Comscore Tracker

Hasil Test Pack pada Laki-laki dan Transpuan Positif, Apakah Hamil?

Ada kondisi serius yang mendasari hasil ini

Test pack umumnya menjadi alat yang dipakai oleh perempuan untuk mendeteksi kehamilan. Namun beberapa kali, laki-laki di berbagai negara mencoba menggunakannya dan kaget ketika muncul dua garis. Secara teknis, ini artinya mereka positif hamil. 

Akan tetapi, dr. Arifandi Sanjaya atau yang dikenal pula sebagai Badass Doctor di Instagram dan TikTok mengatakan bahwa hasil test pack positif pada laki-laki harus diwaspadai. Sebab, hal ini kemungkinan menjadi tanda bahwa pemilik sampel urine menderita kanker testis. 

Bagaimana ini bisa terjadi, padahal keakuratan test pack mencapai 99 persen? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Kenali dulu cara kerja test pack kehamilan

Hasil Test Pack pada Laki-laki dan Transpuan Positif, Apakah Hamil?ilustrasi test pack kehamilan (freepik.com/4045)

Sebelum membahas masalah ini lebih lanjut, kita harus mengenal cara kerja test pack terlebih dahulu. Jika kamu belum tahu, alat tersebut menggunakan sampel berupa urine untuk mendeteksi adanya kehamilan atau tidak. 

Umumnya, perempuan harus mengumpulkan sampel urinenya pada pagi hari kemudian meneteskannya ke atas strip test pack. Cara lainnya, perempuan bisa buang air kecil langsung ke atas pendeteksi di alat tersebut. Setelah beberapa saat, akan muncul tanda di area baca. Satu garis berarti tidak hamil sementara dua garis berarti positif hamil. 

Lalu seperti apa cara test pack mendeteksi kehamilan dari urine? Ternyata, perempuan yang hamil memproduksi hormon beta-human chorionic gonadotropin (hCG) yang bisa masuk dalam urine. Hormon ini datang dari sel-sel yang ada di plasenta, tempat janin tumbuh. 

Dilansir Compound Chem, peran beta-hCG di tubuh perempuan adalah untuk mendukung fungsi rahim. Ia merangsang produksi hormon estrogen dan progesteron yang bisa menyiapkan dinding rahim, sehingga embrio bisa tumbuh di sana. 

Baca Juga: 6 Penyakit Ini Bisa Dicegah dan Diatasi dengan Puasa Ramadan

2. Hormon kehamilan juga ditemukan pada laki-laki yang mengidap kanker testis

Hasil Test Pack pada Laki-laki dan Transpuan Positif, Apakah Hamil?ilustrasi laki-laki buang air kecil (freepik.com/jcomp)

Ternyata, hormon beta-hCG tidak hanya dimiliki oleh perempuan, lo. Laki-laki juga bisa memproduksinya di tubuh mereka. Namun, adanya hormon tersebut kemungkinan menandakan bahwa seorang laki-laki mengalami kanker testis. Menurut penelitian, tidak ada laki-laki normal (sehat) yang memproduksi beta-hCG.

Menurut keterangan dari National Cancer Institute, beta-hCG sebenarnya merupakan salah satu dari tiga tumor marker dari kanker testis. Istilah ini merujuk pada zat yang berperan sebagai penanda adanya sel kanker atau tumor di tubuh seseorang. 

Akan tetapi, jangan salah paham dulu, beta-hCG memang mengindikasikan kemungkinan kanker testis tetapi tidak semua pasien memproduksi hormon tersebut. Studi yang dikutip oleh Medical Youth Research Club Universitas Hasanuddin Makassar mengatakan bahwa 36 persen pasien mengalami peningkatan beta-hCG. Kemudian, sebanyak 71 persen mengalami peningkatan intact hCG dan/atau beta-hCG, sementara sisanya tidak. 

Ini mengindikasikan bahwa test pack memang bisa mendeteksi keberadaan hormon beta-hCG yang menjadi tumor marker kanker testis. Namun, untuk hasil yang lebih akurat, pemeriksaan oleh dokter sangat dibutuhkan untuk memastikannya.

3. Laki-laki yang mendapatkan hasil "positif" dari test pack disarankan untuk periksa ke dokter

Hasil Test Pack pada Laki-laki dan Transpuan Positif, Apakah Hamil?ilustrasi laki-laki sakit (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jadi kesimpulannya, laki-laki bisa mendapatkan hasil test pack yang positif atau dua garis. Ini bukan karena false positive (hasil positif yang keliru), melainkan karena ditemukan adanya hormon beta-hCG di dalam urine. Tidak berarti pula laki-laki tersebut hamil, ya. 

Laki-laki yang mendapatkan hasil test pack seperti ini harus segera periksa ke dokter. Sebab, ada kemungkinan beta-hCG didapatkan dari sel kanker yang ada di testis. 

Baca Juga: Laki-laki Korban Pemerkosaan Tetap Bisa 'Tegang'? Ini Penjelasannya

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya