Comscore Tracker

Jangan Menyepelekan, Coba 5 Cara Ini untuk Mengatasi Sulit Tidur 

Mudah banget, lo!

Semua orang pasti pernah mengalami sulit tidur. Kesulitan tidur diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti pekerjaan, keluarga, kondisi medis, atau gangguan tidur. Kesulitan tidur mengakibatkan kurang tidur yang berkaitan dengan depresi dan penyakit kardiovaskular.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa akar penyebab di balik sulit tidur, sehingga masalah ini bisa segera diatasi. Di luar itu, kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi sulit tidur.

1. Membuat to-do list

Jangan Menyepelekan, Coba 5 Cara Ini untuk Mengatasi Sulit Tidur ilustrasi to-do list (pexels.com/Suzy Hazelwood)

Kekhawatiran terhadap tugas, pekerjaan, atau kegiatan penting membuatmu tetap terjaga. Kamu perlu mengambil buku catatan dan menuliskan daftar kegiatan atau tugas yang akan dilakukan untuk hari esok.

Sebuah studi dalam Journal of Experimental Psychology: General tahun 2018 menemukan bahwa to-do list (daftar tugas yang harus dikerjakan pada suatu rentang waktu) membantu orang tertidur lebih cepat dibandingkan dengan orang yang menulis tugas yang telah diselesaikan.

Semakin detail penulisan to-do list ini, maka semakin cepat kamu tertidur. Para peneliti berasumsi bahwa menulis to-do list di kertas atau jurnal dapat membantu menjernihkan pikiran. 

2. Membaca buku   

Jangan Menyepelekan, Coba 5 Cara Ini untuk Mengatasi Sulit Tidur ilustrasi membaca buku sebelum tidur (unsplash.com/Fabiola Peñalba)

Otak yang tidak berhenti berpikir tentunya membuatmu menjadi kesulitan tidur. Kita tidak bisa menyuruh otak untuk berhenti berpikir, tetapi kamu bisa mengalihkan fokusnya dengan membaca buku.

Usahakah untuk membaca buku fisik, bukan buku digital. Membaca buku di tempat tidur selama 20-30 menit bisa membantumu untuk tidur lebih cepat. Jika kamu masih terjaga, bangunlah dari tempat tidur dan bacalah buku di tempat lain sampai kamu siap untuk tidur.

Baca Juga: Mendadak Sulit Tidur Saat Pandemi? Mungkin Itu Coronasomnia!

3. Mendengarkan suara yang menenangkan

Jangan Menyepelekan, Coba 5 Cara Ini untuk Mengatasi Sulit Tidur ilustrasi tidur sambil mendengarkan suara alam atau white noise (sleephealthier.com)

Cormac O'Donovan, MD, associate professor neurologi di Wake Forest Baptist Medical Center, Amerika Serikat, mengatakan kepada Health bahwa terapi suara patut dicoba untuk mengatasi kesulitan tidur.

Beberapa orang yang tinggal di dekat pantai dan berpindah ke kota besar mengatakan bahwa mereka merindukan suara laut yang membuat mereka tertidur. Suara alam seperti suara air dan suara embusan angin membuat kamu merasa lebih rileks. Suara-suara tersebut menciptakan suasana yang kondusif untuk tidur.

4. Fokus pada latihan pernapasan 

Jangan Menyepelekan, Coba 5 Cara Ini untuk Mengatasi Sulit Tidur ilustrasi melatih pernapasan sebelum tidur (unsplash.com/Ben Blennerhassett)

Latihan pernapasan sederhana adalah cara untuk menenangkan pikiran dan kamu disarankan untuk melatihnya. Pernapasan yang dalam dan lambat dapat memperlambat detak jantung dan membantu meredakan kecemasan.

Ada beberapa teknik pernapasan yang bisa kamu lakukan agar bisa cepat tidur. Dilansir Healthline, salah satunya adalah teknik pernapasan 4-7-8. Bagaimana cara melakukannya?

  • Buka mulut secara perlahan
  • Buang napas seluruhnya dan buat suara menderu saat kamu melakukannya
  • Tutup mulut dan tekan dan tarik napas tanpa suara melalui hidung selama 4 detik
  • Tahan napas selama 7 detik
  • Embuskan lagi selama 8 detik, buat suara menderu saat melakukannya
  • Ulangi sebanyak empat kali saat pertama memulainya, dan lama-lama tingkatkan hingga delapan kali repetisi

5. Mengonsumsi camilan

Jangan Menyepelekan, Coba 5 Cara Ini untuk Mengatasi Sulit Tidur ilustrasi camilan (pexels.com/b_e_n_s_t_u_d_i_o)

Ada beberapa camilan yang bisa membantumu tertidur. Beberapa di antaranya adalah kacang-kacangan, seperti almon dan walnut. Dilansir Everyday Health, ini karena keduanya mengandung melatonin alami, protein, dan magnesium. 

Magnesium mungkin dapat membantu mengurangi insomnia pada orang dewasa yang lebih tua, menurut laporan dalam Journal of Research in Medical Sciences tahun 2012. Selain itu, studi dalam jurnal Magnesium Research tahun 2002 menunjukkan bahwa asupan magnesium yang cukup lewat pola makan mungkin dapat meningkatkan kualitas tidur, khususnya pada orang-orang dengan insomnia.

Pastikan kacang yang dikonsumsi tidak mengandung tambahan garam karena garam bisa mengganggu siklus tidur.

Kamu juga bisa makan ceri tart yang mengandung melatonin, hormon penting yang meregulasi tidur. Konsumsi ceri tart segar atau dalam bentuk jus meningkatkan tingkat melatonin dalam tubuh, yang dapat membantumu lebih mudah tidur.

Pada sebuah studi dalam European Journal of Nutrition tahun 2011, orang dewasa yang minum jus ceri tart terkonsentrasi dua kali sehari selama seminggu mengalami peningkatan total waktu tidur.

Kalau kamu beberapa waktu belakangan mengalami kesulitan tidur, cobalah salah satu atau beberapa cara di atas untuk mengatasinya. Akan tetapi, bila sudah mencobanya tapi masih juga sulit tidur, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter agar bisa diketahui penyebabnya dan mendapat penanganan yang tepat.

Baca Juga: Tidur Siang Malah Bikin Lemes? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Sita Vilosa Photo Verified Writer Sita Vilosa

Read a thousand books, and your words will flow like a river.” ― Lisa See

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya