Comscore Tracker

Duh, 7 Makanan dan Minuman Ini Diam-diam Bikin Kulitmu Kering, lho!

Mulai dari mi instan sampai makanan cepat saji

Kulit kering gak boleh disepelekan begitu saja. Kulit kering akan semakin memperjelas garis halus dan kerutan serta membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Singkat kata, kulit kering yang dibiarkan begitu saja bakalan bikin kamu terlihat tua!

Kulit kering memang merupakan kondisi kulit bawaan beberapa orang. Masalah kesehatan dan kebiasaan buruk juga bisa jadi penyebabnya. Selain itu, kamu juga perlu tahu kalau apa yang kamu masukkan ke dalam mulutmu.. Kira-kira apa makanan dan minuman apa saja yang bikin kulit kering? Dilansir laman Byrdie dan Bustle, berikut daftarnya!

1. Makanan tinggi garam

Duh, 7 Makanan dan Minuman Ini Diam-diam Bikin Kulitmu Kering, lho!Freepik/topntp26

Keripik kentang yang senantiasa menemanimu saat suntuk atau mi instan yang selalu jadi pilihanmu saat gabut malam hari bisa jadi  penyebab kenapa kulitmu mengering. Hal itu diperparah jika kamu tidak mengimbanginya dengan kebiasaan minum air yang cukup. Terlalu banyak garam akan membuat cairan dalam tubuhmu terkuras. 

Mulai perhatikan asupan garam harian dan tabel nilai gizi dari produk makanan yang akan kamu konsumsi, ya! Makan sekali-kali memang boleh, tapi jangan sampai jadi makanan utamamu setiap hari.

2. Makanan yang diawetkan dengan garam

Duh, 7 Makanan dan Minuman Ini Diam-diam Bikin Kulitmu Kering, lho!freepik/freepik

Masih dengan makanan tinggi garam, daging dan ikan yang melalui proses pengawetan dengan pengasinan juga berpotensi membuat cairan dalam tubuh terkuras oleh garam. Makanan seperti ikan asin lebih baik kamu nikmati secukupnya dan tidak terlalu sering.

3. Makanan cepat saji

Duh, 7 Makanan dan Minuman Ini Diam-diam Bikin Kulitmu Kering, lho!freepik/freepik

Kamu harusnya sudah tahu dong makanan cepat saji memiliki kandungan yang gak boleh sering-sering dikonsumsi, mulai dari lemak trans, bahan pengawet, hingga garam. Belum lagi kalau kamu menikmatinya hanya ditemani dengan soda atau minuman tinggi gula. Gak cuma kesehatan tubuhmu yang menderita, kulitmu pun juga.

Sebagai organ tubuh paling besar, kulit jadi barometer kesehatanmu. Beberapa gejala utama penyakit akan tampak pada kulit. Apa yang sering kamu masukkan ke dalam perut akan memiliki efek pada tampilan kulit.

Baca Juga: Ketahui 7 Fakta Penting tentang Sunburn, Kulit yang Terbakar Matahari

4. Kopi

Duh, 7 Makanan dan Minuman Ini Diam-diam Bikin Kulitmu Kering, lho!Pixabay/cocoparisienne-127419

Sebagai minuman berkafeina tinggi, kopi bersifat diuretik. Artinya, kopi membantu mengeluarkan garam dan air berlebih dalam tubuh melalui urine. Kalau kamu tidak mengimbangi kebiasaan minum kopi dengan minum air yang cukup, kamu bisa mengalami dehidrasi.

Selain itu, kopi juga dapat mempersempit pembuluh darah sehingga hanya sedikit cairan yang mengalir ke balik kulit. Efek-efek ini akan semakin buruk kalau kamu minum kopi saat perut kosong. Hindari, ya!

5. Minuman beralkohol

Duh, 7 Makanan dan Minuman Ini Diam-diam Bikin Kulitmu Kering, lho!Pixabay/rawpixel

Sama halnya dengan kopi, minuman beralkohol juga bersifat diuretik. Kurangnya cairan dalam tubuh akan membuat kulit kehilangan kelembapan yang dibutuhkan. Akibatnya, garis halus dan keriput makin terlihat jelas.

6. Minuman tinggi gula

Duh, 7 Makanan dan Minuman Ini Diam-diam Bikin Kulitmu Kering, lho!freepik/rawpixel

Gak cuma garam, gula juga jadi masalah untuk kulit. Terlalu banyak gula akan memaksa ginjal bekerja lebih keras untuk menghilangkan asam dalam tubuh yang muncul akibat gula. Tubuh akan mengeluarkan cairan untuk menyeimbangkan. Kalau tidak kamu bantu dengan minum air dalam jumlah cukup, tubuhmu akan dehidrasi.

Selain itu, terlalu banyak gula dalam pembuluh darah akan mempengaruhi kolagen. Gak hanya kering, kulitmu akan kehilangan elastisitasnya juga. Kulitmu gak bisa tampil kenyal dan sehat.

7. Karbohidrat olahan

Duh, 7 Makanan dan Minuman Ini Diam-diam Bikin Kulitmu Kering, lho!freepik/freepik

Karbohidrat tinggi gula seperti nasi putih dan karbohidrat olahan seperti roti dan pasta bisa memengaruhi kulitmu layaknya gula. Tubuhmu akan mencerna karbohidrat dengan cara yang sama seperti saat mengolah gula. Artinya, makanan-makanan ini berpotensi menyebabkan keriput dan merusak kolagen pada kulit.

Menyeimbangkan karbohidrat dengan minum cukup air itu wajib. Itu karena kandungan serat yang terdapat pada makanan membutuhkan banyak air untuk mencegah konstipasi.

Mulai sekarang, perhatikan makanan dan minuman apa saja yang masuk ke dalam perut kita, yuk! Makan makanan enak memang boleh-boleh saja, tapi tidak boleh berlebihan dan harus diimbangi dengan gaya hidup sehat. Jangan sampai meninggalkan kebiasaan minum air putih dengan cukup, ya!

Baca Juga: Kulit Rusak Akibat Sinar UV? Rawat dengan 5 Cara Ampuh Ini

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya