Comscore Tracker

7 Dampak Negatif Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Jangan kira minyak zaitun gak punya kekurangan

Kita sudah tahu bahwa minyak zaitun sangatlah baik untuk kesehatan tubuh kita. Namun, seperti dua sisi mata koin, selain mempunyai dampak yang positif minyak zaitun juga mempunyai dampak negatif bagi tubuh kita. 

Berikut 7 dampak negatif dari minyak zaitun bagi tubuh kita.

1. Meningkatkan penyakit terkait lemak jenuh

7 Dampak Negatif Minyak Zaitun Bagi KesehatanUnsplash.com/Nazar Hrabovyi

Setiap satu sendok minyak zaitun mengandung sekitar 14% lemak jenuh dan 120 kalori. Mengonsumsi minyak zaitun yang tidak diolah secara baik akan meningkatkan risiko penyakit mematikan, seperti aterosklerosis, obesitas, serangan jantung, stroke, kanker payudara dan kanker usus besar.

2. Alergi akut

7 Dampak Negatif Minyak Zaitun Bagi KesehatanUnsplash.com/Jessica Lewis

Minyak zaitun dapat menyebabkan alergi parah, seperti dermatitis, alergi pernafasan dan penyakit lainnya. Oleh karena itu, sebelum mengkonsumsi minyak zaitun kamu harus terlebih dahulu mengetahui apakah kamu memiliki alergi minyak zaitun atau tidak.

3. Menurunkan gula darah secara berlebihan

7 Dampak Negatif Minyak Zaitun Bagi KesehatanUnsplash.com/Jonathan Ocampo

Minyak zaitun dapat menurunkan gula darah hingga di bawah level normal.  Selain itu mengkonsumsi minyak zaitun secara berlebihan dapat membuat kamu rentan terhadap beberapa komplikasi kesehatan seperti hipoglikemia dan penyakit lainnya.

4. Menyebabkan peradangan

7 Dampak Negatif Minyak Zaitun Bagi KesehatanUnsplash.com/Juan Gomez

Minyak zaitun mengandung asam oleat sebanyak 78% yang mana Ini memainkan peran penting dalam melepaskan lipopolisakarida atau LPS. Semakin banyak LPS yang terkandung di dalam darah maka semakin besar tingkat peradangan yang disebabkan oleh sel-sel kekebalan tubuh.

Baca Juga: 7 Kesalahan Memasak Minyak Zaitun Ini Bikin Nutrisinya Sia-sia

5. Meningkatkan resiko terkena penyakit yang terkait lemak trans

7 Dampak Negatif Minyak Zaitun Bagi KesehatanUnsplash.com/Nazar Hrabovyi

Seringkali minyak zaitun di suling atau dihidrogenasi di bawah panas dan tekanan yang tinggi. Proses ini akan mengubah struktur molekulnya dan membakar asam lemak omega 3 yang terkandung di dalam zaitun. Selain itu, hal ini juga dapat mempengaruhi kadar kolesterol dalam aliran darah dengan mengurangi kolesterol baik dan meningkatkan kolesterol jahat. Bila hal ini terjadi dalam waktu yang lama maka akan meningkatkan bahaya dari penyakit kardiovaskular. 

6. Tinggi kalori

7 Dampak Negatif Minyak Zaitun Bagi KesehatanUnsplash.com/Joanna Kosinska

Jika kamu merasa memasak makanan dengan minyak zaitun adalah pilihan yang sangat tepat coba pikirkan sekali lagi karena minyak zaitun sama dengan semua minyak dan lemak lainnya, yang mana merupakan sumber utama dari kalori. Di dalam setiap 16 ons minyak zaitun terkandung kalori yang kamu butuhkan selama 2 hari yaitu sebesar 4.000 per pon.

7. Menyebabkan penyumbatan empedu

7 Dampak Negatif Minyak Zaitun Bagi KesehatanUnsplash.com/Calum Lewis

Salah satu efek samping serius dari minyak zaitun lainnya adalah dapat menyebabkan batu empedu. Hal ini dikarenakan hati kita akan menghasilkan empedu yang terakumulasi di dalam kantong empedu tetapi ketika tubuh menyimpan lemak berlebih dan kita mengkonsumsi minyak zaitun secara berlebihan maka empedu yang disimpan ini akan mulai mengeluarkan dan mengemulsi lemak. Inilah yang menyebabkan terjadinya batu empedu.

Udah tahu kan dampak negatifnya? Mulai sekarang dalam mengonsumsi apapun kamu harus lebih jeli apa dampak positif dan apa dampak negatifnya bagi tubuh. 

Baca Juga: Menakjubkan, Ini 9 Manfaat Minyak Zaitun Selain untuk Kecantikan

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya