Comscore Tracker

Apa Wanita Bisa Hamil saat Berenang di Kolam dengan Pria? Ini Faktanya

Pendidikan seks yang sangat penting, nih!

"Bisa gak sih wanita hamil tanpa melakukan vaginal seks?"

Pasti banyak di antara kamu yang pernah memikirkan pertanyaan ini. Banyak juga cerita "katanya-katanya" yang beredar soal perempuan hamil tanpa melakukan seks; misalnya karena berenang di kolam yang sama dengan pria.

Beberapa waktu yang lalu, sekitar 2 tahun lalu, kasus ini sempat gempar di media sosial. Ternyata kini menjadi bahan perbincangan netizen kembali, karena baru-baru ini kembali muncul pemahaman bahwa perempuan bisa hamil kalau berada di kolam renang yang campur dengan pria, dengan sumber referensi yang belum dipastikan. Mendadak, topik sperma menjadi trending di Twitter.

Pertanyaannya, apakah benar wanita bisa hamil dengan berada di kolam renang yang campur bersama pria? (Bisa sih, kalau melalui penetrasi vaginal di dalam kolam renang, tapi yang dipermasalahkan di sini adalah tanpa penetrasi alias spermanya keluar dulu di dalam air kolam renang)  Selain itu, benarkah wanita bisa hamil tanpa melakukan hubungan seks vaginal?

1. Ya, perempuan memang bisa hamil tanpa melalui seks penetrasi vagina, TAPI ada tapinya...

Apa Wanita Bisa Hamil saat Berenang di Kolam dengan Pria? Ini Faktanyatwitter.com/Jenis2Komentar_

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, harus diluruskan terlebih dahulu. Memang ada kemungkinan kecil bahwa wanita bisa hamil tanpa melakukan seks penetrasi ke vagina, tapi tak semudah itu, Ferguso. Tidak hanya sekadar berenang satu kolam dengan lelaki lantas bisa hamil.

Cara paling umum untuk hamil adalah ketika penis ejakulasi di dalam saluran vagina tanpa dibatasi pengaman atau penggunaan alat kontrasepsi. Ejakulasi mengeluarkan air mani yang mengandung sperma, sperma akan bergerak naik melalui leher rahim dan masuk ke uterus. Jika ada telur di saluran tuba falopi atau uterus maka sperma dapat membuahinya dan setelah telur yang dibuahi menempel pada uterus baru seseorang hamil.

Jadi bagaimana caranya bisa hamil tanpa ejakulasi di dalam vagina? Jika ingin jawaban yang jelas kita harus paham dulu soal sistem reproduksi manusia.

2. Pertama ayo pahami dulu soal sperma, sel reproduksi pria yang jumlahnya bisa mencapai 20 juta sel dalam 1 mililiter air mani

Apa Wanita Bisa Hamil saat Berenang di Kolam dengan Pria? Ini Faktanyachataboutit.org

Yup, jumlah sel sperma dalam 1 ml semen alias air mani bisa mencapai 20 juta bagi pria yang subur. Di bawah jumlah itu terhitung semen dengan jumlah sperma rendah. Namun meski begitu tetap berpotensi menyebabkan kehamilan jika masuk ke dalam vagina.

Cairan praejakulasi juga mengandung sperma namun dalam jumlah yang jauh lebih sedikit. Meski begitu, jarak antara praejakulasi dan ejakulasi sungguhan sangatlah kecil dan keduanya sering bercampur sehingga akhirnya cairan yang keluar tetap mengandung sperma dan berpotensi membuahi telur jika berhasil masuk ke vagina.

3. Gak mustahil bagi sperma untuk masuk ke dalam vagina jika berada dekat dengan vulva atau lubang vagina

Apa Wanita Bisa Hamil saat Berenang di Kolam dengan Pria? Ini Faktanyaspermart.com

Sperma dirancang oleh Sang Pencipta untuk mampu bergerak menaiki saluran vagina dan menemukan sel telur. Jadi wajar kalau sperma bisa bergerak dari sekitar vulva ke dalam vagina jika berada cukup dekat dnegan lubang vagina. Semakin banyak air mani yang berada di dekat vulva, semakin besar peluang adanya sperma yang masuk ke dalam vagina.

Ingat ya, sperma hanya bisa membuahi sel telur melalui saluran vagina, TIDAK dari pori-pori kulit, atau lubang lainnya bahkan diminum sekali pun. Kecuali lubang anus jika sperma yang keluar luber dan berada cukup dekat dengan lubang vagina.

4. Nah, ini yang kamu harus tahu: sperma memang bisa bertahan hidup selama beberapa menit, TAPI gak di sembarang lingkungan lho...

Apa Wanita Bisa Hamil saat Berenang di Kolam dengan Pria? Ini Faktanyapexels.com

Masa hidup sperma belum diketahui secara pasti, namun para ilmuwan tahu bahwa sperma bisa bertahan selama beberapa menit di udara bebas. Itu pun bergantung pada tempat sperma itu jatuh. Jika air mani berisi sperma jatuh di daerah-daerah alami seperti kulit selangkangan atau belahan pantat, maka kesempatannya untuk bertahan hidup sedikit lebih lama. Perlu diingat bahwa sperma tidak bisa mencari jalan sendiri ke vagina.

Namun jika terjatuh di lantai atau air dalam jumlah besar, sperma akan cepat mati, paling maksimal bertahan 10 sampai 30 detik. Terutama jika suhu air dingin, panas atau airnya mengandung bahan kimia seperti kaporit, selayaknya di kolam renang, maka sperma akan langsung mati sesaat setelah diejakulasikan.

Masa bertahan hidup sperma itu bisa lama jika sperma sudah masuk ke dalam saluran vagina, baru masa hidupnya bisa mencapai lima hari. Jadi gak semudah itu menyebar lewat air di kolam atau bahkan lewat udara. Terjawab sudah, kan? Kamu gak perlu khawatir lagi berenang di kolam renang umum.

5. Setelah kamu mengerti soal sperma dan faktanya terkait kolam renang, baru kamu perlu tahu cara-cara hamil tanpa melakukan seks penetrasi vagina ini

Apa Wanita Bisa Hamil saat Berenang di Kolam dengan Pria? Ini Faktanya.tumblr.com

Nah setelah paham soal sistem reproduksi dan sifat sperma waktunya kita ulik skenario seperti apa saja yang memungkinkan untuk hamil tanpa seks vagina. Oh iya, hal ini juga masih dengan catatan ya: kehamilan dapat terjadi pada wanita yang sedang dalam masa subur dan tidak menggunakan alat kontrasepsi apa pun.

Baca Juga: 5 Pose Yoga Pasangan untuk Mempererat Hubungan Cinta Kalian!

6. Seorang wanita bisa hamil jika ada yang ejakulasi di atas atau di dekat vulva-nya

Apa Wanita Bisa Hamil saat Berenang di Kolam dengan Pria? Ini Faktanyagiphy.com

Meski tidak melakukan penetrasi namun jika sang pria ejakulasi di atas atau di dekat vulva sang wanita, maka masih ada peluang terjadinya kehamilan. Jadi meskipun hanya melakukan gesek-gesek di luar vagina, tapi air mani tumpah di atas mulut vagina maka masih ada kemungkinan bagi sperma untuk teroles atau bahkan bergerak masuk ke dalam saluran vagina.

Sperma juga bisa menembus kain lho, namun kemungkinan untuk mengalami kehamilan relatif kecil jika ada pembatas pakaian di antara kedua belah pihak.

