efek dari penyakit tersebut, maupun mengembalikan warna kulit kembali seperti semula, dengan teknologi di bidang medis seperti laser maupun cangkok kulit. Orang yang menderita kelainan ini biasanya akan mengalaminya dalam waktu jangka panjang.

3. Satu persen dari total populasi manusia di dunia mengidap vitiligo

10 Fakta Vitiligo, Kelainan Kulit yang Dialami Model Winnie Harlowface2faceafrica.com

Satu persen dari total populasi masyarakat dunia atau sekitar 50 juta orang terpapar vitiligo. Mendiang penyanyi legendaris dunia, Michael Jackson, pun diduga mengidap kelainan kulit ini, sehingga mengakibatkan warna kulitnya berubah drastis.

4. Vitiligo tidak menyebabkan rasa sakit

10 Fakta Vitiligo, Kelainan Kulit yang Dialami Model Winnie Harlowusdermatologypartners.com

Kelainan kulit ini sama sekali tidak membuat penderitanya merasakan sakit secara fisik. Trauma dan stres tentu saja ada karena terjadinya perubahan pada warna kulit secara tiba-tiba.

5. Vitiligo bukanlah penyakit menular

10 Fakta Vitiligo, Kelainan Kulit yang Dialami Model Winnie Harlowmakeup.saloni.pk

Walaupun terjadi pada area kulit, jangan merasa takut untuk melakukan kontak dengan orang sekitarmu yang mengalami vitiligo. Vitiligo tidak menular, baik melalui sentuhan lansung ataupun memakai barang milik mereka.

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Timbulnya Varises, Penyakit yang Merusak Penampilan

6. Setiap orang memiliki kemungkinan untuk terkena vitiligo

10 Fakta Vitiligo, Kelainan Kulit yang Dialami Model Winnie Harlowstylecaster.com

Vitiligo merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa pun, darimana pun asalnya atau apa pun jenis rasnya. Bahkan, walaupun keluarga tidak memiliki riwayat penyakit vitiligo sekalipun. Sampai saat ini, belum ditemukan hal pasti yang menyebabkan kenapa seseorang bisa terkena vitiligo.

7. Bagian wajah, ketiak serta tangan merupakan beberapa bagian yang sering terdampak bercak putih vitiligo

10 Fakta Vitiligo, Kelainan Kulit yang Dialami Model Winnie Harlowcouriermail.com.au

Dilansir dari Vitiligo Support, terdapat beberapa bagian pada tubuh yang sangat sering terpapar bercak putih, saat seseorang mengalami vitiligo. Bagian-bagian itu seperti wajah, ketiak, tangan, pergelangan lengan, jari, siku, lutu serta pada bagian kelamin.

8. Bagian kulit yang berubah warna karena vitiligo rentan terbakar matahari

10 Fakta Vitiligo, Kelainan Kulit yang Dialami Model Winnie Harlowcpr.org

Seperti yang kita tahu, melanin pada kulit berguna untuk melindungi kulit dari paparan lansung sinar matahari. Nah, seseorang yang mengalami vitiligo akan sering mengalami sunburn karena bagian kulitnya tak lagi memproduksi melanin tersebut. Pemakaian sunscreen bisa menjadi alternatif untuk menghindari kondisi tersebut. 

9. Tidak semua bercak putih merupakan tanda terjangkit vitiligo

10 Fakta Vitiligo, Kelainan Kulit yang Dialami Model Winnie Harlowtwitter.com/umassvitiligo

Vitiligo memang ditandai dengan munculnya bercak putih pada kulit, namun tidak semua gejala ini mengarah pada penyakit vitiligo. Jika kamu merasa ada perubahan warna pada kulitmu, sebaiknya kamu melakukan konsultasi pada dokter kulit agar mendapat kepastian atas kondisi kulitmu tersebut.

10. Tanggal 25 Juni merupakan Hari Vitiligo Sedunia

10 Fakta Vitiligo, Kelainan Kulit yang Dialami Model Winnie Harlowlwlies.com

Sejak tahun 2011, tanggal 25 Juni dijadikan sebagai peringatan Hari Vitiligo Sedunia. 25 Juni dipilih karena tanggal tersebut merupakan tanggal berpulangnya Michael Jackson, penyanyi ternama dunia yang juga mengidap vitiligo. Dengan adanya hari peringatan ini, diharapkan orang di seluruh dunia semakin sadar akan keberadaan kelainan kulit yang satu ini dan bukan malah menganggapnya sebagai suatu kutukan, sehingga berakhir menjauhi para penderitanya. 

Semoga saja dengan semakin banyaknya informasi mengenai vitiligo, makin banyak orang sadar untuk tidak mengucilkan atau malah melakukan bully pada penderitanya, ya.

Baca Juga: 13 Wanita Vitiligo Ini Buktikan Cantik Itu Tak Harus Sempurna

Gusti Hafsari Photo Verified Writer Gusti Hafsari

Thriller is not my cup of tea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya