Comscore Tracker

3 Jenis Sariawan yang Berbeda dan Cara Mengobatinya dengan Ampuh

Jangan dibiarkan saja lho!

Kena seriawan itu menyakitkan, apalagi kalau buat ngomong atau makan. Seriawan bisa kamu kenali dari luka kecil yang muncul di jaringan lunak mulut atau dasar gusi. Biasanya, seriawan menyerang usia remaja dan dewasa muda.

Sementara, dilansir dari hellosehat.com, penyebab dari seriawan adalah gangguan sistem imun bakteri dan virus. Terdapat 3 jenis seriawan yang biasanya menjangkiti. Ada apa saja? Berikut beberapa cara mengobati sariawan dan 3 jenisnya yang berbeda-beda. Simak yuk ulasannya!

1. Seriawan minor atau sariawan kecil

3 Jenis Sariawan yang Berbeda dan Cara Mengobatinya dengan Ampuhpiah.com

Seriawan minor adalah seriawan yang paling umum terjadi. Biasanya berbentuk oval dengan tepi merah dan berukuran kecil. Seriawan ini bisa sembuh dengan sendirinya, bahkan tanpa bekas luka setelah satu sampai dua minggu. 

2. Seriawan mayor atau sariawan besar

3 Jenis Sariawan yang Berbeda dan Cara Mengobatinya dengan Ampuh4jovem.site

Seriawan mayor berukuran lebih besar dari seriawan minor. Bentuknya bulat dengan tepian yang jelas. Sementara, jika berukuran sangat besar, memiliki tepian yang gak teratur. Jika memilikinya, kamu akan merasa sangat sakit daripada seriawan yang biasa.

Untuk sembuhnya sendiri, lebih lama dari seriawan minor, yaitu lebih dari enam minggu. Gak hanya itu, setelah sembuh pun kadang masih meninggalkan bekas luka. 

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Obat Ampuh Usir Sariawan Lho

3. Seriawan langka herpetiform

3 Jenis Sariawan yang Berbeda dan Cara Mengobatinya dengan Ampuhslideplayer.com

Meski sangat langka, seriawan ini bukan disebabkan oleh infeksi virus herpes. Jenis seriawan ini berukuran sangat tipis. Adapun, sering muncul berkerumun antara 10-100 luka. Namun, juga bisa menyatu menjadi satu ukuran besar.

Tepian seriawan jenis ini pun gak teratur. Jika mengalaminya, kamu akan sembuh hingga gak meninggalkan bekas lupa dalam satu hingga dua minggu. 

4. Seriawan dapat diobati sendiri di rumah

3 Jenis Sariawan yang Berbeda dan Cara Mengobatinya dengan Ampuhpaigewoods.com

Seriawan yang mengganggu ternyata bisa kamu obati sendiri di rumah loh. Kamu bisa berkumur-kumur dengan mencampurkan air hangat dengan air garam atau baking soda. Bisa juga dengan meletakkan es atau mengoleskan susu magnesia pada seriawan secara teratur.

Sikat gigilah pelan-pelan dengan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi bebas busa. Hindari makan makanan asam, pedas, dan keras agar gak memperparah iritasi.  

5. Hubungi dokter jika mengalami gejala parah

3 Jenis Sariawan yang Berbeda dan Cara Mengobatinya dengan Ampuhpixabay.com

Seriawan memang kadang sepele, namun jangan main-main jika kamu sudah mengalami gejala yang parah. Adapun, beberapa contohnya seperti seriawan dengan ukuran yang sangat besar; seriawan yang sering muncul kembali; luka yang gak hilang setelah dua minggu; luka menyebar hingga ke bibir; susah makan dan minum; rasa sakit yang teramat sangat; dan menyebabkan demam tinggi.

Seriwan memang menyebalkan. Kamu bisa mencegahnya dengan menjaga asupan makanan, seperti konsumsi buah dan gandum utuh. Jaga juga kesehatan gigi dan mulut. Jangan lupa gunakan benang gigi agar bersih secara menyeluruh!

Dan itulah beberapa jenis sariawan dan bagaimana cara mengobatinya dengan ampuh. Hal ini tentunya wajib untuk kamu ketahui, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Baca Juga: Gak Hanya Mencegah Sariawan, Ini 5 Manfaat Menakjubkan Vit C Bagi Wanita

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Just For You