Comscore Tracker

11 Macam Penyebab Paling Umum Rasa Sakit Saat Kamu Berhubungan Seks

Penting banget, terutama untuk para wanita

Hubungan intim bersama pasangan sahmu seharusnya terasa menyenangkan, seksi dan penuh gairah; tetapi pernahkan kamu merasakan rasa sakit dan tidak nyaman saat bersenggama? Terutama bagi para wanita.

Kita sepatutnya lebih waspada terhadap segala sesuatu yang terjadi alat kewanitaan kita, karena rasa sakit yang dirasakan bisa menjadi tanda-tanda sesuatu yang lebih besar dan membahayakan. Dilansir dari Marie Claire, inilah penyebab-penyebab rasa sakit saat bersenggama menurut Yvonne K. Fulbright, Ph.D., dan Mary Jane Minkin, M.D., sebagai para seksolog ahli di bidangnya!

1. Tidak cukup lubrikasi

11 Macam Penyebab Paling Umum Rasa Sakit Saat Kamu Berhubungan Seksindia.com

Walaupun vagina wanita dapat memproduksi cairan pelumas dengan alami, tetapi mungkin kamu tidak cukup terangsang atau sebelumnya mengonsumsi terlalu banyak alkohol. Perpanjang aksi foreplay dengan pasanganmu atau gunakan cairan pelumas.

2. Reaksi alergi terhadap alat kontrasepsi atau pelumas

11 Macam Penyebab Paling Umum Rasa Sakit Saat Kamu Berhubungan Seksnichd.nih.gov

Setiap pengguna akan memiliki reaksi yang berbeda-beda pada setiap produk, terkadang sebagian besar pengguna tidak mengalami reaksi alergi terhadap produk tertentu tetapi mungkin kamu terasa gatal atau sakit saat menggunakannya. Coba ganti dan sesuaikan dengan apa yang sesuai dengan tubuh kamu. Pilihlah produk-produk ternama yang sudah terbukti kualitasnya untuk mengurangi risiko alergi.

3. Ingrown hair

11 Macam Penyebab Paling Umum Rasa Sakit Saat Kamu Berhubungan Seksepainassist.com

Ingrown hair adalah rambut yang tidak dapat tumbuh ke permukaan kulit karena sel-sel kulit mati menghalangi jalan tumbuh rambut. Saat ingrown hair terjadi biasanya akan terlihat benjolan seperti jerawat dan terasa sakit jika tergesek. Untuk mengurangi ingrown hair, hindari mencukur berlawanan arah dengan arah pertumbuhan rambut dan rajin-rajinlah untuk exfoliate kulit untuk menyingkirkan sel-sel mati.

4. Masalah kewanitaan

11 Macam Penyebab Paling Umum Rasa Sakit Saat Kamu Berhubungan Sekshiddencare.xyz

Walaupun jarang disinggung-singgung, wanita juga dapat terserang masalah pada area kewanitaan. Seperti vaginismus, dimana otot vagina berkontraksi dan mengejang saat berhubungan dan membuat penetrasi terasa sakit; atau vulvodynia, rasa nyeri pada vulva dikarenakan oleh hipersensitivitas terhadap sentuhan pada bagian vulva. Tetapi tenang saja, masalah-masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan dilator atau dengan menggunakan medikasi untuk mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: 4 Penyebab Rendahnya Energi Seksual Pria dan Cara Mengatasinya

5. Posisi seks yang tidak tepat

11 Macam Penyebab Paling Umum Rasa Sakit Saat Kamu Berhubungan Seksabc.net.au

Pasangan sangatlah dianjurkan untuk mencoba posisi-posisi baru agar percikan asmara di kamar tidur tidaklah hilang. Tetapi sayangnya tidak semua posisi-posisi dari kama sutra sesuai untuk semua pasangan, ditambah lagi dengan berbedanya bentuk alat genital setiap orang yang membuat hubungan seksual sedikit rumit. Cari posisi yang sesuai bagi kedua pihak dan walaupun kamu mencoba posisi baru yang sayangnya tidak sesuai, jangan berkecil hati dan belajar dari kesalahan.

