Comscore Tracker

Ayo Rajin Lari Pagi, Ini Lho 8 Manfaatnya Buatmu!

Kapan nih mau rutin lari pagi?

Gak hanya murah, tapi juga mudah dilakukan. Kamu hanya butuh sepasang sepatu lari untuk melakukan olahraga ini. Kemudian, kamu tinggal menggerakkan kakimu dengan intensitas yang lebih cepat.

Meski tergolong olahraga murah, lari pagi mempunyai segudang manfaat untuk kesehatanmu, lho. Bila kamu masih merasa malas lari pagi, mungkin kamu perlu menyimak 8 manfaat berikut. Semoga bisa membuatmu lebih bersemangat berolahraga lari, ya.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Ayo Rajin Lari Pagi, Ini Lho 8 Manfaatnya Buatmu!unsplash.com/Matthew LeJune

Saat kamu lari, kamu bisa merasakan jantungmu berdetak lebih kencang dari biasanya, kan? Nah, itulah yang bikin lari sangat baik untuk kesehatan jantungmu.  Olahraga lagi akan membantu memompa darah lebih cepat.

Selain itu, lari juga membantu menguatkan otot-otot jantung serta bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, kadar glukosa darah, dan kolesterol.

2. Menyehatkan paru-paru

Ayo Rajin Lari Pagi, Ini Lho 8 Manfaatnya Buatmu!pexels.com/Nathan Cowley

Gak cuma jantung, paru-paru kamu juga akan lebih sehat ketika kamu rutin lari pagi. Kadar oksigen yang masuk ke dalam paru-paru lebih banyak sehingga mampu menyegarkan paru-parumu dan membuat napasmu lebih panjang.

Apalagi saat pagi hari, udara masih cukup bersih dengan kandungan oksigen yang lebih tinggi. Sekujur tubuhmu dijamin bakal merasakan kesegarannya juga.

Baca Juga: Biar Gak Sia-sia, Ini 6 Cara Memilih Olahraga yang Cocok untukmu

3. Menurunkan berat badan

Ayo Rajin Lari Pagi, Ini Lho 8 Manfaatnya Buatmu!pixabay.com/Nilachal Padmashanti

Salah satu penyebab gagalnya program diet banyak orang adalah karena mereka gak mengimbangi diet tersebut dengan olahraga teratur. Padahal olahraga menjadi cara paling ampuh untuk membakar kalori di dalam tubuhmu.

Nah, jika kamu punya masalah kelebihan berat badan dan ingin menurunkannya dengan cara alami, coba deh rutin lari pagi setiap seminggu atau tiga hari sekali. Setiap 1 mil kamu berlari sudah bisa membakar 100 kalori di tubuhmu, lho. Kamu tinggal menambah intensitas berlari untuk membakar kalori lebih banyak.

4. Menghilangkan stres

Ayo Rajin Lari Pagi, Ini Lho 8 Manfaatnya Buatmu!unsplash/huckster

Sudah tahu kalau tubuh akan melepaskan hormon endorfin saat kamu lari? Hormon endorfin merupakan hormon yang bertugas merangsang rasa bahagia pada diri seseorang. Bila kamu merasa penat dan stres setelah berhari-hari bekerja hingga larut malam, coba deh hilangkan dengan berlari pagi di akhir pekan.

Udara segar di pagi hari yang kaya dengan oksigen dan lepasnya hormon endorfin ketika kamu berlari menjadi obat alami untuk mengubah stres kamu menjadi mood yang lebih baik.

5. Mengobati penyakit insomnia

Ayo Rajin Lari Pagi, Ini Lho 8 Manfaatnya Buatmu!hindustantimes.com

Selain mampu menghilangkan stres, hormon endorfin yang didapat ketika lari juga bisa menyembuhkan kamu yang menderita insomnia alias susah tidur. Beberapa pemicu insomsia adalah gangguan emosional seperti depresi, gelisah, stres, tertekan, maupun rasa cemas.

Dengan produksi endorfin yang meningkat setelah lari, gangguan emosional yang kamu rasakan berangsur-angsur akan berkurang dan menurun. Eits, tapi harus rutin kamu lakukan, ya. Bukan hanya lari sekali dua kali saja.

6. Meningkatkan konsentrasi

Ayo Rajin Lari Pagi, Ini Lho 8 Manfaatnya Buatmu!pixabay.com/Karolina Grabowska

Turunnya daya konsentrasi seseorang bisa disebabkan oleh kurangnya olahraga. Dengan membiasakan lari pagi, metabolisme dalam tubuhmu akan bekerja lebih baik dan aliran oksigen ke otak pun lebih lancar. Hasilnya, konsentrasi dan daya ingatmu akan meningkat dan lebih terjaga.

7. Mencegah berbagai macam penyakit

Ayo Rajin Lari Pagi, Ini Lho 8 Manfaatnya Buatmu!verywellfit.com

Rutin lari pagi setiap tiga hari atau seminggu sekali selama 20-30 menit berkhasiat menjaga stamina dan meningkatkan metabolisme tubuhmu. Hal inilah yang membuat badan kamu lebih kebal dengan serangan berbagai jenis penyakit.

8. Menguatkan tulang

Ayo Rajin Lari Pagi, Ini Lho 8 Manfaatnya Buatmu!unsplash.com/Bruno Nascimento

Ketika lari pagi, otomatis tulang-tulang kaki akan terlatih untuk menjadi lebih kuat. Lari dapat merangsang regenerasi sel-sel tulang yang bisa memadatkan tulang-tulang di tubuh, terutama tulang kaki. Selain itu, sinar matahari pagi juga kaya akan vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

Dengan sederet manfaat lari pagi di atas, masihkah kamu malas untuk mulai rutin melakukannya? Biar makin semangat, kamu bisa ajak pasangan atau teman untuk berlari bersama. Yuk, jangan ditunda lagi!

Baca Juga: Suka Jogging? Hindari 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Lari Ini

Intan Deviana Safitri Photo Verified Writer Intan Deviana Safitri

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You