Comscore Tracker

Bahaya, 7 Penyebab Telinga Berdenging Ini Sering Disepelekan Orang

Kamu pasti pernah alami telinga berdenging tiba-tiba, kan?

Telinga berdenging merupakan salah satu kondisi medis yang biasa disebut tinnitus, yakni munculnya suara-suara abnormal yang terdengar dari dalam telinga. Biasanya, denging yang terjadi dapat segera menghilang dengan sendirinya dalam beberapa saat.

Akan tetapi, tahukah kamu apa saja yang sebenarnya menjadi penyebab telinga berdenging? Ada penyebab yang serius lho! Berikut info lengkapnya.

1. Infeksi telinga

Bahaya, 7 Penyebab Telinga Berdenging Ini Sering Disepelekan Orangrd.com

Salah satu penyebab telinga berdenging ialah adanya infeksi telinga bagian tengah. Sebab, ketika infeksi mulai sembuh maka keluhan kuping berdenging pun akan menghilang.

2. Penyumbatan kotoran telinga

Bahaya, 7 Penyebab Telinga Berdenging Ini Sering Disepelekan Orangaccuratehearingsystems.com

Sumbatan kotoran telinga ternyata dapat menyebabkan iritasi pada gendang telinga. Sehingga, sangat memungkinkan terjadinya bunyi berdenging di telinga. Oleh karena itu, sebaiknya rutin bersihkan telinga untuk menjaga kesehatannya.

3. Paparan suara bising

Bahaya, 7 Penyebab Telinga Berdenging Ini Sering Disepelekan Orangblog.loopearplugs.com

Paparan bising atau suara kencang secara terus menerus dapat mengakibatkan kerusakan pada organ telinga dalam. Meski hanya terjadi sekali, suara yang sangat keras juga dapat menyebabkan telinga berdenging. Selain itu, sebagian besar kasus telinga berdenging berkaitan erat dengan gangguan pendengaran akibat bising.

Baca Juga: 7 Cara Tersehat Pakai Earphone Biar Gak Sakit Telinga dan Berdengung

4. Faktor usia

Bahaya, 7 Penyebab Telinga Berdenging Ini Sering Disepelekan Orangofads.life

Seiring bertambahnya usia, maka kepekaan saraf pendengaran juga akan semakin berkurang. Kondisi ini dikenal dengan nama presbikusis. Biasanya, berkurangnya pendengaran seseorang akan terjadi saat menginjak usia 60 tahun.

5. Adanya aterosklerosis

Bahaya, 7 Penyebab Telinga Berdenging Ini Sering Disepelekan Orangdeherba.com

Aterosklerosis adalah penyempitan pembuluh darah telinga akibat penumpukan kolesterol. Seiring penuaan yang terjadi serta meningkatnya kolesterol dalam tubuh, pembuluh darah utama yang terletak di dekat bagian tengah dan dalam akan kehilangan elastisitasnya. Sehingga aliran darah menjadi lebih kuat dan dengan mudah terdengar oleh telinga.

6. Adanya tumor

Bahaya, 7 Penyebab Telinga Berdenging Ini Sering Disepelekan Orangmedicalnewstoday.com

Ternyata, telinga berdenging juga dapat menjadi pertanda bahwa ada tumor yang mulai tumbuh di sekitar kepala atau leher. Biasanya, tumor neuroma akustik atau tumor yang terjadi pada saraf kranial yang menyebabkannya. Tumor ini berjalan dari otak ke telinga bagian dalam, yang sering menyerang orang dengan gejala telinga berdenging.

7. Adanya penyakit meniere

Bahaya, 7 Penyebab Telinga Berdenging Ini Sering Disepelekan Oranganecdote.com

Penyakit meniere merupakan kondisi di mana seseorang mengalami pusing atau vertigo, dan kehilangan pendengaran. Hal ini terjad karena adanya tekanan pada struktur telinga bagian dalam.

Nah, itu dia beberapa hal yang menyebabkan telinga kamu berdenging.Oleh karena itu, waspadalah terhadap apapun yang terjadi pada tubuhmu. Sebab, itu bisa saja menjadi pertanda adanya penyakit berbahaya lainnya.

Baca Juga: 6 Penyebab Telinga Berdenging Menurut Para Ahli, Yuk Dicegah!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 01:30:04

Progress: 749.492 dari 813.350 TPS (92.14877%)

Just For You