Comscore Tracker

Apa yang Terjadi pada Tubuhmu Kalau Gak Sengaja Makan Belatung? Hih!

Kalau kamu sadar, muntahkan ya...

Larva lalat atau lebih dikenal dengan belatung bisa berada di mana saja, khususnya makanan yang gak diolah dengan baik atau sudah membusuk. Mereka juga sering bermunculan di tempat sampah, kotoran, daerah lembap atau bangkai hewan. Itu sebabnya, banyak orang yang khawatir kalau ada lalat yang menempel pada makanan.

Lantas, gimana kalau belatung terlanjur ada di makananmu dan gak sengaja tertelan? Dilansir dari Healthline, berikut penjelasannya.

1. Makan belatung itu sendiri mungkin aman, namun apa yang mereka makan atau paparannya yang berbahaya

Apa yang Terjadi pada Tubuhmu Kalau Gak Sengaja Makan Belatung? Hih!usbdata.co

Itu karena belatung kemungkinan sudah memakan makanan yang busuk, terinfeksi dan penuh dengan bakteri.

2. Kamu berisiko terkena myiasis, infeksi yang terjadi saat belatung menggerogoti jaringan hidup pada manusia

Apa yang Terjadi pada Tubuhmu Kalau Gak Sengaja Makan Belatung? Hih!nature.mdc.mo.gov

Belatung yang termakan bisa berkembang di bagian atau organ tubuh mana pun. Semakin banyak belatung dalam tubuh, semakin banyak juga kemungkinan organ dalam yang terinfeksi. Biasanya, myiasis terjadi di jaringan bawah kulit. Namun, bisa juga belatung hidup di usus, perut dan mulut yang kotor.

Infeksi pun bisa memburuk dan menyebabkan kerusakan organ dalam secara serius. Jika itu terjadi, kamu perlu mendapatkan penanganan medis.

3. Bisa juga terkena keracunan

Apa yang Terjadi pada Tubuhmu Kalau Gak Sengaja Makan Belatung? Hih!rd.com

Itu karena belatung biasanya ada pada makanan yang sudah membusuk atau kurang bersih. Itu jadi tanda bahwa makanan tersebut sudah gak layak lagi buat dimakan. Adapun bakteri pada makanan yang dibawa bersama beratung, seperti C. botulinum atau C. perfringens berpotensi menyebabkan mual, muntah, diare, demam, letih hingga sakit perut hebat sebagai tanda keracunan.

Baca Juga: Tas Daur Ulang Ternyata Rentan jadi Sarang Bakteri dan Bikin Keracunan

4. Munculnya reaksi alergi

Apa yang Terjadi pada Tubuhmu Kalau Gak Sengaja Makan Belatung? Hih!straitstimes.com

Menurut dr. William Sears, dokter anak sekaligus penulis buku The Portable Pediatrician, alergi bisa segera muncul setelah terkena kontak langsung dengan belatung, meski cuma sedikit. Adapun, reaksi alergi tersebut bisa menyebabkan ruam pada kulit, sesak napas, gatal di mulut, muntah, diare, pusing dan sakit perut.

5. Belatung aman untuk dimakan jika sudah diolah dengan baik

Apa yang Terjadi pada Tubuhmu Kalau Gak Sengaja Makan Belatung? Hih!medium.com

Mungkin kamu heran kalau ada orang yang makan belatung atau larva. Namun, sesungguhnya, larva bisa jadi sumber protein dan lemak baik jika sudah diolah. Adapun, belatung yang sudah matang atau dalam bentuk bubuk lebih aman daripada memakan larva yang gak diproses.

Pengolahan yang tepat akan menyingkirkan mikroba, parasit, spora dan bakteri. Bahkan cara ini mungkin lebih sedikit berdampak pada lingkungan, daripada mengonsumsi daging ternak untuk manusia. Meski begitu, memakan belatung lebih dirasa berisiko dan belum sebanding dengan manfaat potensialnya.

6. Jika gejala di atas muncul, segeralah pergi ke dokter

Apa yang Terjadi pada Tubuhmu Kalau Gak Sengaja Makan Belatung? Hih!thaivisa.com

Segera hubungi dokter jika kamu mengalami gejala yang gak biasa, terutama setelah kamu pikir kamu makan belatung. Ini sangat penting, apalagi kamu tinggal di daerah tropis atau pergi ke tempat dengan kondisi makanan yang gak aman.

7. Ada beragam cara untuk mencegah belatung termakan

Apa yang Terjadi pada Tubuhmu Kalau Gak Sengaja Makan Belatung? Hih!compactappliance.com

Belatung bisa saja berkembang di rumahmu. Untuk itu, lakukan beberapa pencegahan, seperti memastikan buah, sayuran dan daging yang kamu makan bersih; tutup kulkasmu, terutama jika kamu tinggal di iklim yang lebih hangat; jaga sampahmu tertutup dan rajinlah untuk membuangnya.

Mengingat banyaknya kerugian daripada potensinya, kamu perlu memerhatikan makananmu ya. Selain makanan di rumah, pastikan juga makanan yang kamu beli di luar, seperti di warung dan restoran. Untuk makanan kemasan, pastikan juga tanggal kedaluwarsanya. Jangan sampai ternyata sudah busuk dan banyak belatungnya ya.

Baca Juga: Jangan Pernah Makan Bagian “Bersih” di Roti Berjamur! Ini 10 Faktanya 

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You