6. Selepas bersalin

11 Macam Penyebab Paling Umum Rasa Sakit Saat Kamu Berhubungan Seksstylecraze.com

Terutama jika kamu bersalin secara normal, dokter menyarankan untuk menunggu sekitar 4 hingga 6 minggu sebelum bermulai untuk berhubungan intim kembali. Tetapi hal ini berbeda bagi setiap wanita, tergantung pada kondisi kesehatan dan kecepatan setiap wanita tersebut untuk pulih.

7. Mengidap STI/STD/masalah pelvic

11 Macam Penyebab Paling Umum Rasa Sakit Saat Kamu Berhubungan Seksmedicalnewstoday.com

Rasa sakit pada genital adalah tanda yang paling umum dan kentara ketika kamu mengidap STD/STI, segera pergi ke klinik dan lakukan pemeriksaan. Sebagian besar STD/STI dapat disembuhkan dan jika sayangnya kamu mengidap herpes (tidak dapat disembuhkan) bukan berarti kamu harus berhenti berhubungan intim.

Penularan STD/STI dapat dikurangi dengan menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom. Tetapi berusahalah untuk jujur dan terbuka dengan pasanganmu jika kamu mengidap STD/STI, sehingga mereka menyadari kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi jika berhubungan intim dengan kamu.

Yeast infection juga menjadi salah satu kemungkinan mengapa kamu merasa sakit di bagian kewanitaan. Jangan malu-malu untuk pergi ke dokter karena masalah yeast infection dialami oleh banyak wanita.

8. Karena memang virgin

11 Macam Penyebab Paling Umum Rasa Sakit Saat Kamu Berhubungan Sekspsychologytoday.com

Rasa sakit yang dirasakan setiap wanita saat berhubungan intim pertama kali akan berbeda-beda, tergantung dari bentuk selaput dara masing-masing. Pastikan kamu melakukan hubungan intim dengan pelan-pelan, regangkan vagina dengan jari, dan usahakan jangan terlalu tegang. Rasa sakit tersebut akan berlangsung beberapa kali dalam berhubungan intim hingga vaginamu terbiasa.

9. Genital pasangan terlalu besar

11 Macam Penyebab Paling Umum Rasa Sakit Saat Kamu Berhubungan Seksmarieclaire.com

Walaupun sepertinya setiap lelaki menginginkan untuk memiliki alat genital yang besar, tetapi sayangnya tidak semua genital wanita sesuai dengan ukuran mereka. Bagi mereka yang memiliki ukuran extra, maka mereka harus menyiapkan "kemampuan" pasangan wanitanya dengan extra juga. Melemaskan dan merenggangkan otot-otot vagina dengan foreplay akan membantu penetrasi.

10. Tidak melakukan hubungan intim dalam waktu lama

11 Macam Penyebab Paling Umum Rasa Sakit Saat Kamu Berhubungan Seksstylist.co.uk

Bukan berarti disarankan untuk berhubungan intim setiap hari, tetapi hanya mengimbau bahwa rasa sakit akan dialami setelah sudah lama tidak berhubungan intim. Ini hal yang sangat lumrah terjadi pada banyak pasangan.

11. Berhubungan intim dengan terburu-buru

11 Macam Penyebab Paling Umum Rasa Sakit Saat Kamu Berhubungan Sekshealth.com

Mungkin karena tidak ada waktu, atau tiba-tiba ada mood untuk bersenggama, atau mungkin kalian adalah pasangan yang suka dengan seks yang cepat; tetapi berhubungan intim dengan terburu-buru terkadang akan terasa sakit karena vagina belum tentu siap menerima penetrasi.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab rasa sakit yang timbul ketika kamu berhubungan seks. Kalau memang ada salah satu penyebab di atas pada kasusmu, tidak perlu khawatir dan segeralah mengambil tindakan yang sesuai.

Baca Juga: 8 Hal Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Kamu Berhubungan Seks

Nathasia Photo Verified Writer Nathasia

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya