Comscore Tracker

Catat! 5 Makanan Terbaik untuk Menjaga Gigi Tetap Sehat

Menjaga kesehatan gigi itu perlu

Kebanyakan orang meremehkan menjaga kesehatan gigi mereka hingga pada akhirnya menyesal karena rasa sakit yang ditimbulkan oleh gigi yang tidak sehat benar-benar terasa menyakitkan. 

Sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi karena gigi merupakan salah satu komponen tubuh yang penting untuk masalah pencernaan. Menjaga kesehatan gigi juga sangat penting untuk penampilan, selain penampilan kita terlihat menarik dengan gigi putih, gigi yang sehat pun membuat nafas kita tetap segar.

Seperti dikutip dari situs resmi Colgate, Ini dia lima makanan yamg bisa dikonsumsi untuk menjaga gigi tetap sehat. Yuk, cek satu per satu!

1. Wortel

Catat! 5 Makanan Terbaik untuk Menjaga Gigi Tetap Sehatsayuran wortel (Pexels.com/mali)

Wortel baik untuk gigimu karena wortel kaya akan serat, vitamin C dan vitamin A. Karena kandungan-kandungan tersebut wortel terbukti mampu menjaga gigimu tetap sehat.

Dikutip dari Portman Dental Care,  mengunyah wortel mentah terbukti mampu mencegah rongga pada gigi karena wortel dinilai sebagai sikat gigi alami ketika dikonsumsi. Seolah memijat gusi ketika dikunyah, wortel juga mampu menjaga kehalusan gigi. Wortel adalah pilihan terbaik untuk camilan di antara waktu makan.

2. Seledri

Catat! 5 Makanan Terbaik untuk Menjaga Gigi Tetap Sehatilustrasi pria membawa seledri (Pexels.com/shvetsa)

Sama halnya dengan wortel, seledri merupakan makanan yang kaya akan serat, vitamin A dan vitamin C. Ketika dikunyah seledri memberikan latihan yang bagus untuk menjaga gigi tetap kuat.

Seledri mampu membantu membersihkam gigi karena teksturnya mampu mengikis sisa makanan. Ketika mengunyah seledri kita akan menghasilkan banyak air liur untukuntuk menetralisir bakteri dari gigi.

3. Apel

Catat! 5 Makanan Terbaik untuk Menjaga Gigi Tetap Sehatbuah apel (Pexels.com/polina-tankilevitch)

Jika kalian menyukai makanan manis sebagai makanan penutup lebih baik memakan apel daripada makanan lain yang kurang sehat untuk gigi. Gula alami dari apel mampu menetralkan asam berbahaya di mulut.

Apel memberikan hidrasi dan serat untuk gigi, apel juga membuat produksi air liur yang bagus untuk kesehatan gusi dan gigi.

Baca Juga: Apel Gajah, Buah Eksotis yang Jadi Hidangan Lezat dan Kaya Manfaat

4. Almond

Catat! 5 Makanan Terbaik untuk Menjaga Gigi Tetap Sehatkacang almond (Pexels.com/karolina-grabowska)

Untuk kalian yang sangat suka makan camilan, lebih baik kalian menggantinya dengan almond daripada snack lainnya yang berbahaya untuk gigi. Seperti diterangakan oleh situs resmi dr. Mark Pitel, kacang-kacangan yang terbaik untuk gigi adalah almond.

Selain karena almond kaya akan kalsium yang bagus untuk tulang dan gigi, almond juga makanan rendah gula sehingga tidak akan menumpuk banyak plak di gigi. Kalsium dan protein dari almond mampu melindungi gigi dan bahkan menumbuhkan gigi berlubang.

5. Teh

Catat! 5 Makanan Terbaik untuk Menjaga Gigi Tetap Sehat3 cangkir teh hijau (Pexels.com/pixabay)

Baik teh hitam maupun teh hijau baik di konsumsi untum gigi bila disajikan tanpa pemanis. Karena teh memiliki fungsi untuk melawan plak pada gigi.

Rongga gigi dan mulut dapat lebih sehat jika rutin mengkonsumsi teh. Kandungan antioksidan di dalam teh mampu membuat rongga mulut tetap sehat dan menurunkan jumlah bakteri di rongga mulut sehingga gigi kita tetap sehat.

Ingat, sangat penting untuk menjaga gigi kalian tetap sehat. Jadi, jangan pernah ketinggalan untuk mengomsumsi makanan-makanan yang telah disebutkan, ya, Guys!

Idrus Fahmi Photo Writer Idrus Fahmi

Saya adalah Spider-Man. Ini rahasia, jangan beritahu siapapun!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya