Comscore Tracker

6 Hal yang Bisa Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Tidur di Alam Terbuka

Menyegarkan tubuh dan pikiran

Kita semua pasti ingat saat kecil susah disuruh tidur, tapi sekarang kita sangat menyukainya karena tidak punya cukup waktu. Setelah masuk usia dewasa dan banyak mengalami stres, tidak semua dari kita cukup tidur.

Muncul kabar baik dari hasil riset Universitas Colorado yang menemukan fakta bahwa orang yang menghabiskan waktu tidur di alam terbuka selama beberapa jam pikirannya akan segar kembali.

Nah, berikut adalah enam alasan kenapa kamu harus mencoba tidur di alam terbuka serta manfaat yang bisa kamu peroleh.

1. Tubuh kembali segar terpapar cahaya di alam

6 Hal yang Bisa Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Tidur di Alam Terbukaunsplash.com/Patrick Hendry

Menurut hasil riset Universitas Colorado, memapar dirimu dengan cahaya di alam akan mengatur kembali jam biologis tubuh. Jika kamu ingin tubuh kembali segar, kamu bisa mencoba tidur di udara terbuka dan menjauhi sementara beragam gadget.

2. Meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh

6 Hal yang Bisa Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Tidur di Alam Terbukaunsplash.com/Toa Heftiba

Hasil riset juga menunjukkan bahwa cahaya artifisial dari ponsel atau komputer bisa menurunkan kadar melatonin dalam tubuh, yang berdampak pada kualitas tidurmu. Atas alasan itu kamu harus sering-sering tidur di udara terbuka.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

6 Hal yang Bisa Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Tidur di Alam Terbukaunsplash.com/Dominik Jirovský

Sebuah riset di Jepang menunjukkan bahwa menghabiskan waktu sekitar 2 jam berjalan-jalan di hutan punya banyak manfaat, seperti menurunkan tekanan darah, menurunkan konsentrasi kortisol, menurunkan kecepatan denyut jantung, dan meningkatkan kadar sel darah putih.

Orang Jepang mendeskripsikannya sebagai terapi hutan, artinya saat kita menghabiskan waktu di hutan, proses biokimia dari pepohonan akan berdampak pada tubuh manusia di sekitarnya.

Baca Juga: 5 Bukit di Gunungkidul Ini Langsung Menghadap Laut, Cocok Buat Camping

4. Meningkatkan fungsi otak dan tubuh

6 Hal yang Bisa Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Tidur di Alam Terbukaunsplash.com/Chang Duong

Otak dan tubuh kita mengonsumsi banyak oksigen untuk kerjanya. Tentu adalah keniscayaan bahwa kualitas oksigen yang baik akan sangat bermanfaat bagi otak dan tubuh kita.

Jadi, tidur di udara terbuka tidak hanya untuk rileks dan terbebas dari kerumitan hidup, tapi juga bagus untuk otak dan tubuh kita!

5. Mengurangi stres

6 Hal yang Bisa Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Tidur di Alam Terbukaunsplash.com/Julian Bialowas

Sebuah riset menunjukkan bahwa meski hanya melihat gambar pohon akan mengurangi stres, dan melihat pohon asli akan sangat menguntungkan kesehatan mental kita. Selain itu, suara alam juga bisa menenangkan dan punya kualitas untuk relaksasi.

6. Menghilangkan udara pengap dari ruang kerja

6 Hal yang Bisa Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Tidur di Alam Terbukaunsplash.com/KAL VISUALS

Menurut riset, jika kamu bekerja di kantor atau menghabiskan banyak waktu di tempat ber-AC dan tidak punya sirkulasi udara yang layak, maka karbondioksida dalam tubuh akan meningkat, menyelubungi otak, membuatmu kurang produktif, dan membuatmu bermasalah dengan pernapasan dan pusing.

Apakah kamu tahan dengan situasi kerja seperti itu? Ambil jeda waktu untuk menghilangkan semua pengap yang menempel di otak dengan jalan-jalan di alam terbuka!

Apakah kamu sudah menghabiskan waktu di alam terbuka? Bagikan pengalamanmu, sehingga kita bisa menginspirasi banyak orang untuk merasakan pengalaman mereka di alam.

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Tak Sadar Berisiko Merusak Kesehatan Gigi

Bayu Widhayasa Photo Community Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You