Comscore Tracker

5 Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Kamu Hindari Ketika Flu

Jangan sampai tambah buruk ya

Cuaca yang masih belum stabil seperti ini, kadang panas, kadang hujan membuat tubuh mudah diserang flu. Pasti tidak enak rasanya ketika flu menyerang tubuhmu. Nafsu makan berkurang, badan terasa sakit dan kepala rasanya seperti ingin meledak saja. Mengonsumsi obat flu belum tentu mempercepat proses penyembuhan penyakit flu lho. Apalagi kalau kamu masih mengonsumsi makanan atau minuman jenis tertentu yang malah membuat flu kamu semakin parah. 5 jenis makanan ini harus kamu hindari ketika diserang flu, apa saja?

1. Minuman dan makanan dingin

5 Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Kamu Hindari Ketika Flupexels.com/@rawpixel

Mengonsumsi minuman panas dapat mengurangi gelaja flu karena uap dari minuman tersebut dapat membuka rongga hidung. Sedangkan mengonsumsi minuman dingin dapat memperburuk luka di tenggorokan. Hal yang paling penting kamu lakukan ketika kamu terserang flu adalah menjaga agar suhu tubuhmu tetap hangat.

2. Alkohol

5 Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Kamu Hindari Ketika Flupexels.com/@matan-segev

Mungkin kamu berpikir bahwa mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dapat mempercepat proses penyembuh karena alkohol dapat menghangatkan tubuh. Tapi pada kenyataannya, mengonsumsi alkohol malah akan memperburuk flu yang kamu derita karena alkohol dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh yang kamu miliki.

3. Produk susu

5 Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Kamu Hindari Ketika Flupexels.com/@pixabay

Produk dari susu yang low-fat mungkin tidak masalah kalau kamu konsumsi ketika flu, tapi produk susu yang high fat haruslah kamu hindari. Karena produk susu yang high fat akan menaikkan produksi lendir di dalam tubuh dan akan membuat flu kamu semakin buruk.

Baca Juga: Takut Kolesterol saat Lebaran, Coba 7 Makanan Sehat Ini

4. Makanan atau minuman tinggi gula

5 Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Kamu Hindari Ketika Flupexels.com/@rawpixel

Jus, donat, permen adalah makanan-makanan yang mengandung gula tinggi. Gula dapat meningkatkan sumbat pada hidung dan mengurangi kemampuan sel darah putih untuk melawan penyakit. Kalau ingin minum jus, sebaiknya tidak usah menambahkan gula, kamu bisa menggantinya dengan madu.

5. Fast food

5 Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Kamu Hindari Ketika Flupexels.com/@dana-tentis

Fast food mengandung pengawet dan sedikit sekali nutrisi. Hal ini akan memperburuk flu yang kamu derita. Bahkan ketika kamu sehat sekalipun, kamu harus mengurangi fast food. Jadi sebaiknya kamu menghindari fast food ketika flu menyerang ya.

Ketika kamu terserang flu sebaiknya kamu menghindari jenis makanan dan minuman di atas. Minum air yang cukup dan usahakan mengonsumsi makanan yang bisa menghangatkan tubuhmu. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh ya.

Baca Juga: 7 Makanan Sehat Ini Bisa Netralkan Kolesterol Usai Lebaran

Wesa Bhadrasana Photo Community Writer Wesa Bhadrasana

encourager

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You