Comscore Tracker

Nyeri Selangkangan Kiri, Ini Kemungkinan Penyebabnya pada Perempuan

Jangan didiamkan, segera tangani!

Area pangkal paha atau selangkangan membatasi perut dengan kaki. Di saat-saat tertentu, area ini dapat diserang nyeri baik pada laki-laki maupun perempuan.

Untuk perempuan, rasa sakit di area selangkangan bisa menjadi pertanda dari berbagai kondisi, dari terlalu memaksakan diri dalam beraktivitas fisik hingga masalah kesehatan atau penyakit tertentu. Apa saja kemungkinan penyebab nyeri selangkangan kiri pada perempuan?

1. Penyebab paling sering dari nyeri selangkangan kiri

Nyeri Selangkangan Kiri, Ini Kemungkinan Penyebabnya pada Perempuanilustrasi sakit pada selangkangan kiri (medicalnewstoday.com)

Nyeri pada selangkangan kiri biasanya disebabkan karena kamu terlalu memaksakan diri untuk melakukan aktivitas yang memaksa otot di daerah tersebut bekerja terlalu keras! Selain itu, cedera juga dapat mengakibatkan inflamasi, sehingga selangkangan kiri akan terasa sakit saat bergerak.

Dilansir Healthline, cedera pada selangkangan kiri amat umum jika kamu aktif bergerak atau seorang atlet. Biasanya, cedera tersebut hadir dalam bentuk jaringan penyambung kaki dengan selangkangan yang tegang, terkilir, kaku, atau robek. Jaringan-jaringan tersebut termasuk:

  • Otot adduktor di paha dalam
  • Ligamen
  • Tendon
Nyeri Selangkangan Kiri, Ini Kemungkinan Penyebabnya pada Perempuanilustrasi batu ginjal (health.harvard.edu)

Selain itu, penyebab umum lain dari nyeri selangkangan kiri meliputi:

  • Batu ginjal: saat kalsium atau mineral lain menumpuk dan mengeras di ginjal dan kandung kemih
  • Fraktur tulang di daerah selangkangan: terutama di sekitar tulang panggul atau di mana tulang paha (tulang kaki bagian atas) bertemu dengan panggul

2. Kelenjar getah bening bengkak dan hernia inguinalis

Nyeri Selangkangan Kiri, Ini Kemungkinan Penyebabnya pada Perempuanilustrasi sakit pada selangkangan (surgicaloasis.com)

Sesuai namanya, kelenjar getah bening berfungsi untuk mengedarkan getah bening ke seluruh tubuh. Getah bening ini menyimpan sel darah putih untuk mendukung sistem imun melawan infeksi. 

Di kedua sisi selangkangan, ada kelenjar getah bening yang disebut inguinalis. Seperti semua kelenjar getah bening, kelenjar tersebut bisa meradang dan membengkak sebagai bentuk reaksi terhadap infeksi, inflamasi, atau tumor.

Pembengkakan getah bening pada selangkangan kiri umum terjadi pada perempuan. Ini bisa menyebabkan sensasi nyeri dan tidak nyaman pada selangkangan kiri.

Nyeri Selangkangan Kiri, Ini Kemungkinan Penyebabnya pada Perempuanilustrasi hernia inguinalis pada perempuan (mydr.com.au)

Selain pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri pada selangkangan kiri dapat terjadi akibat hernia inguinalis. Umum terjadi pada laki-laki, gangguan ini terjadi saat jaringan di perut menyembul melalui titik lemah di otot selangkangan.

Jika dirasakan di selangkangan kiri, berarti jaringan tersebut menyembul di otot selangkangan kiri. Hernia inguinalis dapat menyebabkan sensasi nyeri dan tidak nyaman, serta terlihat seperti benjolan di bawah kulit.

3. Infeksi saluran kemih

Nyeri Selangkangan Kiri, Ini Kemungkinan Penyebabnya pada Perempuanilustrasi nyeri selangkangan kiri pada perempuan (healthline.com)

Infeksi saluran kemih (ISK) dapat menyebabkan selangkangan kiri terasa sakit. Gangguan ini terjadi saat bakteri, virus, atau organisme asing menginfeksi saluran kemihmu. Saluran kemih sendiri terdiri dari:

  • Ginjal: organ yang menyaring bahan kimia dan zat lain
  • Ureter: saluran yang mengangkut urine dari ginjal ke kandung kemih
  • Kantung kemih: yang menyimpan urine
  • Uretra: tempat urine keluar dari tubuh

ISK biasanya memengaruhi hanya saluran kemih bawah, uretra, dan kantung kemih. Nah, biasanya nyeri selangkangan kiri dapat terjadi akibat inflamasi pada salah satu atau kedua organ tersebut. Meski tidak umum, ISK yang memengaruhi saluran kemih atas, ureter, dan ginjal, dapat menyebabkan rasa nyeri yang lebih dahsyat!

Sayangnya, ISK lebih sering terjadi pada kaum perempuan karena uretra jauh lebih pendek, sehingga organisme asing dapat lebih mudah naik ke organ saluran kemih dan menginfeksi.

4. Kista ovarium

Nyeri Selangkangan Kiri, Ini Kemungkinan Penyebabnya pada Perempuanilustrasi ovarium (medicalnewstoday.com)

Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang terbentuk pada satu atau dua ovarium, organ reproduksi tempat perkembangan sel telur dan produksi hormon estrogen dan progesteron. Umum terjadi pada perempuan, kista ovarium sering kali tidak bergejala.