7. Ada peluang hamil jika ada sisa air mani segar di jari, atau benda apa pun yang digosokkan di bibir vagina atau dimasukkan ke dalam vagina

Apa Wanita Bisa Hamil saat Berenang di Kolam dengan Pria? Ini Faktanyagiphy.com

Air mani yang menempel di jari tangan atau benda lain dan masih tergolong segar (baru keluar) juga berpotensi menyebabkan kehamilan jika digesekkan atau dimasukkan ke dalam vagina.

Misalnya tanpa cuci tangan langsung menyentuh vagina atau menggunakan alat bantu seks yang terkena ejakulasi segar, semua ini berpotensi menyebabkan kehamilan meskipun tidak benar-benar melakukan hubungan seks penetrasi penis ke vagina.

8. Kehamilan bisa terjadi jika melakukan seks anal tanpa pengaman, karena air mani dari anus bisa mengalir ke vulva

Apa Wanita Bisa Hamil saat Berenang di Kolam dengan Pria? Ini Faktanyagiphy.com

Meskipun kehamilan hanya bisa terjadi jika sperma memasuki lubang vagina, namun jika melakukan seks anal tanpa pengaman seperti kondom tetap ada potensi kehamilan.

Logikanya, air mani yang terejakulasi dalam saluran anus dapat luber keluar dan mengalir ke dekat vulva atau lubang vagina karena lokasi anus dan vagina yang berdekatan. Inilah yang memungkinkan terjadinya kehamilan meskipun penis tidak masuk ke dalam vagina.

9. Intinya semakin dekat dengan vulva atau lubang vagina maka semakin tinggi peluang seseorang untuk hamil, meskipun tidak mengalami penetrasi vagina

Apa Wanita Bisa Hamil saat Berenang di Kolam dengan Pria? Ini Faktanyainstagram.com/plannedparenthood

Jika air mani tumpah di tumit atau telapak kakimu, kemungkinan untuk hamil hampir tidak ada. Soalnya posisinya jauh dari vulva, jadi gak ada yang namanya sperma menyerap lewat pori-pori kulit dan semacamnya. Namun jika sang wanita tidak menggunakan alat kontrasepsi, sebaiknya hindari ejakulasi di dekat daerah selangkangan dan jangan lupa cuci tangan setelah terkena air mani.

10. Meskipun disebut "bisa" dan "ada peluang" hamil tanpa penetrasi vagina, namun tetap saja peluang-peluang ini sangat kecil

Apa Wanita Bisa Hamil saat Berenang di Kolam dengan Pria? Ini Faktanyapexels.com

Jadi meskipun secara teori semua hal di atas bisa mengakibatkan hamil tanpa penetrasi vagina, namun secara statistik bukti ilmiahnya sangat sedikit sehingga bisa disebut berpeluang sangat kecil. Rata-rata kemungkinan di atas pun melibatkan semacam kegiatan seksual, seperti menggesek-gesekkan kemaluan atau memicu ejakulasi dengan tangan, bukan karena hal yang benar-benar random seperti berenang di kolam. Jadi kamu tak harus terlalu parno bahwa setiap saat bisa hamil tanpa mengalami penetrasi.

Sekarang sudah paham kan apa yang mitos dan apa yang fakta soal kehamilan tanpa hubungan seks? Jadi gak asal hamil saja guys, namun ada penjelasan ilmiah yang bisa menjelaskan mengapa fenomena tersebut bisa terjadi meskipun orang yang mengalami mengaku tidak pernah melakukan seks penetrasi vagina.

 

https://www.youtube.com/embed/L8uEjWMY2BI

Untuk keamananmu sendiri, praktikkan gaya hidup seks yang sehat ya. Lakukan dengan pasangan sah dan jangan gonta-ganti pasangan!

Jangan lupa untuk mengenakan kontrasepsi dan pengaman demi menghindari kehamilan tak diinginkan atau penyakit seksual menular. Oh, kecuali jika kamu memang sedang berusaha punya momongan.

Baca Juga: 7 Posisi Seks yang Dapat Membuat Wanita Mudah Orgasme, Puas Maksimal!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya