Comscore Tracker

Tak Sepahit Rasanya, Intip 5 Manfaat Teh Tawar untuk Kesehatan Tubuh

Bantu atasi masalah insomnia juga, lho!

Minum teh memang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya sebagai minuman biasa, ternyata teh juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. 

Salah satunya mengonsumsi teh tawar yang kaya kandungan antioksidan. Apa saja kira-kira manfaat lain yang terkandung dalam teh tawar? Yuk, intip informasi lengkapnya berikut ini. 

1. Membakar lemak dalam tubuh

Tak Sepahit Rasanya, Intip 5 Manfaat Teh Tawar untuk Kesehatan Tubuhilustrasi lemak di perut (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Pada dasarnya, teh merupakan jenis minuman yang rendah kalori. Untuk itu, sangat dianjurkan menyeduh teh tanpa menambah gula berlebih. Mungkin sesekali bukan masalah, namun usahakan jangan terlalu sering.

Salah satu kandungan yang terdapat dalam teh adalah kafein dan polifenol. Kedua senyawa inilah yang bermanfaat untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Namun, untuk kebutuhan diet perlu diimbangi dengan menjaga pola makan dan rutin olahraga, ya! 

2. Menstabilkan kadar gula darah

Tak Sepahit Rasanya, Intip 5 Manfaat Teh Tawar untuk Kesehatan Tubuhilustrasi mengukur kadar gula darah (pexels.com/Artem Podrez)

Bagi penderita diabetes, menjaga kadar gula darah tentu sangatlah penting. Untuk itu, mengkonsumsi makanan atau minuman yang rendah kalori merupakan pilihan yang tepat, salah satunya adalah teh.

Cara terbaik menyajikan teh untuk bantu menjaga kadar gula darah adalah tanpa menambahkan pemanis. Hal ini bertujuan agar tubuh tetap terhidrasi. Sebab, dehidrasi dalam tubuh ternyata juga dikaitkan dengan tingginya gula darah pada penderita diabetes. 

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Shincha Jepang untuk Kesehatan, Bukan Teh Hijau Biasa

3. Mengatasi masalah insomnia

Tak Sepahit Rasanya, Intip 5 Manfaat Teh Tawar untuk Kesehatan Tubuhilustrasi gejala insomnia (pexels.com/cottonbro)

Gangguan kurang tidur memang kerap kali jadi permasalahan yang sering dialami oleh banyak orang. Jika terus berkelanjutan, masalah ini tentu akan sangat menganggu aktivitas sehari-hari hingga kesulitan untuk fokus.

Maka dari itu, coba beralih mengonsumsi teh tawar untuk jadi minuman alternatif sehari-hari. Kandungan theanine dalam teh diklaim mampu memberikan rasa rileks bagi tubuh sehingga dapat membantu kamu tidur lebih cepat. 

4. Mencegah resiko kanker 

Tak Sepahit Rasanya, Intip 5 Manfaat Teh Tawar untuk Kesehatan Tubuhilustrasi pasien yang menjalani perawatan (pexels.com/Ivan Samkov)

Dari beragam manfaat teh tawar, salah satunya yang tak kalah penting adalah untuk mencegah kanker. Kandungan dalam teh berupa antioksidan dan polifenol yang berperan untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Hanya saja manfaat ini mamang banyak ditemukan dalam teh hijau dan teh hitam. Walaupun begitu, jangan terlalu berlebihan mengonsumsi teh, sebab hanya akan berdampak negatif bagi tubuhmu. 

5. Memberikan rasa nyaman dan rileks

Tak Sepahit Rasanya, Intip 5 Manfaat Teh Tawar untuk Kesehatan Tubuhilustrasi minum teh (pexels.com/Arina Krasnikova)

Aktivitas sehari-hari memang tak jarang memicu stres dan rasa lelah. Salah satu solusi untuk melepas lelah akibat pekerjaan adalah menikmati secangkir teh hangat. Aroma dari teh yang menyegarkan disinyalir mampu menenangkan pikiran.

Kandungan dalam teh yang berperan untuk memberikan rasa tenang dan rileks adalah senyawa L-Theanine. Selain itu, ada juga asam amino yang ampuh untuk mengatasi stres.

Itulah beragam manfaat teh tawar bagi kesehatan tubuh. Cocok banget dinikmati untuk melepas rasa lelah dari kesibukan beraktivitas dan bikin tubuh lebih rileks. 

Baca Juga: 5 Jenis Teh yang Cocok untuk Redakan Kram Menstruasi, Gak Perlu Obat!

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya