Comscore Tracker

Ini 7 Cara Meningkatkan Hormon Dopamin agar Hidup Kamu Lebih Bahagia

Sederhana banget lho, coba lakukan deh!

Dopamin merupakan hormon yang diproduksi untuk memberikan rasa bahagia. Ketika dopamin dilepaskan dalam jumlah besar, maka akan muncul perasaan senang dan bahagia, serta motivasi agar kamu melakukan hal serupa agar dapat memproduksi dopamin lebih banyak.

Kadar dopamin sendiri biasanya diatur dengan baik dalam sistem sarah. Akan tetapi, nyatanya ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan hormon bahagia ini secara alami. Apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya.

1. Rutin berolahraga

Ini 7 Cara Meningkatkan Hormon Dopamin agar Hidup Kamu Lebih BahagiaInstagram.com/maudyayunda

Cara terbaik meningkatkan kadar hormon dopamin di dalam otak adalah dengan berolahraga. Hal ini karena olahraga sangat dianjurkan untuk meningkatkan kadar endorfin dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan mood. Dilansir healthline.com, beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga yang teratur beberapa kali dalam seminggu secara signifikan dapat berfungsi efektif dalam meningkatkan kontrol motorik dan dopamin.

2. Mendengarkan musik

Ini 7 Cara Meningkatkan Hormon Dopamin agar Hidup Kamu Lebih Bahagiapexels.com/Elena Buzmakova(borisova)

Sebuah penelitian yang dilansir brainmd.com, menyatakan bahwa mendengarkan musik membuat perasaan menyenangkan meningkat karena terdapat peningkatan kadar dopamin dalam otak. Untuk itu, tidak heran jika mendengarkan musik dengan genre yang menyenangkan akan meningkatkan rasa senang dalam tubuh kita juga. Sebaliknya, saat mendengarkan musik yang sedih, otak akan menghasilkan hormon kesedihan.

3. Mendapatkan sinar matahari yang cukup

Ini 7 Cara Meningkatkan Hormon Dopamin agar Hidup Kamu Lebih Bahagiareadnews.xyz

Dilansir healthline.com, diketahui bahwa paparan sinar matahari yang rendah dapat menyebabkan penurunan tingkat neurotransmitter yang meningkatkan suasana hati, termasuk dopamin. Namun menurut sebuah studi, paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi dopamin di dalam otak mereka.

Namun kamu perlu berhati-hati, sebab paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit. Jadi, jangan melakukannya secara berlebihan ya!

Baca Juga: Girls, 7 Tanda Ini Akan Muncul Jika Tubuhmu Kebanyakan Hormon Estrogen

4. Tidur yang cukup

Ini 7 Cara Meningkatkan Hormon Dopamin agar Hidup Kamu Lebih Bahagiawomenofegyptmag.com

Tidur teratur dan berkualitas tinggi sudah jelas dapat memberikan manfaat yang luar biasa baik bagi kesehatan. Salah satu hal tersebut adalah membantu menjaga tingkat dopamin seimbang, bahkan meningkatkannya menjadi lebih baik. Berdasarkan National Sleep Foundation, tidur yang baik bagi kesehatan berkisar 7-9 jam dan tanpa adanya gangguan seperti kebisingan dan tempat tidur yang harus bersih.

5. Meditasi

Ini 7 Cara Meningkatkan Hormon Dopamin agar Hidup Kamu Lebih Bahagiaanaheart.co.uk

Dilansir healthline.com, sebuah penelitian baru telah menemukan bahwa meditasi kemungkinan besar dapat meningkatkan kadar dopamin di dalam otak. Meski demikian, belum jelas apakah efek peningkatan dopamin ini hanya terjadi pada orang-orang yang sudah berpengalaman saja atau berlaku juga bagi orang yang baru mencoba bermeditasi. 

6. Konsumsi makanan berprotein

Ini 7 Cara Meningkatkan Hormon Dopamin agar Hidup Kamu Lebih Bahagianewsnetwork.mayoclinic.org

Protein terdiri dari blok-blok kecil yang biasa disebut asam amino. Salah satu asam amino yang disebut tirosin ternyata memainkan peran penting dalam memproduksi dopamin. Hal ini karena enzim dalam tubuh mampu mengubah tirosin menjadi dopamin, sehingga memiliki kadar tirosin yang cukup berperan penting dalam produksi dopamin.

7. Bersyukur

Ini 7 Cara Meningkatkan Hormon Dopamin agar Hidup Kamu Lebih Bahagiacbn.co.za

Dilansir goodtherapy.org, sebuah penelitian ilmiah menunjukkan jika rasa terima kasih memiliki pengaruh pada sistem penghargaan di otak. Hal ini tentu berhubungan erat dengan pelepasan dopamin dan serotonin dalam tubuh.

Jika kamu tertarik, cobalah menuliskan tiga hal yang kamu syukuri setiap malam selama seminggu. Rasa syukur secara langsung ini dikaitkan dengan peningkatan hormon bahagia di dalam otak.

Beberapa cara di atas hanya sebagian kecil langkah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan hormon dopamin dalam otak. Kamu juga bisa mencoba melakukan hal lain seperti bertemu dengan teman yang menyenangkan, dan menonton acara tv yang lucu sehingga muncul perasaan bahagia dalam diri. Selamat mencoba!

Baca Juga: Merasakan 7 Gejala Ini? Bisa Jadi, Pertanda Ketidakseimbangan Hormon!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya