Comscore Tracker

Sedang Sakit Perut? Kamu Perlu Menghindari 10 Jenis Makanan Ini! 

Biar gak makin kembung nantinya

"Alih-alih mengeluh tentang masalah di perut kamu, pikirkan apa yang masuk ke perutmu, yang menyebabkan masalah di perutmu sendiri." ― Ernest Agyemang Yeboah, penulis Distinctive Footprints of Life: Where Are You Heading Towards?.

Sering mengalami sakit perut? Beberapa orang memilih untuk membiarkannya dan menganggap rasa sakit akan pergi dengan sendirinya.

Namun, kamu perlu untuk menjaga asupan makanan yang kamu konsumsi. Sebab, beberapa jenis makanan bisa memicu sakit perut dan membuatnya semakin parah!

Makanan apa saja yang perlu dihindari saat sedang sakit perut? Temukan jawabannya di bawah ini! Geser layarmu ke bawah untuk membaca, ya!

1. Produk susu dan turunannya

Sedang Sakit Perut? Kamu Perlu Menghindari 10 Jenis Makanan Ini! indiafilings.com

Bagi sebagian individu, susu sulit untuk dicerna dan bisa menyebabkan sakit perut. Terutama, pada orang yang memiliki kasus intoleransi laktosa.

Gejalanya ialah kembung, penuh gas, diare, kram dan nyeri perut. Kamu perlu menghindari produk susu dan turunannya apabila sedang sakit perut!

2. Soda dan minuman berkarbonasi

Sedang Sakit Perut? Kamu Perlu Menghindari 10 Jenis Makanan Ini! aarp.org

Sedang sakit perut, tapi ingin minuman yang manis-manis? Apa pun itu, asal jangan soda! Soda bisa memicu iritasi perut dan kerongkongan serta kembung dan refluks asam, ungkap laman MSN. Minuman berkarbonasi bisa menyebabkan penumpukan gas berlebih di daerah perut sehingga membuat perut tidak nyaman dan nyeri.

3. Minuman dengan pemanis buatan

Sedang Sakit Perut? Kamu Perlu Menghindari 10 Jenis Makanan Ini! dnaindia.com

Minum jus jeruk yang dibeli di supermarket memang melegakan, apalagi waktu diminum di siang hari. Padahal, minuman manis pabrikan mengandung pemanis buatan yang cukup tinggi! Pemanis buatan mengancam kesehatan metabolisme, mengacaukan hormon, meningkatkan berat badan dan bisa membuat sakit perut semakin parah.

4. Kopi

Sedang Sakit Perut? Kamu Perlu Menghindari 10 Jenis Makanan Ini! worldatlas.com

Kopi berada dalam daftar minuman yang perlu dihindari saat sedang sakit perut. Ini karena sifatnya yang asam dan bisa mengiritasi lapisan perut kita.

Setelah meminum kopi, beberapa orang mengeluh mulas, kembung, refluks asam, mual dan sakit perut. Lebih baik hindari, daripada sakit perut semakin parah!

5. Buah-buahan citrus

Sedang Sakit Perut? Kamu Perlu Menghindari 10 Jenis Makanan Ini! wholefoodsmarket.com

Siapa yang tahan dengan segarnya buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, limau dan sejenisnya? Namun, jika kamu sedang sakit perut, kamu perlu menghindari buah-buahan citrus! Karena sifatnya yang terlalu asam, citrus bisa menyebabkan refluks asam, perut perih dan nyeri, terang laman MSN.

Baca Juga: Bikin Sakit Perut, Ini 7 Makanan Paling Pedas di Dunia

6. Kacang-kacangan

Sedang Sakit Perut? Kamu Perlu Menghindari 10 Jenis Makanan Ini! clevelandclinic.org

Bagaimana bisa kacang-kacangan membuat sakit perut semakin parah? Kacang adalah makanan yang tinggi serat dan bisa menghasilkan gas dalam jumlah besar.

Akibatnya, perut jadi kembung, nyeri, tidak nyaman dan membuat buang angin jadi berbau! Kamu perlu menghindari kacang untuk sementara sampai perutmu pulih, ya!

7. Makanan berlemak

Sedang Sakit Perut? Kamu Perlu Menghindari 10 Jenis Makanan Ini! medicalnewstoday.com

Makanan berlemak akan merangsang saluran pencernaan dan sindrom iritasi usus. Selain itu, makanan dengan lemak tinggi bisa memicu diare, sembelit, kembung dan sakit perut. Beberapa jenis makanan tinggi lemak adalah keripik kentang, berondong jagung (popcorn), keju, pizza, burger hingga bacon, ungkap laman Web MD.

8. Makanan pedas

Sedang Sakit Perut? Kamu Perlu Menghindari 10 Jenis Makanan Ini! momjunction.com

Tak lengkap apabila tak menyertakan makanan pedas dalam daftar ini. Sangat tidak disarankan makan makanan pedas dalam kondisi sakit perut. Sebab, ini hanya akan memperparah kondisimu! Makanan pedas bisa mengiritasi usus, menimbulkan rasa nyeri di lambung, memicu mual dan muntah. Jangan lupa hindari, ya!

9. Makanan yang mengandung bawang putih

Sedang Sakit Perut? Kamu Perlu Menghindari 10 Jenis Makanan Ini! food.ndtv.com

Tanpa bawang putih, masakan akan kehilangan kesedapannya. Meski membuat makanan semakin lezat, bawang putih perlu dihindari saat kamu sedang sakit perut. Bawang putih mengandung fructans, senyawa yang bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti sakit perut, kembung dan perut tidak nyaman, jelas laman MSN.

10. Minuman beralkohol

Sedang Sakit Perut? Kamu Perlu Menghindari 10 Jenis Makanan Ini! unlockfood.ca

The last one, minuman beralkohol perlu dihindari saat sedang sakit perut. Minuman beralkohol bisa mengiritasi sistem pencernaan, menyebabkan radang selaput perut (gastritis) dan membuat perut menghasilkan asam lebih banyak dari biasanya. Jika kamu minum berlebihan, alkohol bisa membuatmu muntah, dehidrasi dan diare.

Nah, itulah 10 makanan dan minuman yang perlu dihindari saat sedang sakit perut. Jauhi untuk sementara sampai perutmu sembuh, ya!

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sakit Perut, Gak Perlu Obat Deh!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You