Comscore Tracker

Anjing Dilaporkan Tertular Cacar Monyet dari Pemiliknya

Kasus pertama penularan pada anjing di Prancis

Setelah ditetapkan sebagai darurat kesehatan global oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), penyakit monkeypox atau cacar monyet dilaporkan sudah menjadi wabah di beberapa negara. Transmisi virus bisa terjadi melalui cairan tubuh, droplet pernapasan, dan objek yang terpapar penderita cacar monyet. 

Baru-baru ini, jurnal The Lancet melaporkan kasus infeksi cacar monyet pertama pada anjing yang ditularkan melalui manusia. Penelitian lebih lanjut masih terus dilakukan untuk memastikan apakah anjing peliharaan bisa menjadi vektor virus monkeypox.  

1. Tertular karena berbagi tempat tidur

Anjing Dilaporkan Tertular Cacar Monyet dari Pemiliknyailustrasi virus cacar monyet (unsplash.com/CDC)

Kasus anjing yang terinfeksi cacar monyet ini merupakan milik seorang pasangan di Prancis, laki-laki 44 dan 27 tahun, yang sudah terinfeksi virus penyebab cacar monyet. Anjing tersebut dilaporkan tertular dari majikannya setelah berbagi tempat tidur yang sama.

Diperkirakan, anjing tersebut menjilat salah satu atau keduanya yang menyebabkan transmisi virus terjadi. Kedua pria tersebut sudah menderita gejala ruam dan lesi cacar monyet sejak terkonfirmasi pada bulan Juni 2022.

2. Anjing mengalami lesi mukokutan

Anjing Dilaporkan Tertular Cacar Monyet dari Pemiliknyailustrasi anjing dan pemiliknya (pexels.com/Lisa Fotios)

Dua pria pemiliki anjing tersebut datang ke rumah sakit Pitié-Salpêtrière di Paris, Prancis, pada 10 Juni 2022. Selain mengalami ruam dan lesi cacar monyet, mereka juga mengalami sakit kepala dan demam setelah 4 hari terkonfirmasi infeksi virus.

Anjing Italian greyhound yang tertular mulai menunjukkan gejala infeksi setelah 12 hari. Tidak ada riwayat penyakit pada anjing sebelumnya. Gejala yang ditimbulkan pada anjing meliputi lesi mukokutan, termasuk benjolan kecil berisi nanah di perut dan ulserasi anal tipis. 

Anjing tersebut dites positif terkena virus monkeypox dengan menggunakan protokol PCR. 

Baca Juga: Virus Cacar Monyet Diduga Bisa Menular Melalui ASI

3. Virus monkeypox pada hewan

Anjing Dilaporkan Tertular Cacar Monyet dari Pemiliknyailustrasi tikus (unsplash.com/Joshua J. Cotten)

Di negara-negara endemik, hanya hewan liar (tikus dan primata) yang ditemukan bisa membawa virus cacar monyet. Akan tetapi, penularan virus pada anjing prairie telah dilaporkan di Amerika Serikat dan pada primata penangkaran di Eropa.

Dari analisis kasus ini, para peneliti mengonfirmasi penularan virus monkeypox dari manusia ke anjing bisa terjadi. Temuan ini memicu perdebatan tentang perlunya mengisolasi hewan peliharaan dari individu yang positif virus cacar monyet.

Para ahli menyarankan untuk mengurangi kontak dengan hewan peliharaan jika seseorang terkena cacar monyek. Penyelidikan lebih lanjut tentang transmisi sekunder melalui hewan peliharaan masih terus dilakukan.

Temuan terbaru tentang virus monkeypox menunjukkan adanya transmisi virus dari manusia ke hewan peliharaan. Orang dengan cacar monyet disarankan untuk meminimalkankontak dengan orang lain dan dengan hewan peliharaan.

Baca Juga: Gejala Monkeypox Lebih Sering Ditemukan di Lokasi yang Tak Biasa

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya