Comscore Tracker

Waktu Terbaik Berhubungan Seks Berdasarkan Kronotipe Tidur

Kronotipe menentukan waktu tidur dan beraktivitas terbaik

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa waktu produktif dan istirahatmu tidak selalu sejalan dengan orang lain di sekitarmu? Misalnya, kamu bersemangat melakukan hal pertama pada pagi hari, sementara pasanganmu untuk bangun pagi saja tampaknya kesulitan.

Contoh lainnya, kamu makan tiga kali pada waktu teratur setiap hari, sementara pasanganmu cenderung ngemil sepanjang hari. Pasanganmu menjadi lebih bersemangat dan produktif pada malam hari, sementara kamu lebih suka menghabiskan malam hari dengan bersantai.

Perbedaan preferensi tersebut adalah hasil dari ekspresi ritme biologis tubuh yang kuat, yang mengatur berbagai aktivitas dan perilaku. Preferensi ini umumnya dikelompokkan ke dalam beberapa kategori, yang dikenal sebagai kronotipe.

Kronotipe memainkan peran penting dalam berbagai aktivitas, termasuk hubungan seksual. Dengan mengetahui kronotipe, kamu dapat memutuskan waktu terbaik untuk melakukan hubungan seksual.

Baca terus untuk mengetahui tentang kronotipe dan kapan waktu terbaik berhubungan seksual sesuai jenis kronotipe.

1. Apa itu kronotipe

Waktu Terbaik Berhubungan Seks Berdasarkan Kronotipe Tidurilustrasi jam (pexels.com/Acharaporn Kamornboonyarush)

Dijelaskan laman Mind Body Green, kronotipe tidur ditentukan oleh ritme sirkadian tubuh, yang memainkan peran besar dalam tingkat energi sepanjang hari. Dengan mengetahui kronotipemu, kamu dapat menjadwalkan hari-hari sesuai dengan tingkat energi. 

Tidak seperti ritme sirkadian tubuh, kronotipe tidur tidak berubah berdasarkan faktor eksternal, seperti jadwal dan paparan cahaya. Memahami kronotipe dan cara meningkatkan kebersihan adalah dua aspek penting untuk meningkatkan kualitas tidur.

2. Jenis-jenis kronotipe

Waktu Terbaik Berhubungan Seks Berdasarkan Kronotipe Tidurilustrasi orang tidur (pexels.com/AndreaPiacquadio)

Untuk mendapatkan tidur terbaik setiap malam, penting untuk memahami bagaimana kronotipe memengaruhi tidur. Namun, pertama-tama, kamu perlu memahami jenis-jenisnya untuk menentukan kamu masuk dalam kronotipe mana.

Berikut adalah beberapa jenis kronotipe dilansir laman Sleep Score Labs:

  • Kronotipe singa: Kronotipe ini terbiasa bangun pagi dan paling produktif selama jam-jam ini. Selanjutnya, mereka siap tidur sekitar jam 8 atau 9 malam.
  • Kronotipe beruang: Ini adalah kronotipe yang paling umum. Mereka bangun saat matahari terbit dan pergi tidur saat di luar gelap. Beruang dapat melakukan pekerjaan terjadwal dengan sangat baik, termasuk jam kantor dan sekolah.
  • Kronotipe serigala: Ini adalah kebalikan dari singa, yang cenderung begadang hingga larut malam dan bangun pada pagi atau sore hari. Orang dengan kronotipe serigala cenderung mengalami kesulitan mematuhi jadwal yang ketat. Bahkan, untuk sekadar bekerja di jam 9–5 pun terasa sulit.
  • Kronotipe lumba-lumba: Lumba-lumba dikenal sebagai kelompok yang tidak tidur mengikuti pola tertentu. Lumba-lumba sering kali tidur nyenyak dan merasa membutuhkan lebih banyak tidur. Namun, mereka juga sering kesulitan mematuhi jadwal tidur dan merasa segar setelah bangun tidur yang memulihkan. Mereka yang menderita insomnia sering masuk dalam kronotipe ini.

Baca Juga: 5 Penyebab Frustrasi Seksual yang Bisa Dialami Semua Orang, Penasaran?

3. Mengidentifikasi kronotipemu

Waktu Terbaik Berhubungan Seks Berdasarkan Kronotipe Tidurilustrasi seseorang sedang bekerja (pexels.com/Tim Samuel)

Kronotipe tidur bergantung pada susunan genetik. Lebih khusus, kronotipe tidur ditentukan oleh panjang gen PER3. Gen PER3 adalah gen yang bertugas mengkode protein homolog 3 protein periode sirkadian pada manusia.

Orang yang memiliki gen PER3 lebih panjang cenderung menjadi kronotipe singa, sementara individu dengan gen PER3 yang lebih pendek sering kali tergolong kronotipe serigala yang membutuhkan lebih sedikit tidur.

Memahami kronotipe dapat membantu mengetahui jadwal tidur ideal dan mendapatkan tidur malam yang nyenyak setiap malam. Jika kamu tidak yakin kamu termasuk dalam kronotipe tidur yang mana, kamu dapat melacak kebiasaan tidurmu.

Coba ingat-ingat, apakah kamu merasa lebih baik saat bangun pagi? Kapan kamu merasa paling produktif? Jika kamu bebas tidur dan bangun kapan saja, jam berapa yang akan kamu pilih? Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantumu mengetahui kronotipe kamu.

4. Adakah waktu terbaik untuk berhubungan seks

Waktu Terbaik Berhubungan Seks Berdasarkan Kronotipe Tidurilustrasi hubungan intim (freepik.com/rawpixels.com)

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Psychology tahun 2018 ingin mengetahui apakah orang-orang benar-benar dalam mood berhubungan seks di antara pukul 22.00 dan 01.00, yang dianggap sebagai waktu normal berhubungan seks. Namun, penelitian ini menemukan bahwa hanya 26 persen responden yang menjawab bahwa mereka benar-benar sedang dalam mood selama waktu tersebut.

Secara umum, waktu terbaik berhubungan seks adalah saat kadar testosteron dan kortisol dalam keadaan tertinggi. Kapan hormon-hormon ini berada dalam kadar tertinggi dan rendah berbeda-beda untuk setiap kronotipe.

5. Waktu terbaik berhubungan seks menurut kronotipe

Waktu Terbaik Berhubungan Seks Berdasarkan Kronotipe Tidurilustrasi seks (unsplash.com/We-Vibe Toys)

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa tidak pernah ada waktu yang salah untuk berhubungan seks. Selain itu, semua kronotipe mendapat manfaat dari seks pagi karena faktor hormonal. Namun, motivasi dan hasrat seksual mengalami pasang surut sesuai dengan waktu biologis. Memperhatikan kapan hasrat seksual dalam kondisi tinggi dapat memberikan beberapa manfaat bagi kehidupan seks.

Berikut panduan singkat seputar kapan waktu berhubungan seks terbaik sesuai kronotipe dilansir Kelly Murray Sleep Consulting:

Singa dan beruang

Untuk kronotipe ini, hubungan seks sebaiknya segera setelah bangun tidur. Pasalnya, setelah bangun tidur, kortisol mulai meningkat dan kamu sedang berada di tempat tidur. Dengan demikian, kamu akan merasa nyaman.

  • Singa: Waktu yang ideal adalah antara pukul 06.00–7.00.
  • Beruang: Waktu yang ideal adalah antara 7.00–8.00.

Serigala dan lumba-lumba

Untuk kronotipe ini, direkomendasikan hubungan seks dilakukan pada malam hari. Sebab, pada malam hari kronotipe ini merasa rileks. Hanya saja, perlu diingat untuk tidak melakukan hubungan intim terlalu dekat dengan waktu tidur karena dapat menyebabkan sulit tertidur setelahnya.

  • Lumba-lumba: Waktu yang ideal adalah antara 20.00–21.00.
  • Serigala: Waktu yang ideal adalah antara 22.30–23.30.

Tidak ada waktu yang salah untuk berhubungan seks. Jadi, jika hasrat seksual sedang naik, jangan lewatkan kesempatan itu. Namun, jika kamu ingin melakukan aktivitas sesuai jam tubuh, memperhatikan waktu-waktu khusus berdasarkan kronotipe tidur mungkin akan memberikan manfaat lebih.

Baca Juga: Mengenal Ruined Orgasm, Seks Tanpa Orgasme

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya