Comscore Tracker

7 Penyebab Orgasme Tanpa Disentuh, Gak Harus Intercourse!

Kecuali penyebab nomor 7, ini wajar, kok..

Kerap dikaitkan dengan puncak kenikmatan saat berhubungan seksual, nyatanya orgasme atau klimaks bisa terjadi tanpa harus bersetubuh. Bahkan, beberapa individu mengalaminya tanpa adanya sentuhan yang disengaja atau bukan disebabkan aktivitas yang menjurus ke rangsangan seksual. Lantas, apa penyebab orgasme tanpa disentuh?

Menurut American Psychological Association orgasme adalah puncak kenikmatan yang mana tubuh melepaskan ketegangan. Otot-otot perineum, sfingter anal, dan organ reproduksi berkontraksi secara berirama saat klimaks terjadi.

Orgasme ditandai dengan ejakulasi pada pria dan kontraksi dinding vagina pada perempuan. Perempuan juga mungkin mengalami ejakulasi di saat bersamaan. 

Terapis Markie LC Twist, Ph.D, melalui Bustle, menjelaskan kondisi pasien terapinya yang mengalami orgasme tanpa disentuh. Beberapa orang mendapatkan klimaksnya hanya dengan diajak berbicara, memikirkan tentang seks, dan sebagainya. Meski bisa terjadi pada semua gender, kondisi ini lebih sering dijumpai pada perempuan. 

Penyebab orgasme tanpa disentuh

Menurut seksolog Jessica O'Reilly, PhD yang dilansir melalui Well and Health, orgasme yang tidak disengaja termasuk tanpa sentuhan cenderung terjadi pada individu yang mudah terangsang. Selain itu, kondisi ini juga dapat terjadi jika kamu sedang berada dalam kondisi yang dapat menimbulkan gairah. 

Beberapa hal berikut berpotensi menyebabkan orgasme yang tidak diawali dengan sentuhan. Apa saja, ya?

1. Stimulasi zona sensitif non-genital

7 Penyebab Orgasme Tanpa Disentuh, Gak Harus Intercourse!ilustrasi berbisik (pexels.com/polina tankilevitch)

Beberapa orang memiliki titik-titik pada daerah tubuh tertentu yang dapat membangkitkan gairah meski tidak disentuh. Di antaranya seperti belakang daun telinga, bagian tengah tubuh, juga selainnya. Rangsangan pada salah satu zona erotis, baik disengaja maupun tidak, dapat menimbulkan sensasi seksual yang mendorong terjadinya orgasme. 

Misalnya, saat mendapat tiupan di bagian telinga atau tidak sengaja terjadi kontak fisik di perut. Pasien dari Jessica mengalami mengalami sensasi di klitoris mereka melalui pusar. Ini kemungkinan terjadi disebabkan oleh jalur saraf yang menghubungkannya ke tulang belakang melalui daerah panggul. 

2. Olahraga tertentu

7 Penyebab Orgasme Tanpa Disentuh, Gak Harus Intercourse!ilustrasi olah raga (unsplash.com/connor bowden)

Selain dari rangsangan langsung baik dari diri sendiri maupun orang lain, klimaks juga dapat terjadi akibat fleksi atau pergerakan otot di daerah sekitar area sensitif. Ini sangat mungkin menyebabkan terjadinya corgasme, yakni orgasme yang disebabkan oleh olahraga.

Sesuai namanya yang merupakan paduan core dan orgasme, pemicu utama corgasme yakni aktivitas yang melibatkan bagian inti tubuh. Di antaranya yakni crunch, pull-up, dan chin-up, serta pekerjaan yang tidak terlalu ab-centric termasuk leg press, leg raise , dan bahkan dalam beberapa kasus, berlari atau berenang.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Coregasm, Orgasme yang Disebabkan Olahraga!

3. Mengendarai sepeda atau sepeda motor

7 Penyebab Orgasme Tanpa Disentuh, Gak Harus Intercourse!ilustrasi bersepeda (pexels.com/craig adderley)

Sesi bersepeda, baik sepeda statis untuk fitness maupun sepeda luar ruangan, dapat menjadi penyebab orgasme tanpa disentuh. Adanya tekanan dan remasan pada bagian vital saat berolahraga menghasilkan sensasi yang menyenangkan. Ini juga menimbulkan rangsangan pada bagian eksternal dan klitoris internal sehingga menyebabkan klimaks. 

Serupa dengan sepeda, orgasme secara tidak langsung dapat hadir saat berkendara maupun dibonceng sepeda motor. Gesekan dan getaran akibat mesin kendaraan yang menyalur melalui busa tempat duduk menimbulkan puncak kenikmatan tanpa harus menyentuh.

4. Mengenakan celana ketat

7 Penyebab Orgasme Tanpa Disentuh, Gak Harus Intercourse!ilustrasi celana ketat (pexels.com/shamia casiano)

Mengenakan celana ketat saja mungkin tidak cukup menjadi alasan kuat penyebab orgasme tanpa disentuh. Namun, jika kamu mengenakan celana ketat dan bergerak yang menyebabkan gesekan pada organ intim, maka kemungkinan besar klimaks secara tidak sengaja bisa terjadi. 

Terlebih jika kamu menggunakan celana ketat dan beraktivitas menyebabkan gesekan dan getaran. Orgasme saat melakukan yoga atau pilates juga dilaporkan terjadi. Kombinasi antara celana ketat dan latihan dasar panggul memicu timbulnya efek kepuasan ini. 

5. Sugesti dan pikiran

7 Penyebab Orgasme Tanpa Disentuh, Gak Harus Intercourse!ilustrasi imajinasi (pexels.com/joshua abner)

Kamu tentu tidak begitu percaya bahwa berpikir saja dapat menyebabkan orgasme. Nyatanya, itu bisa saja terjadi. Barbara Carrellas, seorang penulis yang juga seksolog bersertifikat, menjelaskan adanya teknik berpikir yang bisa menjadi penyebab orgasme tanpa disentuh. Peneliti dari Universitas Rutgers telah melakukan eksperimen MRI guna membuktikan adanya koneksi pikiran-tubuh-seks yang hasilnya sejalan dengan klaim Carrellas.

Guna mencapai titik kepuasan, perlu adanya kombinasi unsur kerja napas, konsentrasi, dan fantasi. Dilansir cbsnews.com, Dr. Ian Kerner seorang penulis dan terapis seks menyatakan adanya hubungan antara pikiran dan seks ini lebih sering terjadi pada perempuan.

6. Mimpi basah

7 Penyebab Orgasme Tanpa Disentuh, Gak Harus Intercourse!ilustrasi mimpi basah (pexels.com/cottonbro)

Penyebab orgasme tanpa disentuh yang paling sering terjadi yakni mimpi basah. Dinamakan demikian karena kamu mungkin mendapati pakaian atau kasur basah saat bangun tidur. Klimaks akibat mimpi basah bukan karena masturbasi sebelum tidur, tetapi karena mimpi yang mungkin erotis atau tidak.

Sering diidentikkan dengan pria, nyatanya mimpi basah juga terjadi pada perempuan. Dilansir dari WebMD, mimpi basah mengakibatkan meningkatnya sekresi vagina hingga terjadinya orgasme.  

7. Persistent Genital Arousal Syndrome (PGAS)

7 Penyebab Orgasme Tanpa Disentuh, Gak Harus Intercourse!ilustrasi gangguan kesehatan (pexels.com/mart production)

Tidak seperti alasan sebelumnya, penyebab orgasme tanpa disentuh karena Persistent Genital Arousal Syndrome (PGAS) berkaitan dengan kesehatan. Kondisi ini mungkin ditandai dengan adanya gejala adanya gairah ringan hingga sensasi puncak kepuasan yang ekstrem, konstan, dan tanpa alasan. PGAS bisa sangat mengganggu sebab gairah dapat sering terjadi meski sudah terjadi ejakulasi.

Belum ada penelitian spesifik yang mengetahui penyebab PGAS pada seseorang. Jika kamu mendapati gejala yang merujuk kondisi ini, temui ginekolog untuk mendapatkan perawatan terbaik. Pengobatan mungkin termasuk anestesi topikal dan obat antidepresan yang berkaitan dengan psikoterapi. 

Meski mayoritas studi merujuk perempuan lebih sering mendapatkan puncak kepuasan tanpa disengaja, tidak menutup kemungkinan laki-laki juga mengalaminya. Penyebab orgasme tanpa disentuh ini tidak berarti kelainan. Kecuali individu memiliki gejala serupa PGAS, maka sebaiknya segera menghubungi medis untuk mendapatkan bantuan. 

Baca Juga: 7 Hal Non-Seksual yang Bisa Membuat Kita Mengalami Orgasme Spontan

Topic:

  • Laili Zain
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya