Comscore Tracker

5 Manfaat Kesehatan dari Merapikan Tempat Tidur Setelah Bangun

#IDNTimesHealth Tubuh jadi ikut bergerak di pagi hari, deh!

Merapikan tempat tidur sejatinya merupakan aktivitas yang harus dilakukan oleh hampir semua orang. Meski terdengar sebagai aktivitas remeh, namun ternyata banyak orang yang menunda hal ini dan justru malas dalam membersihkan tempat tidur sesaat setelah bangun.

Padahal, membersihkan tempat tidur dengan rutin setelah bangun ternyata dapat memberikan banyak manfaat seperti yang berikut ini.

1. Memberikan kualitas tidur baik untuk malam harinya

5 Manfaat Kesehatan dari Merapikan Tempat Tidur Setelah Bangunilustrasi orang tidur (Unsplash/Gregory Pappas)

Setiap orang pasti menginginkan kualitas tidur yang baik untuk dapat menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh. Ada banyak faktor yang dapat membantu dalam memberikan kualitas tidur yang maksimal, salah satunya adalah dengan memiliki tempat tidur yang nyaman.

Ketika kamu rajin membersihkan dan merapikan tempat tidur sebelum mulai beraktivitas, maka kamu pun dapat memperoleh kenyamanan saat tidur di malam harinya.

2. Antistres!

5 Manfaat Kesehatan dari Merapikan Tempat Tidur Setelah Bangunilustrasi orang depresi (Pexels/Andrew Neel)

Ternyata tidaklah sulit untuk memperoleh obat alami pencegah stres. Salah satu caranya adalah dengan rutin membersihkan atau merapikan tempat tidur sesaat setelah bangun. Tempat tidur yang rapi dan tertata akan sangat baik untuk mencegah stres berlebihan dan akan meningkatkan hormon bahagia di dalam tubuh. Kamu juga akan mampu untuk lebih bersyukur karena dapat bangun pagi dan memulai hari dengan hal-hal positif.

3. Mencegah mikroorganisme penyebab penyakit

5 Manfaat Kesehatan dari Merapikan Tempat Tidur Setelah Bangunilustrasi tempat tidur berantakan (Unsplash/CHUTTERSNAP)

Tempat tidur yang kotor dan berantakan akan meningkatkan risiko dari perkembang biakan mikroorganisme yang ada. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan rajin merapikan tempat tidur dengan rutin setiap paginya. Melalui cara tersebut, maka kamu pun akan terbebas dari debu, serangga, dan hal-hal bahaya lainnya.

Baca Juga: Mau Tidur Lebih Nyaman? Perhatikan 5 Hal Ini Saat Beli Peralatan Tidur

4. Aktivitas fisik sederhana di pagi hari

5 Manfaat Kesehatan dari Merapikan Tempat Tidur Setelah Bangunilustrasi merapihkan tempat tidur (wellandgood.com)

Tak perlu bingung dalam menentukan jenis aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan di pagi hari. Alasannya adalah karena aktivitas fisik ini dapat dilakukan secara sederhana melalui proses pembersihan tempat tidur dengan rutin. Dengan cara demikian, maka kamu pun sudah melakukan gerakan kecil sebagai pola olahraga rutin setiap harinya.

5. Kunci memulai produktivitas

5 Manfaat Kesehatan dari Merapikan Tempat Tidur Setelah Bangunilustrasi merapihkan tempat tidur (shona.ie)

Setiap hari biasanya orang-orang akan memiliki jadwal atau rutinitas tersendiri dalam memulai hari. Salah satunya adalah dengan merapikan tempat tidur. Ketika kamu sudah mampu melakukan hal ini dengan rutin, maka itulah kunci utama dari memulai produktivitas dengan baik di pagi hari. Cara tersebut akan membantumu dalam memulai hari dengan lebih maksimal.

 

Dibalik aktivitas yang dianggap remeh seperti membersihkan tempat tidur, ternyata tersimpan beragam manfaat baik yang bisa dipetik. Apakah kamu termasuk yang rajin membersihkan dan merapikan tempat tidur?

Baca Juga: Tidur Semalam Terganggu? Ini 6 Tips Supaya Bisa Kembali Tidur Nyenyak 

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya