Comscore Tracker

5 Jenis Makanan yang Mengandung Lemak Trans, Batasi Konsumsinya! 

Siapa yang suka jajan sembarangan?! 

Trans fat atau lemak trans merupakan jenis lemak yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans secara berlebih, maka seseorang akan lebih berisiko mengalami masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, hingga stroke.

Hal ini dapat terjadi karena lemak trans bisa meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat, serta menurunkan HDL atau kolesterol baik. Maka tak heran jika anjuran untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak trans sering diserukan.

Dilansir WHO, kandungan lemak trans yang masuk ke tubuh sebaiknya tak lebih dari 1 persen kalori harian yang kita konsumsi. Lalu, makanan apa saja yang mengandung lemak trans dan sebaiknya kita dibatasi? Berikut daftarnya.

1. Makanan cepat sajii 

5 Jenis Makanan yang Mengandung Lemak Trans, Batasi Konsumsinya! lustrasi makanan cepat saji (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Fast food atau makanan cepat saji merupakan salah satu sumber lemak trans yang digemari banyak orang karena mudah didapat dan memiliki rasa yang enak. Padahal, kandungan lemak trans dalam kebanyakan makanan cepat saji itu tergolong tinggi, lho!

Contohnya saja piza. Kebanyakan adonan piza dibuat dengan menggunakan bahan lemak atau minyak yang terhidrogenisasi sehingga jika dikonsumsi berlebih malah akan berbahaya bagi tubuh.

2. Goreng-gorengan 

5 Jenis Makanan yang Mengandung Lemak Trans, Batasi Konsumsinya! ilustrasi makanan yagn digoreng (freepik.com/jcomp)

Serupa dengan makanan cepat saji, gorengan yang sering kita jumpai di pinggir jalam ataupun di restoran juga mengandung minyak trans yang tinggi. Ini karena biasanya, penggunaan minyak nabati dalam pembuatannya akan menyerap ke dalam makanan dan ikut kita konsumsi.

Terlebih lagi, penggunaan suhu tinggi saat menggoreng juga dapat membuat kandungan lemak jahat dalam makanan jadi lebih tinggi.

Baca Juga: Batasi Konsumsi Lemak Trans Kalau Tidak Mau Terkena 6 Akibat Ngeri Ini

3. Camilan seperti keripik dan popcorn 

5 Jenis Makanan yang Mengandung Lemak Trans, Batasi Konsumsinya! ilustrasi makan popcorn (pexels.com/cottonbro)

Meskipun keripik kentang, keripik jagung, popcorn, dan sejenisnya sangat cocok dijadikan camilan untuk menemani hari, namun sebaiknya mulailah batasi konsumsinya. Sebab biasanya, keripik dan popcorn microwave  mengandung tambahan lemak trans untuk menambah kelezatan rasa, serta membuatnya jadi lebih awet.

4. Kue-kuean yang dipanggang 

5 Jenis Makanan yang Mengandung Lemak Trans, Batasi Konsumsinya! ilustrasi makan kue (freepik.com/wayhomestudio)

Kue, kukis, pie, maupun pastry lainnya biasa dibuat menggunakan campuran lemak nabati yang dipadatkan. Proses pembuatan dengan cara dipanggang juga dapat meningkatkan kandungan lemak trans pada makanan tersebut, lho.

5. Mentega putih 

5 Jenis Makanan yang Mengandung Lemak Trans, Batasi Konsumsinya! ilustrasi mentega putih (www.bobsredmill.com)

Vegetable shortening atau yang biasa dikenal sebagai mentega putih terbuat dari lemak nabati yang di hidrogenasi dan hampir tidak memiliki kandungan air. Mentega ini biasa digunakan sebagai bahan masak dan membuat kue.

Meski tergolong murah jika dibandingkan dengan butter, proses hidrogenasinya membuat vegetable shortening memiliki kandungan lemak trans yang tinggi. Sehingga, sebaiknya penggunaan mentega jenis ini dikurangi entah itu untuk konsumsi pribadi maupun berjualan.

Namun, ini tak berarti kalau mentega jenis lain dan minyak nabati tidak memiliki kandungan lemak jahat ya, sebab rata-rata proses pembuatannya melalui proses serupa.

Sebaiknya kita lebih selektif dalam memilih makanan, serta produk saat berbelanja. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan bahan-bahan yang terkandung pada kemasan agar bisa memperkirakan kandungan apa saja yang masuk ke dalam tubuh kita dan juga keluarga.

Dan yang tak kalah penting, jangan mengonsumsi sesuatu secara berlebihan sebab dampaknya tak hanya bisa dirasakan saat ini, tapi juga di masa depan. Stay healthy!

Baca Juga: 10 Olahraga yang Bikin Cepat Langsing, Lemak-lemak Langsung Hilang

Halifa Ghaisani Photo Verified Writer Halifa Ghaisani

Human being

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya