Comscore Tracker

7 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Justru Bermanfaat bagi Kesehatanmu lho!

Gak semua yang buruk itu hasilnya buruk juga

Kebiasaan buruk yang dilakukan secara terus menerus sudah pasti akan membawa dampak yang buruk pula bagi kesehatan seseorang. Namun, bagaimana jika nyatanya terdapat beberapa kebiasaan buruk yang justru bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja itu? Simak informasi jelasnya berikut ini.

1. Membuang waktu dengan melakukan sesuatu yang membuat kamu tertawa

7 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Justru Bermanfaat bagi Kesehatanmu lho!youthpractices.org

Berdasarkan hasil riset University of Maryland School of Medicine, ketika seseorang sedang rileks dan menonton film lucu, pembuluh darah mereka akan melebar hingga lebih dari 50 persen. Selain itu, tertawa juga akan memicu munculnya senyawa kimia sehat yang membantu meringankan rasa sakit dan membuat kamu merasa lebih baik.

2. Menghabiskan waktu dengan berselancar di dunia maya

7 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Justru Bermanfaat bagi Kesehatanmu lho!ibtimes.co.uk

Dilansir BBC News, berselancar di dunia maya ternyata dapat membantu meningkatkan area tertentu di dalam otak yang berfungsi untuk mengembangkan keterampilan penalaran. Hal ini karena menggunakan internet dapat mengaktifkan bagian otak yang terlibat dalam pengambilan keputusan dan penalaran yang kompleks.

3. Marah

7 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Justru Bermanfaat bagi Kesehatanmu lho!smartparents.sg

Meski marah sangat erat kaitannya dengan risiko depresi, namun luapan emosi yang terjadi tidak sepenuhnya berdampak buruk bagi kesehatan lho. Sebab, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kemarahan dapat mengurangi dampak negatif dari stres yang akan meningkatkan denyut jantung dan pelepasan hormon. Untuk itu, sesekali marah bukanlah sebuah masalah karena hal tersebut merupakan sebuah cara yang dilakukan oleh tubuh untuk melepaskan stres dengan cara yang sehat.

Baca Juga: Ini 7 Hal Mengejutkan yang Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan Kulitmu

4. Tidak mengonsumsi vitamin

7 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Justru Bermanfaat bagi Kesehatanmu lho!heart.org

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang rajin mengonsumsi vitamin justru memiliki kebiasaan yang tidak sehat. Hal ini karena mengonsumsi asupan multivitamin secara teratur tidak akan membuat kamu terhindar dari penyakit. Oleh karena itu, sebaiknya fokuskan diri kamu untuk mendapatkan vitamin alami melalui asupan makanan yang sehat. 

5. Melakukan gerakan yang berulang-ulang

7 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Justru Bermanfaat bagi Kesehatanmu lho!nytimes.com

Dalam keadaan tertentu, biasanya tanpa sadar tubuh kita akan melakukan gerakan-gerakan yang berulang seperti menggerakkan kaki, dan memainkan benda yang ada di sekitar, baik memainkan ujung pulpen, kertas, dan sebagainya. Namun, berdasarkan sebuah studi, orang yang melakukan gerakan berulang tersebut, alias fidgeting, justru dapat lebih mudah mempertahankan berat badan, kesehatan jantung, dan paru-paru. Selain itu, fidgeting juga dapat mencegah dampak buruk dari duduk terlalu lama.

6. Berada di lingkungan yang berantakan

7 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Justru Bermanfaat bagi Kesehatanmu lho!telegraph.co.uk

Studi yang diterbitkan dalam majalah Psychological Science mengatakan jika orang yang berada di lingkungan tidak tidak rapi atau berantakan akan cenderung menghasilkan pemikiran kreatif atau out of the box. Selain itu, tempat yang berantakan juga dapat memberikan rasa nyaman dan efek baik dalam kesehatan mental bagi orang yang nyaman dengan keadaan tersebut. Jadi, tidak ada salahnya ruangan yang berantakan untuk ditinggali asalkan tidak kotor ataupun bau.

7. Mengunyah permen karet

7 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Justru Bermanfaat bagi Kesehatanmu lho!emergencydentistsusa.com

Mengunyah permen karet sering kali menciptakan kekhawatiran tersendiri karena dianggap dapat menyebabkan gigi menjadi rusak. Namun, berdasarkan studi yang dipublikasi dalam American Dental Association menyebutkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi saliva pada mult.

Sehingga, produksi saliva tersebut akan membantu menetralkan serta menghilangkan asam yang dapat menyebabkan plak gigi. Selain itu, produksi saliva yang meningkat juga akan membawa kalsium dan fosfat yang dapat membantu memperkuat enamel gigi.

Itu dia beberapa kebiasaan buruk yang kerap dilakukan namun ternyata justru berdampak baik bagi kesehatan. Meski demikian, yang namanya kebiasaan buruk harus tetap kamu hindari ya!

Baca Juga: 7 Tip Sederhana Jaga Kesehatan Mental agar Tidak Mudah Terkena Stres

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You