Akan tetapi, nyeri selangkangan kiri yang menjalar ke pinggul dan perut bawah adalah salah satu gejala umum kista pada ovarium kiri. Selain itu, gejala yang juga mungkin terjadi adalah:

  • Merasakan sensasi tertekan di area selangkangan kiri
  • Pembengkakan selangkangan kiri
  • Merasa kembung atau tampak kembung
  • Rasa sakit yang tajam dan tiba-tiba jika kista pecah

Jika kista pecah dan menimbulkan rasa sakit yang tajam secara mendadak, segera bergegas ke rumah sakit. Dalam beberapa kasus, pecahnya kista ovarium harus dioperasi.

Baca Juga: Penting, Ini 7 Penyebab Muncul Rasa Sakit di Pinggang Sebelah Kiri

5. Kehamilan

Nyeri Selangkangan Kiri, Ini Kemungkinan Penyebabnya pada Perempuannyeri selangkangan pada ibu hamil (veinvascular.com)

Nyeri selangkangan, baik di kiri, kanan, atau keduanya, adalah gejala umum yang dialami ibu hamil. Fenomena ini umumnya terjadi saat trimester kedua dan ketiga, saat rahim mulai berkembang dengan cepat. Ligamen mengembang dan berkontraksi agar menjaga rahim tetap stabil dan aman, oleh karena itu terasa nyeri.

Salah satu ligamen tersebut adalah ligamen dari perut bawah hingga selangkangan (round ligament). Saat rahim membesar seiring pertumbuhan janin, ligamen ini rentan mengalami cedera karena harus bekerja lebih keras, dibandingkan saat tidak hamil.

Hasilnya, rasa nyeri di satu atau kedua sisi selangkangan. Ligamen yang tegang atau robek dapat menyebabkan rasa sakit yang dahsyat dan menusuk. Jika ligamen robek, segera bergegas ke dokter.

6. Cedera saat bergerak

Nyeri Selangkangan Kiri, Ini Kemungkinan Penyebabnya pada Perempuanilustrasi sakit pada selangkangan perempuan (verywellhealth.com)

Saat berjalan, banyak otot, jaringan, dan ligamen yang ikut bergerak. Lebih banyak lagi organ di selangkangan yang diperlukan saat:

  • Gerakan berbalik saat berjalan
  • Berjalan mundur
  • Berjongkok
  • Membungkuk
  • Merangkak

Selain itu, saat kamu memutar tubuh bagian atas, gerakan ini melibatkan otot dan ligamen di selangkangan! Jika ada cedera di selangkangan kiri, muncul sensasi sakit atau tidak nyaman pada daerah selangkangan karena tetap digunakan untuk bergerak.

7. Pengobatan untuk nyeri selangkangan kiri

Nyeri Selangkangan Kiri, Ini Kemungkinan Penyebabnya pada Perempuanilustrasi kompres dingin (medicalnewstoday.com)

Kabar baik, ada metode rumahan yang dapat kamu coba untuk mengobati nyeri di selangkangan kiri. Apa saja? Pertama, kamu dapat melakukan metode RICE. Apa itu?

  • Rest: istirahatkan otot selangkangan
  • Ice: kompres dingin daerah selangkangan dengan es untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Lakukan ini selama sekitar 20 menit setiap kali, beberapa kali per hari
  • Compress: balut area selangkangan dengan perban medis untuk memberi tekanan dan membatasi aliran darah.
  • Elevate: naikkan area selangkangan agar darah tidak mengalir ke area tersebut

Jika RICE tidak efektif, kamu dapat meminum obat nyeri seperti asetaminofen atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen atau naproxen, untuk mengurangi rasa sakit dan inflamasi.

Nyeri Selangkangan Kiri, Ini Kemungkinan Penyebabnya pada Perempuanterapi pemulihan selangkangan dan pangkal paha kiri (physio.co.uk)

Selain itu, kamu mungkin memerlukan operasi untuk memperbaiki tulang di sekitar selangkangan kiri yang mengalami fraktur atau mengobati hernia inguinalis. Ini butuh penanganan medis dan bisa mengakibatkan komplikasi bila dibiarkan.

Terapi fisik juga dapat membantumu mengerti cara kerja otot, ligamen, atau jaringan yang terkena inflamasi kronis atau terpengaruh secara permanen oleh cedera selangkangan kiri dan kondisi yang mendasarinya.

8. Kapan harus ke dokter?

Nyeri Selangkangan Kiri, Ini Kemungkinan Penyebabnya pada Perempuanilustrasi operasi (unsplash.com/@darksidoo)

Jika keadaan selangkangan kirimu tidak kunjung membaik, segera temui dokter terutama bila:

  • Perawatan rumahan tidak membantu mengatasi gejala
  • Rasa sakit semakin menjadi-jadi seiring waktu
  • Rasa sakit terjadi tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas
  • Tidak bisa berjalan atau saat menggerakkan tubuh bagian bawah, rasa sakit yang hebat muncul
  • Perubahan siklus menstruasi atau telat datang bulan
  • Muncul cairan yang tidak biasa dari organ kewanitaan

Selain itu, kamu harus bergegas mencari bantuan medis darurat jika selain nyeri pada selangkangan kiri, kamu mengalami:

  • Kencing berdarah
  • Rasa sakit menyebar ke dada, perut, atau punggung bawah
  • Demam
  • mual atau muntah

Itulah beberapa kemungkinan penyebab nyeri selangkangan kiri pada perempuan. Bila mengalaminya, disertai gejala lain, atau sudah melakukan pengobatan rumahan tapi keluhan tak kunjung sembuh, segera periksa ke dokter, ya!

Baca Juga: Selangkangan Kanan Terasa Sakit? Ini 11 Penyebabnya, Girls!

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya